Prediksi Home United vs Persija LCA 2019, Lupakan Luka Musim Lalu

Oleh: Fitra Firdaus - 4 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bertanding di kualifikasi pertama Liga Champions Asia 2019, prediksi Home United vs Persija pada Selasa (5/2/2019) mengarah pada kemenangan tuan rumah.
tirto.id - Persija bakal bertandang ke markas Home United, Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura di kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2019. Berlaga pada Selasa (5/2/2019) pukul 18.30 WIB, Macan Kemayoran layak melupakan luka musim lalu jika ingin lolos dari partai hidup-mati ini.

Kualifikasi LCA 2019 tidak mengenal konsep laga kandang dan tandang. Dengan demikian, jika sampai Persija sang juara Liga 1 2018 tersingkir, tidak akan ada cerita wakil Indonesia lagi di kompetisi tersebut. Macan Kemayoran bersama PSM akan tampil di AFC Cup 2019.

Menghadapi Home United, Persija punya pengalaman dari musim lalu. Ketika itu, di semifinal AFC Cup zona ASEAN, Macan Kemayoran yang kala itu dilatih Stefano Cugurra, kalah dua kali. Tumbang di Singapura 3-2 (8/5/2018), Persija sekali lagi takluk di Jakarta dengan skor 1-3 (15/5/2018).

Namun, kali ini pelatih baru Ivan Kolev menegaskan, timnya tidak akan terjebak pada masa lalu. Dikutip situs resmi klub, Kolev menuturkan, "Itu masa lalu, saya yakin tim yang baru, organisasi yang baru, akan memberikan yang berbeda di laga yang berbeda besok, karena ini adalah tim yang baru."

Sebelum laga ini, Persija merasakan "tes" dengan dua kali menghadapi 757 Kepri Jaya di Piala Indonesia. Mereka menang meyakinkan 8-2, kemudian imbang 1-1. Namun, berjumpa Home United, Macan Kemayoran berarti menghadapi lawan yang jauh lebih kuat.

Ivan Kolev tidak dapat menurunkan Jaimerson karena kartu merah yang diterimanya musim lalu di AFC Cup. Sementara itu, Rezaldi Hehanusa cedera. Namun, Ryuji Utomo dipastikan dapat memperkuat lini belakang tim asal Jakarta tersebut.

Sementara itu, pelatih Home United, Saswadimata Dasuki mengaku yakin bakal mengalahkan Persija untuk mengamankan satu tiket ke kualifikasi kedua LCA 2019. Bagi Dasuki, LCA punya level di atas AFC Cup. Hal itu bakal melecut timnya untuk tampil gemilang.

"Tentu saya optimistis. Ini kandang kami. Kami juga ingin melanjutkan tren positif saat berjumpa Persija tahun lalu. Apalagi ini kompetisi bergengsi, kualifikasi Liga Champions Asia, kami ingin berusaha yang terbaik untuk bisa melangkah ke babak selanjutnya," ujar Dasuki dikutip Antara.

Home United sendiri tidak hanya mengandalkan kapten mereka, Izzdin Shafiq. Tetapi juga penyerang Shahril Ishak dan pemain asal Korea Selatan, Song Ui-young. Dikutip dari situs resmi Federasi Sepak Bola Singapura (FAS), pemain baru tuan rumah seperti Adam Swandi dan Ho Wai Loon berpeluang tampil di laga ini.



Prediksi Pertandingan
Persiapan Persija menjelang laga LCA 2019 tidak dapat disebut bagus. Absennya Vinicius Lopes Laurindo alias Neguete, Bruno Matos, danJakhongir Abdumuminov karena permasalahan ITC bagaimanapun akan mengganggu. Di samping itu, bermain di kandang lawan akan jadi masalah untuk Macan Kemayoran.

Musim lalu, di AFC Cup 2018, Persija tampil empat kali dalam laga tandang, dan meraih 1 menang, 1 seri, serta 2 kekalahan: catatan negatif yang sulit diobati di laga kali ini.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus