Presiden Jokowi Bertemu Mantan PM Yasuo Fukuda Puji Pemilu Jepang

Oleh: Maya Saputri - 27 Oktober 2017
Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi Pemilu yang telah diselenggarakan Jepang pada Oktober 2017.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menerima mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di ruang pertemuan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, pukul 09.00 WIB.

Fukuda yang menjabat sebagai Presiden Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) menemui Presiden Jokowi dengan membawa sejumlah delegasi.

Para delegasi itu, antara lain Wakil Presiden Japinda Naoki Kuroda, Duta Besar Jepang untuk RI Masafumi Ishii, Utusan Khusus Kerja Sama Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Jepang Yutaka Imura.

Selain itu, Direktur Perusahaan Taisei Takashi Yamauchi dan Direktur Perusahaan Sumitomo Kazuo Ohmori.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Hingga pukul 09.45 WIB, pertemuan bilateral tersebut masih diselenggarakan guna membahas potensi kerja sama kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi Pemilu yang telah diselenggarakan Jepang pada Oktober 2017.

"Pada kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan selamat atas Pemilu di Jepang yang baru saja berjalan dengan amat sukses," kata Presiden, seperti diberitakan Antara.

Menurut Presiden, pemerintah dan rakyat Jepang telah berhasil menciptakan stabilitas politik dalam negeri yang sangat baik.

Jutaan rakyat Jepang pada Minggu (22/10/2017) menyalurkan suara pilihan yang menghasilkan mandat baru untuk Perdana Menteri Shinzo Abe setelah Koalisi Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Abe meraih 311 kursi atau mempertahankan dua per tiga jumlah majelis rendah beranggotakan 465.

Fukuda sendiri berterimakasih atas pertemuannya dengan Presiden Jokowi. Fukuda membahas potensi kerja sama ekonomi bersama pemerintah Indonesia.

"Adalah kehormatan besar bagi saya dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Yang Mulia Bapak Presiden Republik Indonesia bersama dengan anggota delegasi saya yaitu dari Asosiasi Jepang-Indonesia atau JAPINDA," ujar Fukuda.

Baca juga artikel terkait PRESIDEN JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Politik)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri