Pengertian Jaringan Komputer, Internet, CAN, LAN, MAN, WAN, PAN

Oleh: Nirmala Eka Maharani - 15 September 2021
Dibaca Normal 3 menit
Pengertian jaringan komputer, Internet, CAN, LAN, MAN, WAN, dan PAN beserta fungsi-fungsinya.
tirto.id - Banyak orang saat ini bergantung pada internet, baik untuk berkomunikasi, mencari informasi dan lain sebagainya. Nah, penggunaan internet memerlukan jaringan komputer.

Lantas, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer?

Pengertian jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat lain yang terhubung jadi satu kesatuan untuk berbagi informasi dan data, demikian mengutip penjelasan di laman Sumber Belajar Kemdikbud.

Informasi dan data tersebut bisa bergerak melalui kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer saling bertukar dokumen maupun data lainnya.

Dapat pula dikatakan bahwa jaringan komputer adalah sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Semua jaringan itu dibangun serta dikumpulkan supaya informasi maupun data yang disampaikan oleh pengirim dapat diterima dengan cepat sekaligus akurat oleh si penerima.


Penggunaan jaringan komputer selalu menggunakan kombinasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Di sisi lain, jaringan komputer pun dapat bersifat privat atau publik.

Ada beragam jenis jaringan komputer. Macam-macam jaringan komputer itu dibuat untuk beragam jenis tujuan, yang intinya adalah membantu penyelesaian banyak tugas secara efektif lewat sistem pertukaran informasi

Berikut sejumlah jenis jaringan komputer beserta pengertian dan kegunaan, sebagaimana dinukil dari modul Jaringan Dasar 1 terbitan Kemdikbud dan sejumlah sumber lain.


1. Personal Area Network (PAN)

PAN adalah jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lain dalam jarak dekat, serta umumnya hanya beberapa meter. Jaringan PAN bisa menjadi titik akses ke berbagai perangkat pribadi, seperti komputer, telepon, ponsel, televisi, sistem keamanan rumah berbasis data, hingga sarana komunikasi publik semacam internet.

PAN umumnya dihubungkan melalui bus yang terdapat di perangkat komputer, semacam USB dan firewire. Sementara kontrol pada PAN dapat menggunakan teknologi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

Setidaknya ada 2 fungsi PAN, yakni menghubungkan perangkat-perangkat komputer, dan menjadi media komunikasi antarperangkat sendiri (komunikasi personal). Contoh pemakaian jaringan PAN adalah menghubungkan ponsel dengan laptop memakai Bluetooth.

2. Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya hanya mencakup wilayah sempit, seperti kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah, dan sejenisnya.

Ada tiga karakteristik LAN. Ketiganya ialah memiliki pesat data lebih tinggi, meliputi wilayah geografis yang sempit, dan tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

Mayoritas jaringan LAN kini berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Selain itu, banyak jaringan LAN kini menggunakan teknologi 802.11b (biasa disebut Wi-fi). Adapun tempat yang menyediakan jaringan LAN berbasis Wi-fi umumnya disebut hotspot. Wireless Local Area Network (WLAN) pun kerap digunakan untuk menghubungkan LAN.

3. Wide Area Network (WAN)

WAN adalah jaringan komputer dengan cakupan jangkauan di wilayah yang luas, seperti antarkota, antarnegara, bahkan dapat antarbenua. Karena itu, jaringan WAN memerlukan router dan saluran komunikasi publik.

Internet termasuk contoh jaringan WAN apabila ia menjangkau wilayah interkontinental dan sudah menjadi jaringan informasi global.

Jaringan WAN terdiri dari sekumpulan mesin yang menjalankan program-program aplikasi. Fungsi mesin-mesin tersebut menjadi host yang dihubungkan dengan subnet.

Adapun tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lain, sebagaimana di sistem jaringan telepon yang mengirimkan suara.

WAN sering disebut dengan sekumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan yang dikenal dengan router berfungsi menghubungkan LAN menuju WAN. Pada jaringan IP, router digunakan untuk menyimpan alamat LAN dan WAN.

4. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan dalam satu kota yang beroperasi dengan transfer data berkecepatan tinggi, dan bisa menghubungkan berbagai lokasi berbeda. MAN menggunakan perangkat khusus serta kabel agar dapat menghubungkan beberapa LAN.

Terdapat 5 karakteristik MAN, yakni sebagai berikut:

  • MAN meliputi area seluas 5-50 km persegi, atau setara area perkotaan.
  • MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi, tapi konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan.
  • MAN sering berupa jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah.
  • MAN berukuran lebih besar meski biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
  • MAN hanya punya satu atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.

Awalnya, jaringan MAN dihubungkan oleh kabel LAN untuk mengoneksikan sejumlah kantor yang jaraknya beberapa kilometer saja. Namun, setelah ada WIMAX, banyak pengguna layanan internet tertarik pada wireless berskala MAN.

5. Campus Area Network (CAN)

CAN mirip dengan jaringan komputer MAN, tapi terbatas di satu area. Jaringan ini biasa digunakan dalam kegiatan pendidikan, seperti praktik lab, pembaruan kelas, ujian, email, dan pemberitahuan. Namun, jaringan yang dinilai lebih aman dan cepat ini juga bisa digunakan untuk sarana lain.

Jadi, Campus Area Network adalah gabungan sejumlah jaringan komputer lokal (LAN) yang saling terhubung di area institusi pendidikan. Sedangkan CAN yang merujuk ke Corporate Area Network dan Controller Area Network punya jangkauan yang lebih besar dari LAN karena meliputi beberapa gedung di wilayah tertentu. Meski begitu, jangkauan CAN lebih sempit dari WAN dan MAN.

Fungsi CAN adalah menghubungkan komputer-komputer dalam suatu wilayah supaya dapat saling berkomunikasi dan melakukan pertukaran data. Mayoritas CAN terdiri dari gabungan beberapa LAN yang terhubung oleh switch dan router yang menciptakan sebuah jaringan tunggal. Dengan begitu, setiap pengguna jaringan bisa saling berkomunikasi langsung, dengan ataupun tanpa kabel.

6. Internet

Dari segi bahasa, internet berarti jaringan antara atau penghubung. Sementara dari aspek definisi operasional, internet adalah jaringan komputer dengan skala dunia yang terkoneksi menggunakan protokol TCP/IP. Komputer yang terhubung dalam internet bisa berjumlah jutaan, bahkan miliaran.

Oleh karena itu, dengan internet, semua orang di bumi saat ini bisa saling berkomunikasi sekaligus memperoleh informasi yang berasal dari miliaran situs web.

Internet pun menjadi semacam perpustakaan raksasa yang dapat memberikan berbagai informasi untuk berbagai kebutuhan, baik berupa tulisan, gambar, video dan produk multimedia.

Kemampuan internet mengomunikasikan penduduk bumi, tanpa terbatasi oleh wilayah geografis, membuat ia bisa memfasilitasi beragam aktivitas sosial, bisnis, dan banyak lainnya. Alhasil, saat ini berkembang sarana jual-beli online, media sosial, pendidikan jarak jauh, dan masih banyak lagi.

Jauh sebelum digunakan secara luas di dunia, internet mulanya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Pada saat itu, ia dinamakan program ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency).

Militer AS mengembangkan ARPANET semula dengan tujuan membentuk suatu jaringan komputer skala raksasa sehingga pemusatan informasi di satu tempat dapat dihindari. Dengan begitu, risiko kekacauan komunikasi saat satu pusat informasi hancur karena perang dapat dicegah.

Memasuki dekade 1980-an, ARPANET terpecah menjadi 2 jaringan yaitu ARPANET dan Milnet, tapi keduanya masih dapat saling terkoneksi. Jaringan interkoneksi ini dinamakan DARPA Internet, dan selanjutnya disebut internet.

Setelah itu, internet kemudian dikembangkan untuk kepentingan akademis di AS, dan lalu segera meluas ke bidang lain hingga bisa diakses dari komputer milik pribadi.

Baca juga artikel terkait JARINGAN KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Nirmala Eka Maharani
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Nirmala Eka Maharani
Penulis: Nirmala Eka Maharani
Editor: Addi M Idhom
DarkLight