Perbaikan Jembatan Penghubung Padang-Bukittinggi Ditarget 5 Hari

Oleh: Irwan Syambudi - 11 Desember 2018
Rencananya untuk jembatan yang putus, akan dipasang jembatan panel.
tirto.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan perbaikan jembatan putus pada jalur utama penghubung Padang-Bukittinggi di Kayu Tanam, Padang Pariaman, selesai dalam lima hari ke depan dan bisa segera dimanfaatkan lagi.

"Rencananya untuk jembatan yang putus, akan dipasang jembatan panel. Mudah-mudahan besok materialnya sudah bisa kita angkut ke lokasi dan dipasang," kata Kepala Dinas PU Sumbar Fathol Bari seperti dilansir Antara, Selasa (11/12/2018).

Proses pemasangan ditarget selesai dalam lima hari agar masyarakat tidak terlalu lama terimbas dan jalur itu bisa dilewati kembali.

Jembatan panel itu adalah solusi jangka pendek, sementara untuk jangka panjang akan segera dibahas kembali bersama pihak terkait seperti BPBD, karena statusnya adalah terimbas bencana.

Kepala Bidang Logistik dan RR BPBD Sumbar Rumainur mengatakan ada beberapa alternatif untuk perbaikan jembatan putus akibat bencana itu.

Bisa dari dana cadangan perawatan jalan di Balai Jalan atau kalau butuh bantuan lain, bisa juga dari dana tanggap darurat di Pemprov Sumbar.

"Kita siap jika memang dibutuhkan anggaran tanggap darurat," ujarnya.

Dalam jangka panjang juga bisa diupayakan dana rehap rekon dari Kementerian PU atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk perbaikan permanen pada uit jembatan itu, apalagi lokasinya pada jalur utama penghubung Padang-Pekanbaru.

Sementara perbaikan dilakukan, masyarakat yang akan ke Padang atau sebaliknya dari Padang menuju Bukittinggi atau terus ke Pekanbaru disarankan melewati jalur sicincin-Malalak atau jalur Solok.


Baca juga artikel terkait JEMBATAN atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Irwan Syambudi