Indeks Jalur Kereta Api
Terdakwa Rasuah DJKA Akui Atur Lelang Demi Danai Kampanye Jokowi
Terdakwa dugaan korupsi proyek jalur kereta api pada DJKA mengakui ada pengondisian proyek menutupi kebutuhan dana pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019.
Eks Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Jadi Tersangka Korupsi Lagi
Penetapan tersangka bagi Prasetyo itu menjadi yang kedua kalinya usai kasus dugaan korupsi proyek Besitang-Langsa.
Koruptor Jalur KA Besitang-Langsa Dituntut 6 hingga 8 Tahun Bui
Para terdakwa memecah paket pekerjaan menjadi 11 paket pekerjaan konstruksi pembangunan jalur kereta api Besitang-Langsa dengan nilai di bawah Rp100 miliar.
KAI Sebut Jalur Haurpugur-Cicalengka Sudah Bisa Dilewati Kereta
Bangkai gerbong sisa kecelakaan antara KA Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya, sudah rampung dievakuasi.
12 Perjalanan KA Terdampak Longsor di Karanggandul Banyumas
KA dari Jakarta ke Yogyakarta atau sebaliknya dialihkan melalui Bandung, sedangkan KA dari Jakarta ke Solo atau sebaliknya dialihkan lewat Semarang.
Berkereta dari Batavia ke Buitenzorg di Masa Kolonial
Karena kesulitan pendanaan, jalur kereta api Batavia-Buitenzorg mesti dibangun bertahap. Merugi di awal lalu untung terus hingga dibeli Pemerintah Kolonial.
Kala Jepang Membangun Jalur Maut Thailand-Burma
Pembuatan jalur kereta api maut yang menghubungkan Thailand dengan Burma di era pendudukan Jepang melibatkan sejumlah pekerja Indonesia.
Derita Para Romusa di Balik Jalur Kereta Api Saketi-Bayah
Jalur kereta api Saketi-Bayah di Banten selatan dibangun pada masa pendudukan Jepang untuk mendukung pertambangan batu bara.
Kemenhub: Jalur Kereta Ganda Percepat Mobilitas Masyarakat
Pembangunan double track atau jalur kereta ganda oleh Kementerian Perhubungan, dinilai akan membuat laju kereta api semakin cepat.
Menanti Jalur Kereta Api di Luar Jawa
Mayoritas jalur kereta api di Indonesia adalah peninggalan masa kolonial. Kiwari, pemerintah mulai menargetkan pembangunan jalur kereta api di luar Jawa.
Jalur Kereta Api Mati Cirebon-Kadipaten
Beginilah kisah tentang sebuah jalur kereta api yang sempat hidup di masa lalu dan sekarang telah mati: Cirebon-Kadipaten.
Perjalanan KA Tawangalun Terganggu akibat Banjir di Banyuwangi
Kereta Api (KA) Tawangalun relasi Malang Kota Lama–Ketapang Banyuwangi tertahan di Stasiun Kalisat selama lima jam.
Hidup Mati Jalur Kereta Api di Priangan Timur
Untuk mengoptimalkan potensi ekonomi Priangan timur dan tenggara, Belanda sempat membangun jalur kereta api Tasikmalaya-Singaparna.
Ekspektasi Tak Sampai di Jalur Kereta Api Banjar-Cijulang
Rencana jalur kereta api Banjar-Cijulang diusulkan berbasis potensi ekonomi Pesisir Selatan Priangan. Hasilnya jauh dari target.
Dari Garut Menuju Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia
Dibuka mulai Agustus 1930, jalur kereta api Garut-Cikajang akhirnya berhenti beroperasi pada November 1982 karena sepi penumpang.
KAI Mohon Maaf Soal Jalur Ambles di Cilacap
Hujan deras yang terus turun pada Jumat, 7 Oktober 2022 menyebabkan adanya amblesan di lima titik sejak Sabtu, 8 Oktober 2022 dini hari.
Sudah Jangan ke Jatinangor, Jalur Kereta Apinya Dipreteli Jepang
Upaya Belanda menghubungkan Priangan dengan Cirebon lewat jalur kereta api kandas pada 1921. Rel dan bantalannya kemudian dipreteli Jepang.
Jalur Kereta Api Bandung-Ciwidey, Menderu ke Bandung Selatan
Bandung-Ciwidey sempat terhubung oleh jalur kereta api selama lebih dari setengah abad. Namun jalur ini akhirnya ditutup pada tahun 1980-an.
Telan Dana Rp853 T, Jaringan Kereta Api 10.524 Km Rampung 2030
Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan jaringan kereta api di Tanah Air sepanjang 10.524 km selesai 2030.
39 Tahun Tak Aktif, Jalur KA Garut-Cibatu Kini Bisa Dilalui Kembali
PT KAI mulai melakukan proses reaktivasi jalur Cibatu-Garut sejak 2018 dan kini sudah bisa dilalui kembali usai terakhir digunakan pada 1983.