Menhub Sebut MRT Tahap III Mulai Dikerjakan Awal 2020

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 24 Maret 2019
MRT tahap pertama resmi dioperasikan pada hari ini bersamaan dengan ground breaking MRT tahap kedua. Sedangkan MRT tahap ketiga dimulai pada 2020 mendatang.
tirto.id -
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) tahap ketiga yang menghubungkan Barat wilayah Jakarta akan dimulai pada 2020 nanti.

Rencananya pembangunan akan dimulai dari Timur di Cikarang, Jawa Barat menuju Barat di wilayah Balaraja, Banten.

"Awal tahun depan mulai tahap 3 yaitu Timur ke Barat dari Cikarang ke Balaraja. Nanti kalo sudah terbangun semua kita sudah memiliki 100 km MRT," ucap Budi kepada wartawan usai acara peresmian MRT Fase I di sekitar Bundaran HI pada Minggu (24/3).

Budi mengatakan saat ini proses pembangunan MRT yang terdekat adalah MRT Tahap II yang menghubungkan wilayah Jakarta Utara. Prosesnya pun akan dimulai pada tahun 2019 ini menyusul diresmikannya MRT Fase I.

"Tahap II akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah ada. Karena kontraktor sudah ada, tender sudah ada," ucap Budi.

Sejalan dengan itu, Presiden Joko Widodo resmi memerintahkan agar pembangunan MRT Jakarta dilanjutkan. Dalam sambutannya di peresmian MRT Fase I, ia meminta agar MRT yang baru melayani rute Bundaran HI ke Lebak Bulus ini ditambah dengan rute yang menghubungkan wilayah Barat dan Timur.

"Tahun ini sudah saya perintahkan untuk rute timur barat juga dimulai tahun ini," ucap Jokowi dalam acara peresmian MRT Jakarta pada Minggu (24/3).

Tidak hanya itu, dalam 10 tahun ke depan Jokowi juga mencanangkan terdapat 231 km jalur MRT yang dibangun nantinya. Dengan demikian, pada 10 tahun ke depan pemerintah juga menargetkan area Jabodetabek terkoneksi melalui transportasi yang baru diresmikan tersebut.


Baca juga artikel terkait KERETA MRT atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Agung DH