Polisi Semprotkan Disinfektan di 2 Lokasi Acara Rizieq Shihab

Oleh: Bayu Septianto - 23 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Selain di Petamburan, polisi juga menyemprotkan disinfektan di lokasi acara Maulid Nabi di kawasan Tebet yang dihadiri Rizieq Shihab.
tirto.id - Polres Metro Jakarta Selatan menyemprotkan disinfektan di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, menyusul ditemukannya klaster COVID-19 baru akibat adanya acara Maulid Nabi Muhammad di kawasan itu yang dihadiri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono mengatakan ada dua mobil water canon dan satu unit mobil patroli yang dikerahkan untuk melakukan disinfeksi.

"Jadi dua unit 'water canon' yang keliling semprot dan satu mobil patroli berisi personel yang akan melakukan penyemprotan secara manual," kata Budi dilansir dari Antara, Senin (23/11/2020).

Ia mengatakan penyemprotan dimulai dari GOR Tebet Timur di Jalan Tebet Timur Dalam, tempat dilaksanakannya tes cepat kepada warga Tebet.

Selanjutnya mobil 'water canon' berkeliling ke seluruh wilayah Tebet untuk melakukan disinfeksi di jalan-jalan yang dilintasinya hingga ke Jalan Abdullah Syafei tempat acara Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan.

Salah satu masjid yang berada di Jalan Abdullah Syafei, Tebet pada 13 November 2020 lalu menyelenggarakan acara Maulid Nabi Muhammad. Kehadiran Rizieq Shihab membuat massa pendukungnya juga hadir dalam acara yang turut pula dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria.

"Lokasi penyemprotan sampai ke tempat acara Maulid dilaksanakan, nanti petugas yang bawa alat semprot portabel yang lakukan penyemprotan manual," ujarnya.

Tak hanya di kawasan Tebet, Polda Metro Jaya juga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (22/11/2020) kemarin dan Senin (23/11/2020) pagi.

Tak hanya sepanjang Jalan KS Tubun, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di Jalan Petamburan 3, yang merupakan markas FPI sekaligus kediaman Rizieq Shihab.

Sebelumnya, Satuan Tugas COVID-19 mengimbau masyarakat di sekitar Tebet Jakarta Selatan, Petamburan Jakarta Pusat, dan Megamendung Bogor Jawa Barat, melaksanakan tes usap karena muncul sejumlah kasus COVID-19 di kawasan tersebut.

"Menyusul sejumlah kasus positif di wilayah tersebut," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas COVID-19, Doni Monardo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (20/11).

Doni meminta warga pada tiga kawasan itu segera mendaftarkan diri maupun menginformasikan kepada pengurus rukun tetangga atau rukun tetangga agar segera menjalani tes "Polymerase Chain Reaction/PCR".

Diungkapkan Doni, Satgas COVID-19 telah menyebarkan tes usap antigen sebanyak 2.500 unit kepada Puskesmas yang berada di kawasan berpotensi terjadi peningkatan kasus COVID-19, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"RT dan RW di Tebet, Petamburan dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan Puskesmas tersebut agar masyarakatnya segera mendapatkan Tes PCR dengan gratis," ujar Doni.

Doni menjelaskan tes PCR itu juga disarankan bagi masyarakat yang turut dalam penjemputan Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada beberapa waktu lalu, guna melindungi diri dan keluarga, serta upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Jika pemeriksaan menunjukkan hasil positif COVID-19, maka Doni menambahkan masyarakat dapat melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan pemerintah, yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.



Baca juga artikel terkait KERUMUNAN MASSA RIZIEQ SHIHAB atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Bayu Septianto
DarkLight