Menuju konten utama
Siaran Pers

Mastercard & MRT Jakarta Rilis Kemitraan Strategis Kartu Top-up

Mastercard mengumumkan kemitraan strategis dengan MRT Jakarta untuk meningkatkan pengalaman bertransportasi penumpang secara nontunai.

Mastercard & MRT Jakarta Rilis Kemitraan Strategis Kartu Top-up
Dari kiri ke kanan: Farchad H. Mahfud, Direktur Pengembangan Bisnis, PT MRT Jakarta; Tuhiyat, Direktur Utama, PT MRT Jakarta; Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia; Hamid Farid, Vice President, Head of Market Development, PT Mastercard Indonesia. foto/Dok. Pers Rilis Mastercard

tirto.id - Mastercard dan PT MRT Jakarta (Perseroda), operator fasilitas dan infrastruktur MRT Jakarta mengumumkan kemitraan strategis untuk meningkatkan pengalaman bertransportasi secara nontunai.

Kolaborasi ini diumumkan saat acara peresmian Stasiun Senayan Mastercard, yang sebelumnya dikenal sebagai Stasiun Senayan pada Senin (18/12/2023).

Sebagai mitra strategis MRT Jakarta, Mastercard menghadirkan opsi yang nyaman untuk mengisi (top-up) dan membeli kartu MRT secara nontunai bagi para pengguna MRT Jakarta. Kini, penumpang dapat mengisi kartu MRT di semua loket MRT menggunakan kartu debit Mastercard.

Penumpang juga memiliki opsi untuk membeli tiket lewat aplikasi MyMRTJ menggunakan kartu kredit Mastercard, yang menandai penerimaan kartu kredit untuk pertama kalinya di aplikasi ini. Selain itu, semua kartu Mastercard dapat digunakan untuk membeli kartu MRT di semua loket stasiun.

Tuhiyat, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) mengatakan, MRT Jakarta terus mendorong kerja sama dan kolaborasi dalam memajukan sistem transportasi publik untuk mendukung gaya hidup masyarakat di berbagai bidang.

“Kemitraan antara MRT Jakarta dan Mastercard ini melengkapi dan menunjukkan bahwa MRT Jakarta merangkul dan terbuka dengan siapa saja dalam hal mengembangkan Jakarta sebagai episentrum ekonomi dan bisnis nasional. Ke depannya, kami berharap lebih banyak lagi kerja sama dan inovasi yang dapat dikolaborasikan dengan Mastercard untuk meningkatkan pengalaman penumpang MRT Jakarta,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diunggah Tirto, Rabu (20/12/2023).

Aileen Goh, President Director PT Mastercard Indonesia menyatakan, di Mastercard, pihaknya memanfaatkan jaringan dan teknologi global untuk membantu menjawab tantangan di sektor publik, seperti lewat digitalisasi layanan publik yang vital.

"Salah satunya adalah transformasi dalam sektor transportasi, di mana Mastercard bekerja sama dengan banyak mitra di seluruh dunia untuk memberikan pengalaman bertransportasi yang mudah dijangkau sehingga memacu peningkatan jumlah penumpang, serta meningkatkan efisiensi dan inovasi," kata Aileen.

Menurutnya, Kolaborasi pertama antara PT MRT Jakarta dan Mastercard di Indonesia bertujuan untuk memastikan akses transportasi yang lebih baik dan lebih mudah bagi penduduk dan wisatawan di Jakarta, dimulai dengan pembayaran nontunai yang nyaman dan aman.

"Karena mobilitas merupakan bagian penting dari sebagian besar penduduk, inisiatif ini dapat mengubah perilaku konsumen ke pembayaran nontunai secara lebih masif. Dengan demikian, hal ini dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan mendorong transformasi serta inklusi digital,” jelas Aileen.

Pengumuman kemitraaan ini menandai kolaborasi pertama antara Mastercard dan MRT Jakarta. Kemitraan ini merupakan bagian dari strategi besar Mastercard dan MRT Jakarta untuk meningkatkan mobilitas perkotaan di Indonesia, menjadi tonggak penting dalam menuju perubahan lanskap perkotaan yang lebih terintegrasi dan terdepan dalam era digital.

Kemitraan Mastercard MRT

Dari kiri ke kanan: Farchad H. Mahfud, Direktur Pengembangan Bisnis, PT MRT Jakarta; Tuhiyat, Direktur Utama, PT MRT Jakarta; Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia; Hamid Farid, Vice President, Head of Market Development, PT Mastercard Indonesia. foto/Dok. Pers Rilis Mastercard

MRT Jakarta mengalami pertumbuhan jumlah penumpang yang signifikan sejak pertama kali diluncurkan pada 2019. Hingga November 2023, jumlah penumpang rata-rata harian MRT Jakarta telah melonjak hingga menjadi 100.000 penumpang, melampaui target 70.000 penumpang per hari.

Dengan pembangunan fase 2 proyek konstruksi MRT Jakarta yang sedang berlangsung, jumlah penumpang dari Lebak Bulus sampai dengan Ancol diperkirakan mencapai 290.000 per hari.

Selama lebih dari satu dekade, Mastercard telah bekerja sama dengan berbagai operator transportasi umum dalam upaya mereka untuk meningkatkan efisiensi operasional sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna.

Setiap tahun, lebih dari 4 miliar transaksi mobilitas, meliputi transportasi umum dan pribadi, diproses melalui jaringan global Mastercard.

Di Indonesia, dengan memfasilitasi pembayaran non tunai di transportasi umum, yang merupakan rutinitias sehari-hari bagi jutaan masyarakat Indonesia, kemitraan MRT Jakarta dan Mastercard ini akan mendukung agenda Pemerintah Indonesia dalam mendorong transformasi digital dalam sektor transportasi.

Kerja sama ini selaras dengan komitmen global Mastercard untuk mendukung pemerintah di seluruh dunia dalam mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan efisien, serta menguntungkan masyarakat.

Dengan inisiatif baru melalui MRT Jakarta ini, Jakarta menjadi bagian lebih dari ratusan metropolitan di seluruh dunia termasuk Singapura, London, New York, dan Bangkok, di mana Mastercard telah membantu dalam penerapan sistem tranportasi yang nirsentuh (contactless).

Penulis: Tim Media Servis