Kecepatan Internet Palapa Ring Tengah Tembus 40 Mbps

Oleh: Ibnu Azis - 3 Januari 2019
Kapasitas Palapa Ring Tengah mencapai 100 Gbps dengan kecepatan internet mencapai 40 Mbps yang semula berkisar 2 Mbps.
tirto.id - Menteri Kominfo Rudiantara bersama jajarannya mencoba kecepatan internet jaringan Palapa Ring Tengah di Desa Muhajirin Baru, Morotai, Maluku Utara, Rabu (2/1/2018) kemarin. Menurut Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Bambang Noegroho, kecepatan internet tembus 40 Mbps.

"Kecepatan internet pada saat [diuji menggunakan] Speedtest bisa mencapai 40 Mbps untuk unduh, sedangkan untuk unggah mencapai 7 Mbps," katanya dalam rilis Kominfo dikutip Kamis (3/1).

Ia berharap, dengan adanya proyek strategis pemerintah ini bisa mengatasi kesenjangan akses telekomunikasi dan internet merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Selain merata, mimpi internet cepat juga akan terwujud," tambahnya.

Dalam uji coba tersebut, Menteri Kominfo juga melakukan video call dengan Menteri Desa Pemberdayaan, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta.

Rudiantara mengatakan, sinergi antar Kementerian/Lembaga akan semakin optimal dengan pemanfaatan Palapa Ring Tengah. Bahkan, ke depannya Pemerintah segera menghubungkan seluruh desa dengan internet.

"Bisa dibayangkan ke depan, seorang Menteri Desa dapat berhubungan langsung dengan tiga kepala desa sekaligus dari 75.000 kepala desa hanya dengan menggunakan ponsel saja. Inilah bentuk cepatnya perkembangan teknologi yang kita bisa manfaatkan untuk bangsa ini," tambahnya.

Adapun proyek strategis Palapa Ring Paket Tengah telah rampung 100 persen pada tanggal 21 Desember 2018 lalu, dengan kapasitas mencapai 100 Gbps.

Menurut Bambang, kecepatan akses di Terminal Station Morotai mencapai 40 Mbps sementara kecepatan akses di sekitar Taman Kota Morotai mencapai 30 Mbps. Kecepatan ini mengalami peningkatan dari sebelumnya yang hanya berkisar 2 Mbps.

Jaringan Palapa Ring Tengah akan melayani 17 kabupaten/kota serta 10 kabupaten/kota yang merupakan titik interkoneksi dengan jaringan tulang punggung serat optik.


Baca juga artikel terkait PALAPA RING atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live