Menuju konten utama

Pertanyaan TVRI Belajar dari Rumah 28 April untuk SD, SMP, dan SMA

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI dari SD hingga SMA tanggal 28 April 2020.

Pertanyaan TVRI Belajar dari Rumah 28 April untuk SD, SMP, dan SMA
Ilustrasi Menonton TV. foto/istockphoto

tirto.id - Stasiun televisi TVRI Nasional menayangkan program Belajar dari Rumah yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, program Belajar dari Rumah ini dibuat untuk memfasilitasi terselenggaranya pendidikan di seluruh lapisan masyarakat di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Program Belajar dari Rumah tersedia untuk berbagai jenjang, dari mulai PAUD hingga SMA/SMK dan sederajat. Untuk menyaksikan program Belajar dari Rumah, masyarakat bisa mengakses TVRI Nasional melalui televisi atau streaming. Orang tua diminta untuk mendampingi anak selama mengikuti program Belajar dari Rumah. Berikut ini jadwal dan pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI.

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 28 April 2020

08.00-08.30 WIB Jalan Sesama: Kring.. Halo! (PAUD & Sederajat)

08.30-09.00 WIB Gemar Matematika: Meloncat dan Mengukur Bilangan (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

09.00-09.30 WIB Demam Puisi (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

09.30-10.00 WIB Matematika Mantul: Pecahan (SMP & sederajat)

10.00-10.30 WIB Matematika: Eksponen dan Bentuk Akar (SMA & Sederajat)

10.30-11.00 WIB Keluarga Indonesia: Pendidikan Kesehatan Reproduksi (Parenting)

20.00-22.00 WIB Film Nasional - Rumah Ke-7

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 28 April 2020

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 29 April 2020 untuk Kelas 1-3 SD

Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Meloncat dan Mengurut Bilangan

Kompetensi Numerasi: (1) Mengidentifikasi, menduplikasi, dan memperluas pola bilangan; (2) menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat.

Pertanyaan:

1. Nisa bermain loncat angka. Dia mulai berdiri di angka 1. Berikutnya, Nisa meloncat sebanyak satu kali dan ia berada di angka 4. Jika Nisa berada pada angka 1 dan ia melompat sebanyak tiga kali, di angka berapakah Nisa berada?

2. Arya memiliki bilangan 315, sedangkan Jamal memiliki bilangan 513. Apabila angka 3 pada kedua bilangan milik Arya dan Jamal dijumlah, hasil yang akan diperoleh adalah ….

3. Andi akan membuat bilangan ratusan dari angka 0, 2, dan 5.

a. Berapa banyak bilangan ratusan yang dapat dibuat Andi?

b. Urutkan bilangan tersebut dari yang terkecil!

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 29 April 2020 untuk Kelas 4-6 SD

Demam Puisi

Kompetensi Literasi: (1) Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya; (2) menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.

1. Apa makna persahabatan menurut Adi?

2. Bagaimana cara Adi belajar puisi?

3. Tuliskan 3 teknik membaca puisi! Buatlah puisi yang bertemakan keluarga dan bacakan di depan keluargamu!

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 29 April 2020 untuk SMP

Matematika Manfaat Betul (Mantul): Pecahan (1/2)

Kompetensi Numerasi: Menggunakan pengertian dan sifat-sifat operasi aritmatika pada pecahan bilangan serta menyajikannya dalam berbagai cara.

1. Urutkan pecahan 0,3 ; 36% ; 3/7 ; 5/9 ; 0,25 dari kecil ke besar!

2. Urutkan pecahan 2/3 ; 0,47 ; 4/7 ; 56% dari besar ke kecil!

3. Ibu Andi, Ibu Budi, dan Ibu Cecep mengumpulkan telur untuk disumbangkan ke hajatan Ibu Irma. Berat telur yang disumbangkan Ibu Andi dan Ibu Budi adalah 8 kg. Berat telur yang disumbangkan Ibu Budi dan Ibu Cecep adalah 12 kg. Berat telur yang disumbangkan Ibu Andi dan Ibu Cecep adalah 9 kg.

a. Hitunglah berat telur seluruh sumbangan yang diterima Ibu Irma!

b. Siapakah yang menyumbang telur paling banyak?

Kompetensi Numerasi: Menggunakan pengertian dan sifat-sifat operasi aritmatika pada pecahan bilangan serta menyajikannya dalam berbagai cara.

4. Pak Somad memberi penghasilannya kepada istrinya 1/2 bagian, untuk keperluannya sendiri 1/5 bagian, dan sisanya ditabung. Jika uang yang ditabung sebesar Rp 1.200.000,00, berapa rupiah dari penghasilan Pak Somad yang diberikan kepada istrinya?

5. Hitunglah penjumlahan pecahan berikut!

Soal Matematika SMP

Soal Matematika SMP. foto/kemendikbud

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 29 April 2020 untuk SMA/SMK

Matematika: Eksponen dan Bentuk Akar

Kompetensi Numerasi: Menggunakan bilangan eksponen baik pangkat bulat maupun rasional

1. Pertanyaan

Soal Matematika SMA

Soal Matematika SMA. foto/kemendikbud

2. Seorang peneliti bidang mikrobiologi di sebuah lembaga penelitian sedang mengamati perkembangan 50 bakteri di sebuah laboratorium. Pada kultur bakteri tersebut, satu bakteri membelah menjadi 2 bakteri setiap jam. Akan ada berapa banyak bakteri dalam waktu 8 jam?

Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH