Mudik Lebaran 2018: Kereta Sleeper Jakarta-Surabaya Terisi Penuh

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 12 Juni 2018
Saat ini harga yang diterapkan adalah harga promo, yaitu Rp900.000.
tirto.id - Kereta api sleeper kelas luxury (mewah) milik PT Kereta Api Indonesia terisi penuh saat operasi tes pasar pada Selasa (12/6/2018) pagi rute Jakarta-Surabaya.

Direktur Utama PT KAI Edy Sukmoro dalam pelepasan kereta sleeper di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018) menilai masyarakat meminati kereta dengan pelayanan lebih, yang nyaman dan bisa langsung istirahat atau tidur.

"KA ini diberikan kepada masyarakat yang menghendaki istirahat langsung, sebab itu masuknya KA jarak jauh, sehingga sampai tempat tujuan kembali segar dan bisa bekerja dan beraktivitas," katanya.

Dia mengatakan untuk pengoperasian resmi pada 12 Juni 2018, baru empat kereta yang akan dijalankan, yaitu dalam rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasar Turi PP.

Saat ini harga yang dikenakan masih harga promo, yaitu Rp900.000, namun setelah satu bulan ke depan akan berlaku harga normal.

"Normalnya akan dihitung ulang, yang pasti akan lebih tinggi sedikit dari Priority, tetapi yang pertama memang tes market dulu apakah ini diminati," katanya.


Kereta tersebut merupakan buatan dalam negeri, yaitu PT INKA yang mana akan ditambah pemesanan apabila terdapat banyak permintaan.

Layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat dapat dinikmati pengguna jasa kereta sleeper selama perjalanannya, mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik.

Kursi juga dilengkapi hiburan pribadi (private entertainment) berupa TV 12 Inchi dengan headset, charger USB, meja lipat, bantal, selimut, tempat sampah, tempat gelas, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah dan gantungan baju dan seluruhnya tersedia di kursi perseorangan.

Selain itu, pengguna jasa layanan kelas mewah sleeper juga akan mendapat layanan makan, minum dan makanan ringan secara gratis. Dalam satu kereta sleeper, hanya akan terdiri dari 18 orang penumpang, sehingga lebih nyaman.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra