Panduan Tahapan Perkembangan Bayi dari Lahir hingga Usia 12 Bulan

Oleh: Dhita Koesno - 21 September 2020
Dibaca Normal 3 menit
Panduan tahapan perkembangan bayi mulai dari lahir hingga berusia 12 bulan atau balita.
tirto.id - Tahapan perkembangan gerak bayi mulai dari baru lahir dan tidak berdaya, hingga menjadi balita yang aktif hanya membutuhkan waktu 12 bulan.

Menurut Parents, setiap bulannya bayi akan tumbuh dan berubah dengan kecepatan serta perkembangan baru dan menarik.

Bagi ayah dan ibu baru mungkin sering bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana mengetahui apakah perkembangan bayi mereka sesuai target.

Meski begitu, jika bayi Anda berbeda tahapan pertumbuhannya dengan bayi lainnya, tidak perlu merasa sedih, karena setiap anak tumbuh dengan cara yang sepenuhnya unik dan individual.

“Jika bayi Anda mencapai satu tonggak sejarah lebih cepat, dia mungkin mencapai tonggak lain nanti, karena dia begitu sibuk menyempurnakan keterampilan lainnya,” kata Jennifer Shu, MD, dokter anak dan penulis bersama Heading Home with Your Newborn seperti dilansir dari laman WebMD.

Beberapa bayi mungkin mengucapkan kata pertama mereka pada delapan bulan, sementara yang lain ada yang baru bisa berbicara setelah usia satu tahun. Sementara untuk bayi yang mulai berjalan biasanya berada di rentang usia sembilan hingga 18 bulan.


Pertumbuhan dan perkembangan bayi 12 bulan pertama


Berikut ini sejumlah pencapaian yang akan dicapai setiap bayi melalui perkembangannya. Uraian di bawah ini juga bisa menjadi panduan orangtua untuk mengetahui bagaimana bayi belajar saat mereka tumbuh dan bagaimana permainan membantu mereka berkembang dikutip dari Pregnancy Birth Baby:

Usia 1 bulan

Bayi Anda mulai berkembang sejak mereka lahir. Pada usia 1 bulan, memeluk, tidur, dan menyusui adalah hal yang sangat penting bagi bayi.

Tetapi rata-rata, pada usia ini mereka bertambah antara 0,7 hingga 0,9 kg setiap bulan dan tumbuh 2,5 hingga 4 cm. Lingkar kepala mereka akan bertambah sekitar 1,25 cm setiap bulan.

Semua bayi mengalami penurunan berat badan segera setelah mereka lahir. Bayi yang sehat biasanya kembali ke berat lahirnya dalam waktu sekitar 2 hingga 3 minggu dan kemudian akan terus bertambah.

Usia 2 bulan

Pada usia 2 bulan, bayi tumbuh dengan cepat dan menjadi lebih waspada. Mereka juga akan membuat lebih banyak suara dan menjadi lebih baik dalam menggerakkan tubuh kecilnya.

Saat otot mereka berkembang, lengan dan kaki mereka mulai bergerak lebih bebas, meregang untuk membuat mereka tampak lebih tinggi dan lebih ramping.

Terkadang Anda dapat mengetahui bayi lapar jika ia menjulurkan lidah atau mengisap. Jika mereka tertidur atau memalingkan muka, mereka mungkin sudah kenyang.

Usia 3 bulan

Pada usia 3 bulan, bayi akan membentuk keterikatan yang kuat dengan Anda. Mereka akan merespons dengan banyak senyuman, dan Anda benar-benar dapat menikmati memiliki bayi saat mereka tumbuh.

Tetapi dari 3 bulan banyak bayi mulai 'tidur nyenyak' (yang berarti tidur selama 5 atau 6 jam di malam hari). Tetapi jangan khawatir jika bayi Anda tidak melakukan ini, karena setiap bayi berbeda.


Usia 4 bulan

Bayi Anda akan terus bertambah berat badannya - mungkin sekitar 0,45 kg hingga 0,56 kg sebulan. Tulang mereka akan tumbuh dengan cepat dan mereka akan bertambah panjang.

Seiring dengan pertumbuhan fisiknya, bayi berusia 4 bulan belajar lebih banyak tentang tempatnya di dunia.

Mereka akan mulai menunjukkan minat pada makanan padat dan banyak dari keterampilan baru mereka yang mempersiapkan mereka untuk mengunyah.

Usia 5 bulan

Bayi Anda akan tumbuh dan berkembang pesat sekarang. Mereka belajar lebih banyak tentang dunia dan bagaimana mereka cocok dengannya.

Banyak hal baru yang dipelajari bayi pada usia 5 bulan, karenanya perlu mempersiapkan mereka untuk makan makanan padat.

Biasanya dianjurkan untuk memasukkan makanan padat pada usia 6 bulan, tetapi beberapa bayi sudah siap sejak 4 bulan. Jadi, jika menurut Anda sudah waktunya, tidak apa-apa untuk mulai bereksperimen dengan zat padat sekarang.

Usia 6 bulan

Enam bulan adalah waktu yang menyenangkan dan bayi Anda sekarang akan berkembang sangat cepat. Otak bagian kiri akan mulai berkomunikasi dengan bagian kanan, artinya mereka dapat mengkoordinasikan tubuh dengan lebih baik.

Anda akan memahami bayi jauh lebih baik sekarang karena mereka memberi tahu Anda apakah dia bahagia atau sedih dan mulai menanggapi kata-kata.


Usia 7 bulan

Bayi Anda yang berusia 7 bulan tumbuh dengan cepat dan bahkan mungkin bisa duduk sendiri dan makan makanan padat.

Mereka mungkin mengunyah, memegang botol atau memasukkan makanan ke dalam mulut mereka. Saat memberi makan, cobalah dengan makanan lunak, tetapi hindari susu sapi dan susu kambing, madu, garam, gula, mentega, atau jus buah.

Jangan pula memberi bayi sesuatu yang keras yang dapat membuatnya tersedak, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, wortel mentah, batang seledri, atau potongan apel.

Usia 8 bulan

Pada usia 8 bulan, bayi Anda akan mulai menjelajahi dunia kecilnya. Anak Anda yang berusia 8 bulan mungkin menyukai segala hal dan sering berpindah-pindah saat mereka menjelajahi dunia.

Ini berarti lebih banyak pekerjaan untuk Anda, tetapi sangat menyenangkan melihat ketertarikan mereka tumbuh.

Usia 9 bulan

Anak Anda yang berusia 9 bulan, sekarang, benar-benar akan mengembangkan kepribadiannya. Mereka akan membentuk keterikatan yang lebih kuat dengan beberapa orang, lebih memilih beberapa daripada orang lain.

Sekitar usia 9 bulan, otak bayi juga mengalami percepatan pertumbuhan. Mereka akan benar-benar mengembangkan kepribadiannya dan Anda akan melihat sekilas tentang anak yang akan mereka tumbuhkan.

Usia 10 bulan

Anak berusia 10 bulan akan sangat aktif. Sebagai orang tua, Anda mungkin akan mengejar mereka saat mereka merangkak, dan belajar lebih banyak tentang perkembangan kepribadian mereka.

Usia 11 bulan

Pada usia 11 bulan, bayi Anda hampir berusia balita - Anda mungkin akan terkejut betapa cepatnya mereka dapat bergerak di sekitar rumah dan betapa mandirinya mereka.

Usia 12 bulan

Pada usia 12 bulan, bayi Anda sekarang adalah balita. Jika mereka belum melakukannya, tidak akan lama lagi mereka akan mengambil langkah pertama, mengembangkan selera humor, dan memberi tahu bahwa mereka mencintai Anda.


Baca juga artikel terkait TAHAPAN PERKEMBANGAN BAYI atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight