Mengenal Headphone TWS: Teknologi, Keunggulan, dan Kekurangan

Oleh: Adrian Samudro - 24 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
TWS pada umumnya ditemukan pada perangkat headphone terbaru yang biasa disebut dengan earbud atau true wireless headphone.
tirto.id - True Wireless Stereo atau yang disingkat TWS seringkali dikaitkan dengan perangkat nirkabel seperti headphone yang dirancang tidak memiliki kabel atau kawat penghubung apa pun.

Pada dasarnya TWS bekerja dengan gelombang radio yang didukung koneksi Bluetooth untuk bisa tersambung dengan perangkat lain seperti smartphone, laptop atau komputer.

Secara teknis, itu berarti TWS terhubung ke speaker utama melalui smartphone atau laptop. Kemudian speaker utama dihubungkan ke speaker slave melalui koneksi Bluetooth yang memungkinkan perangkat bisa menghasilkan suara berkualitas stereo.

Teknologi ini memang dirancang untuk memberikan pengalaman lebih baik dengan suara berkualitas stereo yang lebih nyata. Diperlukan 2 buah modul Bluetooth dengan fungsi TWS untuk bisa memanfaatkan teknologi tersebut.

TWS pada umumnya ditemukan pada perangkat headphone terbaru yang biasa disebut dengan earbud atau true wireless headphone. Perangkat ini biasanya terdiri dari dua modul earphone yang tampak seperti menempel di telinga ketika sedang digunakan.

Hal terbaik dari sistem nirkabel adalah perangkat jadi lebih mudah digunakan dan disimpan ketimbang headphone dengan kabel yang seringkali merepotkan.

Pasalnya, banyak orang yang merasa jengkel saat menggunakan headphone dengan kabel, apalagi ketika kusut, yang juga dapat membuat perangkat menjadi rusak jikalau sering dibiarkan terjadi.

Sebagai gantinya, headphone TWS tak lagi memakai kabel, melainkan baterai berkapasitas tinggi yang dapat membuatnya dapat tetap digunakan, lengkap dengan wadah yang berfungsi untuk pengisian daya sekaligus tempat penyimpanan.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan sinyal radio pada headphone ini, karena umumnya perangkat tersebut memiliki jangkauan sinyal sejauh 10 meter.

Jadi Anda bisa gunakan perangkat tersebut sembari melakukan kegiatan lain asalkan headphone dan perangkat Bluetooth (smartphone, laptop, dan sebagainya) yang terhubung tidak berada diluar jangkauan lebih dari 10 meter.

Namun, karena headphone TWS umumnya memiliki ukuran yang kecil dan sirkuit internal yang terbatas, perangkat ini cenderung kurang dalam mengatasi kebisingan dan meredam suara dari luar.

Perangkat ini juga seringkali dijual dengan harga yang relatif mahal di pasaran. Meski begitu harga yang ditaksir terbilang cukup masuk akal mengingat fitur didalamnya.

Tak hanya untuk mendengarkan musik dengan kualitas stereo, headphone ini juga berguna untuk panggilan telepon dan kegiatan lain yang memerlukan input output suara.


Baca juga artikel terkait HEADPHONE atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight