Pengumuman Hasil SM UNNES 2018 Bisa Dicek pada 24 Juli

Oleh: Yantina Debora - 23 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
UNNES menargetkan jumlah pendaftar seleksi mandiri tahun ini mencapai 15.000 lebih calon mahasiswa baru.
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM UNNES) bakal diumumkan pada Selasa 24 Juli 2018.

SM UNNES merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang. Seleksi Mandiri ini dilakukan dalam bentuk ujian tulis dan/atau ujian keterampilan seni atau olahraga.

Pendaftaran SM UNNES 2018 telah dibuka pada 10 Mei - 8 Juli 2018 dengan sistem online melalui laman daftar.unnes.ac.id.

"Calon peserta dapat memilih salah satu kelompok ujian: Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), atau Campuran (Saintek dan Soshum)," seperti dilansir dari situs web UNNES.

Namun, khusus pendaftar Seleksi Mandiri UNNES 2018 yang juga melamar program Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagaimana tercantum dalam laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Dilansir dari Antara, UNNES menargetkan jumlah pendaftar seleksi mandiri tahun ini mencapai 15.000 lebih calon mahasiswa baru.

"Kami menarget jumlah jumlah pendaftar seleksi mandiri tahun ini sebanyak 15.900 orang, naik dibandingkan tahun lalu," kata Ketua Panitia SM UNNES, Eko Handoyo, Senin (2/7/2018).

Ia menyebutkan jumlah pendaftar SM UNNES pada tahun 2017 mencapai 15.500 orang sehingga tahun ini ditargetkan bisa melampaui capaian peserta tahun sebelumnya.

Hasil Seleksi SM UNNES dan Registrasi Mahasiswa Baru

  1. Hasil seleksi SM UNNES 2018 diumumkan pada tanggal 24 Juli 2018 secara online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id.
  2. Peserta SM UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan mengisi data pokok pada tanggal 24 - 26 Juli 2018.
  3. Peserta SM UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan melakukan registrasi administrasi pada tanggal 30 Juli - 3 Agustus 2018.
  4. Peserta SM UNNES yang dinyatakan lulus seleksi diwajibkan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Uang Pangkal (UP) setelah mengisi data pokok.
  5. Peserta SM UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi pada suatu program studi tidak diperbolehkan pindah ke program studi lain, kecuali tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk program studi tertentu, dan diatur dalam ketentuan lebih lanjut.
  6. Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi melalui jalur SM UNNES dinyatakan gugur apabila: a) tidak hadir pada waktu lapor diri. b) terbukti memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  7. Peserta SM UNNES 2018 yang juga melamar beasiswa Bidikmisi akan diverifikasi melalui kunjungan lapangan.


Baca juga artikel terkait PENERIMAAN MAHASISWA BARU atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora