Palapa Ring Tengah Rampung, Kemenkeu: Investor Ikut Danai

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 18 Januari 2019
Penjaminan oleh PT PII, diklaim telah berhasil menarik minat investor swasta untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur.
tirto.id - Sistem telekomunikasi berbasis jaringan kabel fiber optik, Palapa Ring Tengah senilai Rp1,7 triliun selesai dibangun pada Desember 2018.

Proyek tersebut merupakan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan, penjaminan oleh PT PII, diklaim telah berhasil menarik minat investor swasta untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur.

“Dengan adanya jaminan yang diberikan oleh PT PII selama 15 tahun kepastian pembayaran, kita bisa menarik swasta untuk bisa ikut mendanai. Kita bisa membangun secara cepat dengan jaminan, dan oleh karena itu sumber daya yang berasal dari swasta maupun sumber daya yang lain bisa ikut secara gotong royong,” ujar dia dalam keterangan tertulis kepada Tirto, Jumat (18/1/2019).


Proyek ini, kata dia, menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjalin kerja sama dengan badan usaha (investor) dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Proyek ini memperoleh dukungan fasilitasi pendampingan proses transaksi dan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment (AP) dari Kementerian Keuangan.

Komponen yang dibiayai AP adalah biaya modal, biaya operasional, dan keuntungan wajar yang diinginkan badan usaha.


Baca juga artikel terkait PALAPA RING atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali