Piala Dunia 2018: Kieran Trippier Pemain Paling Kreatif Sejauh Ini

Penulis: Ikhsan Abdul Hakim, tirto.id - 20 Jun 2018 11:23 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kieran Tripper membuat enam peluang dalam laga melawan Tunisia (19/6).
tirto.id - Tim Nasional (Timnas) Inggris berhasil menang 2-1 atas Tunisia (19/6) dalam laga lanjutan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Volgograd Arena, Rusia. Di laga itu, penyerang Harry Kane memborong dua gol bagi kemenangan Inggris. Kane mencetak gol kemenangan di penghujung laga dengan menyambut bola sundulan Harry Maguire.

Dalam pertandingan tersebut, wing back Inggris Kieran Trippier menghasilkan enam peluang atau umpan kunci, terbanyak di antara pemain lain. Enam peluang dalam satu laga membuat bek kelahiran Bury tersebut jadi pemain paling kreatif di Piala Dunia 2018 sejauh ini. Trippier mengungguli catatan Joshua Kimmich, Maxi Meza, Aleksandr Golovin, dan Thomas Muller yang menghasilkan lima peluang dalam satu laga.

Pemain yang dijuluki media Inggris "Beckham dari Bury" ini pun mengaku jika permainannya terinspirasi sosok David Beckham dan Andrea Pirlo.

"Aku mempelajari Beckham dan Andrea Pirlo tentang bagaimana membuat umpan silang dan melakukannya secepat mungkin adalah kuncinya," terang Trippier dikutip The Times via Marca.

"Dia [Beckham] adalah seseorang yang selalu aku kagumi," tambahnya.


Sejak 1966, hanya ada satu pemain Inggris yang membuat peluang dalam satu laga melebihi Trippier. Orang itu adalah David Beckham, yang membuat tujuh peluang ketika Inggris melawan Trinidad dan Tobago di Jerman 2006.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate yang menjadikannya eksekutor bola mati pun memuji kemampuan Trippier.

"Kemampuannya membawa bola mengesankan dan eksekusi bola matinya sangat bagus, juga umpan silangnya ketika berada di area pertahanan lawan," ujar Southgate.

Dalam laga kontra Tunisia, performa Trippier mendapat nilai 8,05 dari Whoscored. Berposisi sebagai wing back kanan, Trippier membantu serangan lewat sayap dan kerap membuat umpan silang. Gol kemenangan Kane lawan Tunisia pun berasal dari sepak pojok Trippier.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim

DarkLight