PKS Sebut Tiga Cawagub DKI yang Diajukan Bukan Sosok Sembarangan

Oleh: Damianus Andreas - 8 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jika di tengah jalan ada pembatalan atau tidak ada sosok yang dianggap berkompeten maju ke tahapan selanjutnya, Zakaria menilai keputusan itu bakal berpengaruh pada Pilpres 2019.
tirto.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengklaim tiga kandidat calon wakil gubernur DKI Jakarta yang diajukan bukanlah sosok sembarangan. Menurut PKS, ketiga calon yang ada telah memenuhi sejumlah ekspektasi yang sebelumnya disuarakan.

“Dua calon misalnya, memiliki latar belakang yang mengerti tentang keuangan dan anggaran. Terus ada satu calon yang memiliki unsur [berasal] dari DPRD DKI Jakarta, bahkan ketua fraksinya langsung. Jadi apalagi yang mau dipertimbangkan?” kata Humas DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) PKS DKI Jakarta Zakaria Maulana Alif di Jakarta pada Jumat (8/2/2019).

Lebih lanjut, Zakaria berharap agar Partai Gerindra tetap memegang komitmennya terkait penentuan calon pengganti Sandiaga Uno. Apabila ternyata di tengah jalan ada pembatalan atau tidak ada sosok yang dianggap berkompeten untuk maju ke tahapan selanjutnya, Zakaria menilai keputusan itu bakal berpengaruh pada Pilpres 2019.

Zakaria sendiri menyebutkan bahwa dukungan PKS terhadap Partai Gerindra dalam Pilpres 2019 sudah sangat total. Oleh karena itu, ia menilai perlu adanya kerja sama yang baik antara kedua partai pengusung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Zakaria juga mengatakan bahwa kedua partai sebetulnya saling membutuhkan dan tidak bisa berdiri sendiri.

“Sehingga mungkin kalau masih ada yang kurang, mudah-mudahan bisa selesai malam ini untuk disampaikan ke tiga calon wakil gubernur tersebut, guna mengonfirmasi kesiapan mereka,” ucap Zakaria.

Hasil untuk tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) ketiga calon wakil gubernur rencananya bakal disampaikan ke PKS dan Partai Gerindra pada Minggu (10/2/2019) besok. Para panelis yang terlibat dalam uji kepatutan dan kelayakan bakal menyampaikan hasil yang berupa rekomendasi.

Namun sebelum itu, sebuah agenda focus group discussion (FGD) akan dilakukan pada Jumat (8/2/2019) malam. Kegiatan yang digelar di kawasan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan itu rencananya akan berlangsung secara tertutup.

“Nanti akan ada pemberian masukan kepada tiga orang calon wakil gubernur. Mudah-mudahan ketiga calon siap, dan Insyaallah pada 11 Februari 2019 nanti kami bisa menyampaikan [namanya] kepada gubernur,” jelas Zakaria.


Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Nur Hidayah Perwitasari