Polri Tunda Penyelenggaraan Acara MRSF Hingga Pemilu 2019 Usai

Oleh: Adi Briantika - 20 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Polri memutuskan untuk menunda sementara penyelenggaraan acara MRSF hingga Pemilu 2019 usai.
tirto.id - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal membantah acara sosialisasi keselamatan berkendara bertajuk Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang digelar kepolisian di sejumlah daerah menjadi ajang kampanye Pilpres 2019.

Indikasi itu misalnya terlihat dalam poster acara MRSF di Kota Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Poster acara yang akan digelar pada 24 Februari lalu tersebut memuat foto Presiden Jokowi.

Namun, menurut Iqbal, acara MSRF di Tanjung Balai Karimun tidak ada hubungannya dengan poster tersebut.

“Kampanye keselamatan berkendara milenial saat ini tak ada hubungan dengan foto itu,” kata Iqbal di kantor Kementerian Koordinator Polhukam, Jakarta pada Rabu (20/3/2019).


Dia menambahkan, untuk menghindari kegaduhan, penyelenggaraan acara MSRF kini ditunda hingga hari Pemilu 2019 selesai dilaksanakan. Hal ini agara acara itu tidak lagi disusupi kampanye.

“Maka kami bersikap bahwa program itu [MRSF] ditunda,” kata Iqbal.

Kegiatan MRSF digelar Polri di berbagai daerah untuk mengampanyekan keselamatan berkendara bagi kalangan anak muda. Alasan pemilihan kaum milenial sebagai sasaran dalam acara ini karena ada peningkatan kecelakaan lalu lintas pada kelompok usia muda.

Acara MRSF terakhir digelar di Jembatan Suramadu, Minggu (17/3/2019) dan dipelopori Polda Jawa Timur. Di sela acara itu, sekelompok peserta sempat memutar lagu berjudul “Jokowi Wae.”

Indikasi kampanye yang lebih mencolok terlihat saat Polda Bali menggelar acara MRSF di Lapangan Renon, Denpasar, pada 17 Februari lalu. Saat itu, Gubernur Bali I Wayan Koster diketahui mengajak massa yang datang di acara tersebut untuk mendukung Jokowi.

Ketika MSRF berlangsung di Pelataran Benteng Kuto Besak, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 9 Maret lalu, juga diketahui ada massa yang mengacungkan dua jari (simbol salam pasangan Prabowo-Sandiaga) di depan Presiden Joko Widodo yang turut hadir di acara itu.

Puncak acara MRSF semula direncanakan digelar pada 31 Maret 2019 di Monas, Jakarta Pusat, dan dihadiri oleh Presiden Jokowi.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Addi M Idhom