Penjualan Fantastis Komik Tintin

Oleh: Mutaya Saroh - 21 November 2016
Dibaca Normal 1 menit
Karya seni kartun makin diminati dengan harga fantastis dalam beberapa tahun terakhir. Tak terkecuali komik petualangan Tintin asal Perancis, yang baru-baru ini berhasil terjual senilai 1.55 juta Euro atau sekitar 22 miliar rupiah di Paris.
tirto.id - Karya seni kartun makin diminati dengan harga fantastis dalam beberapa tahun terakhir. Tak terkecuali komik petualangan Tintin asal Perancis, yang baru-baru ini berhasil terjual senilai 1.55 juta Euro atau sekitar 22 miliar rupiah di Paris.

Komik dengan panjang 50cm dan lebar 35 cm karya kartunis asal Belgia, Herge itu, bercerita tentang aksi Tintin si jurnalis dan anjingnya Snowy, serta pelaut Kapten Haddock di Bulan. Episode Para Petualang di Bulan yang dikeluarkan pada 1954 merupakan lanjutan dari episode Tujuan Bulan pada 1953.

“Komik ini sangat menakjubkan. Harga yang luar biasa untuk karya yang luar biasa pula,” ujar ahli komik dari Artcurial, Eric Leroy. Ia menggambarkan Para Petualang di Bulan sebagai peristiwa kunci dalam sejarah seni buku komik.
“Komik ini sudah menjadi legenda bagi banyak pencinta dan kolektor,” tambahnya.

Menurut Leroy, episode Para Petualang di Bulan merupakan salah satu karya terpenting dari Herge setelah masa peperangan, sama halnya dengan episode Tintin di Tibet dan Permata Castafiore.

Buku komik yang awalnya dijual dengan harga 700.000 hingga 900.000 euro itu juga dinilai sebagai salah satu dari karya terbesar Herge.

Selain karya Tintin di Bulan, Artcurial juga berhasil menjual 20 sketsa tinta yang diciptakan Herge untuk seri kartu ucapan Tahun Baru yang disebut ‘Snow Cards’ atau Kartu Salju. Seri kartu ucapan itu terjual dengan harga 1.2 juta Euro.

Sementara itu dalam beberapa tahun terakhir, penjualan untuk buku komik Tintin edisi pertama mencapai jutaan euro di sejumlah acara pelelangan. Dua tahun lalu misalnya, karya Herge yang diterbitkan antara 1937 hingga 1958, dijadikan bagian dalam sampul untuk semua episode petualangan Tintin dan jatuh ke tangan seorang penggemar dari Amerika dengan harga 2.65 juta euro.

Kemudian pada Februari 2015, disain sampul asli dari episode The Shooting Star berhasil terjual senilai 2.5 juta euro. Sementara pada Mei 2015, dua halaman orisinil dari buku komik petualangan Tongkat Kerajaan Raja Ottokar dibeli dengan harga 1.2 juta dolar Amerika. Dan pada Oktober 2015, investor Asia membayar 1.2 juta dolar Amerika untuk sebuah gambar dari episode Tintin dan Snowy di Shanghai berjudul Teratai Biru yang dikeluarkan pada 1936.

Atas penjualan komik petualangan Tintin, Herge mendapatkan rekor dunia dan telah menjual sekitar 230 juta buku komik Tintin pada saat kematiannya di tahun 1983. Demikian The Guardian.

Baca juga artikel terkait KOMIK atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh
DarkLight