Prediksi Sheffield United vs Brighton: Andalkan Pertahanan Baja

Oleh: Permadi Suntama - 21 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Sheffield United vs Brighton: performa impresif tuan rumah dalam 3 laga terakhir mungkin belum akan surut. Pertahanan Sheffield United akan diuji lagi ketangguhannya.
tirto.id - Sheffield United dijadwalkan menjamu Brighton & Hove Albion di Stadion Bramall Lane, pada Sabtu (22/2/2020), pukul 22.00 WIB dalam lanjutan pekan ke-27 Liga Inggris.

The Blades sebelumnya sukses menyapu kemenangan dan hanya kebobolan sekali dalam 3 laga terakhirnya. Anak asuh Chris Wilder, saat ini juga berada di peringkat keenam Liga Inggris dengan mengumpulkan 39 poin dari 26 laga.

Capaian tersebut cukup mengejutkan mengingat status Sheffield United sebagai tim promosi pada musim ini. Apalagi, peringkat Sheffield United pun masih mungkin terkerek.

Apabila berhasil meraih poin penuh saat bersua Brighton, mereka berpeluang masuk lagi ke lima besar dan menggeser posisi Chelsea atau Tottenham yang bakal saling berhadapan pada pekan ini.

Namun, The Blades semestinya tidak meremehkan The Seagulls. Jika melakukan kesalahan, bukan tidak mungkin mereka justru terlempar dari zona Eropa.

Pernyataan juru taktik Sheffield United, Chris Wilder mengisyaratkan bahwa timnya memang akan tetap mewaspadai kejutan yang mungkin dibawa oleh The Seagulls di laga ini.

"[Kami memiliki] pertandingan yang ketat di Stadion Amex [pertemuan pertama musim ini]. Kami bisa saja kalah dari Brighton, karena mereka adalah tim berbahaya dan klub yang cukup mapan di Liga Inggris," kata Wilder.

Di lain pihak, pelatih Brighton, Graham Potter, menyebut anak asuhnya dalam kondisi yang bagus untuk menjalani laga melawan Sheffield United. Sejumlah pemain yang sempat mengalami cedera pun sudah pulih, dan akan dilihat kondisinya sebelum laga untuk menentukan starting eleven.

"Kami memiliki skuad yang bagus untuk pertandingan akhir pekan ini [menghadapi Sheffield United]. Kami akan membuat keputusan besok, apakah akan memainkan Dale Stephens, Tariq Lamptey, dan Mac Allister, yang baru pulih dari cedera," tutur Potter.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Berdasarkan data statistik Whoscored, Brighton berpeluang lebih banyak memegang bola. Mereka memiliki rerata 54% penguasaan bola per laga, berbanding 44% milik Sheffield United.

Jumlah penguasaan bola yang lebih besar pun berbanding lurus dengan banyaknya peluang yang mereka buat. The Seagulls mampu membuat 13 peluang per laga, sementara The Blades hanya 10 per laga.

Kendati demikian, lini belakang tuan rumah yang lebih bagus, diprediksi bakal menjadi pembeda. Kendati hanya mencetak 28 gol dari 26 laga, Dean Henderson baru kebobolan 24 kali musim ini.

Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan bola yang masuk ke gawang Matt Ryan yang sudah kebobolan 38 kali.

Perkiraan Susunan Pemain

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack O'Connell; George Baldock, Sander Berge, Oliver Norwood, John Fleck, Enda Stevens; Billy Sharp, Oliver McBurnie.

Brighton (4-2-3-1): Matt Ryan; Ezequiel Schelotto, Shane Duffy, Lewis Dunk, Dan Burn; Davy Propper, Aaron Mooy; Solly March, Pascal GroB, Leandro Trossard; Glenn Murray.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - )

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Addi M Idhom
DarkLight