Puan Minta Antar Lembaga Tak Lempar Tanggung Jawab Tangani Banjir

Oleh: Haris Prabowo - 2 Januari 2020
Puan meminta tim evakuasi untuk menyisir seluruh wilayah terdampak untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak.
tirto.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menerima laporan bahwa masih banyak korban yang belum dievakuasi dari rumah-rumah warga yang terkepung banjir, terutama di wilayah terdampak banjir di pinggiran Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

Puan meminta tim evakuasi untuk menyisir seluruh wilayah terdampak untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak. Puan mengatakan perlu koordinasi dan komunikasi intensif antar semua lembaga negara, dan tidak saling lempar tanggung jawab.

"Kami meminta agar bencana banjir yang melanda Jabodetabek untuk segera diatasi melalui koordinasi dan komunikasi antar instansi terkait. Tidak malah saling melempar tanggungjawab dan tetap mengedepankan kepentingan masyarakat," kata Puan lewat keterangan tertulis yang diterima wartawan Tirto, Kamis (2/1/2020) pagi.

Pada saat tangap darurat, Puan mendesak agar pemerintah mengerahkan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk membantu masyarakat terdampak dan segera melakukan upaya pemulihan.

"Diperlukan membangun sinergi yang lebih baik antar kementerian/lembaga yang memiliki tugas dan fungsi dalam penanganan bencana yaitu Kemensos, Kemendagri, Kementerian PUPR, Kemenkes dan BNPB serta Pemerintah Daerah," katanya.

Puan mengatakan, untuk memaksimalkan kerja tim evakuasi, Basarnas dan BNPB harus sesegera mungkin melibatkan seluruh potensi yang ada baik itu aparat TNI, Polri, serta para relawan.

"BNPB juga harus melakukan operasi tanggap darurat secara menyeluruh meliputi operasi penyelamatan para korban, pendirian tempat pengungsian, dapur umum, pengamanan rumah dan asset para korban, serta mengantisipasi munculnya penyakit-penyakit pasca banjir," kata dia.


Baca juga artikel terkait BANJIR 2020 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight