Manfaat Hidrasi Bagi Tubuh Selama Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Alexander Haryanto - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tetap terhidrasi tidak menutup kemungkinan bisa terlindungi dari virus corona, tetapi ini tetap penting untuk kesehatan.
tirto.id - Selama masa pandemi Covid-19 ini, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat guna mencegah terinfeksi virus, salah satunya memastikan tubuh agar tetap terhidrasi setiap hari.

Kebanyakan beraktivitas di dalam rumah kadang membuat kita kurang bergerak sehingga menyebabkan kulit terkena dehidrasi, terkena penyakit dan masalah kesehatan lainnya, demikian seperti diwartakan Antara.

Hidrasi tidak hanya membutuhkan cairan yang tepat untuk diminum, tetapi juga menjaga keseimbangan yang tepat dalam tubuh Anda.

Jumlah yang dibutuhkan tubuh agar tetap terhidrasi tidak sama satu dengan yang lainnya, tergantung usia dan ukuran tubuh. Tetapi, paling tidak mengonsumsi air delapan gelas setiap hari termasuk yang disarankan.

Bagi anak-anak, mungkin bisa meminum lima hingga enam gelas per hari. Sementara bagi remaja, mungkin lebih dari 10 gelas setiap hari.

Namun demikian, tetap terhidrasi juga tidak menutup kemungkinan bisa terlindungi seratus persen dari virus corona, tetapi ini tetap penting untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat hidrasi bagi kesehatan seperti dilansir Medical Daily:

1. Menjaga suhu tubuh

Hidrasi bisa membantu mengatur suhu tubuh, hal ini sangat penting apalagi jika berolahraga setiap hari. Sebab, dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan di saat melakukan latihan atau olahraga.

2. Membantu mencegah sembelit

Sembelit biasanya disebabkan karena kurang meminum cairan setiap hari. Walaupun mengonsumsi serat dan makan bisa mengurangi kemungkinan mengalami konstipasi, meminum air yang cukup dan sesuai takaran setiap hari sangat dianjutkan untuk kesehatan.

3. Menjaga kesehatan ginjal dan jantung

Memastikan tubuh tetap terhidrasi sangat penting karena mengalami dehidrasi bisa berpengaruh terhadap kesehatan kesehatan jantung, fungsi ginjal, keseimbangan elektrolit, dan fungsi tubuh lainnya secara negatif.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi cairan yang cukup setiap harinya juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting, apalagi bila sudah sakit karena virus.

Pastikan kebutuhan cairan tercukupi sepanjang hari, apalagi bagi yang menderita gejala gastrointestinal seperti muntah, diare, atau mual. Gejala gastrointestinal termasuk penyebab utama dehidrasi pada anak-anak.

5. Menjaga kesehatan kulit

Dehidrasi bisa membuat kulit menjadi kurang elastis, sehingga menjadi kering dan kasar. Meskipun belum ada penelitian yang mengkonfirmasi informasi tersebut, namun sebuah laporan menunjukkan banyak orang yang mengalami perbaikan kulit melalui hidrasi.


Baca juga artikel terkait HIDRASI atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight