Olimpiade Musim Dingin 2018 akan Gunakan Teknologi 5G Pertama Kali

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 9 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Ratusan kamera yang terhubung dengan jaringan 5G telah dipasang di Olympic Ice Arena untuk menangkap gambar terbaik dari para atlet.
tirto.id - Intel dan Samsung bekerja sama dengan KT (Korean Telecom), mewujudkan penggunaan teknologi 5G di ajang Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan untuk pertama kalinya.

Dengan menggunakan teknologi ini, penonton akan disuguhi pertandingan dengan gambar yang lebih jelas. Penonton juga bisa menyaksikan streaming olimpiade ini dengan resolusi tinggi dengan kecepatan gigabyte dan latensi rendah.

Seratus kamera telah dipasang di sekitar Olympic Ice Arena untuk menangkap gambar dari berbagai sudut atau 360 derajat di arena tersebut. Kamera akan merekam secara real time dan mengirimkannya ke server terdekat.

Rekaman tersebut kemudian akan dikirim melalaui jaringan 5G KT ke pusat data, di mana server yang menggunakan prosesor Intel akan memproses rekaman tanpa jeda. Kemudian, rekaman akan dikirimkan melalui Platform Percobaan Mobile 5G Intel yang menyediakan konektivitas dengan kecepatan gigabyte.

Beberapa kamera yang telah terhubung dengan jaringan 5G telah dipasang di sepanjang jalur lintas Alpensia, untuk menangkap gambar pemain ski saat melakukan aksi mereka. Kamera dengan teknologi omniview dan multi-angle juga sudah dipasang di lereng-lereng agar bisa menangkap gambar atletik dengan bantuan sensor GPS.

Seperti dirilis PyeongChang 2018, KT juga membuat "Gwanghwamun KT live site" untuk memfasilitasi penduduk Seoul yang tidak bisa melihat olimpiade secara langsung. Fasilitas ini juga menggunakan teknologi 5G.

Di tempat duduk VIP dan area penonton, Samsung menyediakan tablet dengan jaringan 5G yang bisa menayangkan siaran langsung olimpiade, beserta data atlet dan statistik pertandingan.


Bagi penonton yang tidak bisa masuk ke jaringan "5G Connected", bisa melihat pertandingan di setiap sudut Pavilion melalui jaringan 5G di KT live site, Gwanghwamun, Seoul.

Dengan teknologi 5G ini, penonton bisa merasakan pengalaman menonton Olimpiade Musim Dingin yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan akan berlangsung pada Jumat (9/2/2018). Upacara tersebut dijadwalkan akan dimulai pukul 20.00 waktu Pyeongchang, Korea Selatan atau pukul 18.00 WIB.

Sedangkan upacara penutupan akan berlangsung pada Minggu (25/2/2018). Upacara pembukaan dan penutupan akan bertempat di PyeongChang Olympic Stadium, sebuah bangunan sementara dengan kapasitas untuk 35.000 penonton.


Baca juga artikel terkait OLIMPIADE MUSIM DINGIN 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight