Piala Thomas 2018 Tantangan Lanjutan Bagi Marcus/Kevin

Oleh: Ibnu Azis - 18 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pada Piala Thomas 2018, Marcus/Kevin tampil lagi namun dengan predikat berbeda dari dua tahun lalu.
tirto.id - PBSI telah mencanangkan target meraih juara Piala Thomas 2018, trofi yang tidak pernah lagi diraih Indonesia sejak 2002. Bagi ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, kejuaraan bulu tangkis beregu putra tersebut bukan turnamen baru bagi pasangan yang kini berperingkat satu dunia berdasarkan peringkat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

"Sekarang waktunya mengembalikan kejayaan bulu tangkis di tingkat internasional," kata Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta saat peringatan HUT Ke-67 PBSI pekan lalu.

Turnamen Piala Thomas 2018 yang akan dimulai Minggu (20/5/2018) di Bangkok, Thailand, bagi pasangan yang berjuluk The Minions tersebut, adalah penampilan yang kedua kalinya, karena mereka juga pernah tampil pada edisi sebelumnya di Kunshan, China, pada 2016.

Ketika itu, Marcus/Kevin hanya menjadi pasangan ganda putra lapis ketiga dalam Tim Piala Thomas Indonesia, sehingga tidak selalu dimainkan pada setiap partai.

Pasangan Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan dan Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama menjadi lapis pertama dan kedua di ganda putra. Tim Indonesia mampu hingga final Piala Thomas 2016 sebelum dikalahkan Denmark 2-3.

Dua angka bagi Indonesia pada final 2016 itu diraih melalui pasangan ganda putra Hendra/Ahsan dan Ricky/Angga, sedangkan tiga tunggal, yakni Jonathan Cristie, Anthony Ginting, dan Ihsan Maulana kalah.

Marcus/Kevin sempat tampil pada babak penyisihan melawan pasangan Thailand Puavaranukroh/Bodin Issara. Ketika itu mereka kalah 14-21, 21-11, 17-21, namun secara umum Tim Indonesia menang atas Thailand 4-1.

Kini pada Piala Thomas 2018, Marcus/Kevin tampil lagi namun dengan predikat berbeda dari dua tahun lalu. Mereka bukan lain sebagai pasangan pelapis, namun menjadi andalan untuk memastikan satu poin penting di tiap-tiap partai yang akan dilakoni Indonesia.

Apalagi dalam kurun waktu setahun terakhir ini, pasangan bulu tangkis ini tampil luar biasa dengan sederet trofi bergengsi. Total 10 gelar juara diraih Kevin/Marcus sejak 2017 dan mereka menjadi pasangan yang paling ditakuti pasangan-pasangan ganda putra top dunia saat ini.

Sebelumnya, PBSI telah menetapkan tim putra Indonesia untuk turnamen Piala Thomas yang akan berlangsung pada 20-27 Mei mendatang.

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik untuk tunggal putra, sedangkan ganda putra diperkuat Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.


Baca juga artikel terkait PIALA THOMAS 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: antara
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live
a