Mengenal Perbedaan RAM dan ROM di Komputer: Cara Kerja & Fungsi

Oleh: Yudha Najib - 30 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
RAM dan ROM sama-sama berstatus sebagai memori, tetapi punya tugas dan fungsi berbeda.
tirto.id - Random Acces Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) adalah sistem memori di komputer hingga smartphone. Keduanya punya cara kerja dan fungsi berbeda, meski berstatus sama sebagai penyimpan data.

Dilansir dari Freefeast, RAM adalah sistem memori yang mampu mencadangkan semua data dalam jangka waktu tertentu. RAM dapat menyimpan data tanpa harus menggunakan daya lantaran terhubung dengan program sistem komputer.

Namun, RAM sering disebut dengan memori jangka pendek. Sebab, setelah kehilangan daya, semua data akan menghilang. Untuk menjalankan sistem operasi, ada batasan minimum dalam penggunaan RAM, seperti 1GB, 2GB, 4GB, dan lain sebagainya.

RAM terbagi menjadi dua jenis, yaitu Dynamic Random Acces Memory (DRAM) dan Synchoronus Random Acces Memory (SRAM).

Sementara ROM, memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara permanen. Ketika sumber dayanya mati, ROM tidak akan kehilangan datanya, lantaran dijalankan dan ditopang oleh baterai kecil yang terpasang pada komputer.

Terkait tugas, ROM punya fungsi utama untuk input dan output data, serta memegang kendali atas program perangkat lunak.

Biasanya ROM berbentuk chip, terletak di motherboard dan papan sirkuit. Tujuannya untuk mengatur input dan output dari sistem manajemen data dasar, serta membaca dan menulis ke perangkat.

ROM menyediakan instruksi yang diperlukan tentang cara perangkat saling terhubung dengan komponen lain. ROM biasanya digunakan sebagai firmware.

Firmware adalah sekumpulan program yang ditanamkan ke dalam mekanisme perangkat keras komputer. ROM umum dijumpai di antara media penyimpanan optik, seperti CD-ROM, CD-R (Compact Disc Recordable), dan CD-RW (Compact Disc Re-Writeable).

Sementara menurut situs web Geeks for Geeks, berikut adalah perbedaan antara RAM dan ROM:

RAM
Penyimpanan sementara
Volatile (mudah 'menguap')
Digunakan dalam operasi normal
Menulis data lebih cepat

ROM
Penyimpanan Permanen
Non-volatile (tidak mudah 'menguap')
Digunakan untuk proses startup komputer
Menulis data lebih lambat

Secara sederhana, ROM adalah tempat untuk menyimpan data internal yang juga bisa untuk menjalankan sistem operasi dan sistem lainnya.

RAM identik dengan memori utama perangkat yang tersedia untuk menjalankan program. RAM dan ROM satuannya biasanya disebut megabita hingga gigabita. Untuk RAM, proses kecepatannya biasa diukur dalam satuan waktu nanodetik.


Baca juga artikel terkait KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Yudha Najib
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yudha Najib
Penulis: Yudha Najib
Editor: Ibnu Azis
DarkLight