Microsoft Perbarui Sejumlah Aplikasi di Windows 11

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 13 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Windows 11 segera dirilis dengan membawa pembaruan pada aplikasi Mail, Calculator, Calendar, dan Snipping Tool.
tirto.id - Microsoft memberikan berbagai pembaruan di beberapa aplikasi yang dimiliki Windows 11. Aplikasi utama dalam sistem operasi tersebut yang memperoleh sentuhan baru adalah Mail, Calendar, Calculator, dan Snipping Tool. Semua pembaruan tersebut dapat diunduh dalam Windows Store.

Melansir situs Arstechnica, perubahan pada Mail, Calendar, dan Calculator sebagian besar dilakukan pada penampilannya saja. Misalnya adalah menghilangkan sudut persegi dari Windows 8 dan 10, lalu mengubahnya tampak lebih lembut dan membulat. Sementara untuk pembaruan yang mendapatkan perombakan lebih dilakukan Microsoft pada fitur Snipping Tool.

Lantas, apa itu Snipping Tool? Ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan crop gambar pada layar komputer dan menyimpannya dalam file. Aplikasi ini mirip fitur print screen yang melakukan tangkapan layar. Kendati demikian, area yang hendak disimpan bisa ditentukan sendiri oleh para penggunanya.

Namun, terdapat perbedaan Snipping Tool di Windows 11 karena telah digabungkan dengan aplikasi Snip & Sketch pada Windows 10. Salah satu efek pembaruannya adalah menghilangkan pesan mengganggu selama aplikasi digunakan.

Selain itu, aplikasi Snipping Tool terbaru diberikan tombol untuk mengubah jenis tangkapan layar akan diambil atau ditunda. Tool anotasi tangkapan layar juga diberi pengemasan lebih modern, sehingga tidak lagi seperti tampilan pada Windows 7. Pada pengguna Snip & Sketch bisa mencoba melakukan tangkapan layar ini dengan tombol pintasan Windows + Shift + S.

Sebagaimana dilaporkan The Verge, Snipping Tool turut dibekali dengan mode gelap. Fitur memungkinkan aplikasi tersebut lebih cocok dengan tema Windows 11.

Sementara itu, aplikasi Calculator diberikan tema yang terpisah dari yang dipakai pada Windows 11. Microsoft juga menulis ulang kalkulator dalam C# yang memungkinkan bagi pengembang untuk berkontribusi untuk kinerjanya melalui GitHub.

Isunya, pembaruan yang dilakukan pada Windows 11 jauh lebih banyak lagi. Windows ingin merilisnya tepat waktu, yang kemungkinan dilakukan pada Oktober 2021.


Baca juga artikel terkait WINDOWS 11 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight