Makanan yang Bermanfaat untuk Mencegah Kebotakan

Oleh: Febri Eka Pambudi - 18 Oktober 2019
Dibaca Normal 3 menit
Dari 2.000 pria yang mereka survei terkait masalah penuaan dini, sebanyak 94 persen menyatakan kebotakan menjadi hal yang paling mereka khawatirkan.
tirto.id - Salah satu permasalahan yang dikhawatirkan banyak pria adalah rambut rontok atau kebotakan. Namun, kerontokan dapat dicegah dengan pola hidup yang hidup sehat (makanan), dan juga obat-obatan seperti Shampo dan kondisioner yang dianjurkan.

Seperti dilansir Etimes, rambut rontok adalah salah satu masalah paling umum di seluruh dunia. Kerontokan rambut juga disebabkan oleh berbagai faktor seperti diet, kekurangan mineral, obat-obatan, stres, polusi dan genetika.

Mencegah rambut rontoh bisa melalui perawatan khusus, seperti detox pada rambut atau bahkan obat-obatan pencegah kerontokan. Namun, ada juga beberapa makanan yang dapat mencegah rambut rontok. Berikut ini beberapa makanan yang bisa mencegah kerontokkan pada rambut menurut Healthline.

1. Telur


Telur adalah sumber protein dan biotin, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Makan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kekurangan protein dalam diet telah terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang dengan defisiensi biotin.

Namun, kekurangan biotin jarang terjadi jika Anda mengonsumsi makanan dengan seimbang. Ada sedikit bukti yang menunjukkan orang sehat mendapat manfaat dari mengonsumsi lebih banyak biotin telur juga merupakan sumber seng, selenium, dan nutrisi sehat lainnya untuk rambut. Ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan rambut yang optimal.

2. Berry

Buah berry kaya dengan senyawa dan vitamin bermanfaat yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini termasuk vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut terhadap kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul-molekul ini ada secara alami di dalam tubuh dan lingkungan.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin A membantu kelenjar kulit memproduksi sebum. Zat berminyak ini membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat.

Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati, yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme Anda dan membantu pertumbuhan dan perbaikan. Selain itu, kerontokan juga sering dikaitkan dengan kekurangan zat besi.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, herring dan makarel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Jenis ikan tersebut adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.

5. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang dapat menjaga kesehatan rambut. Ubi jalar sedang (sekitar 114 gram) mengandung cukup beta-karoten untuk menyediakan lebih dari empat kali lipat kebutuhan vitamin A harian.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A meningkatkan produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

6. Alpukat

Alpukat adalah buah yang menjadi sumber lemak sehat. Selain itu, Alpukat juga merupakan sumber vitamin E, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Satu alpukat sedang (sekitar 200 gram) menyediakan 21 persen dari kebutuhan vitamin E harian Anda. Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Alpukat adalah sumber asam lemak esensial. Lemak-lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi merupakan bahan pembangun penting dari sel-sel Anda. Kekurangan asam lemak esensial telah dikaitkan dengan kerontokan rambut

7. Kacang

Kacang-kacangan mengandung beragam nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Misalnya, satu ons (28 gram) almond memberikan 37 persen kebutuhan vitamin E harian.

Selain itu, ada kandungan beragam vitamin B, seng, dan asam lemak esensial. Kekurangan salah satu dari nutrisi ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.

8. Biji

Mengonsumsi biji-bijian memberikan nutrisi dalam jumlah besar dengan kalori yang relatif sedikit sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini termasuk vitamin E, seng dan selenium.

9. Paprika manis

Paprika adalah sumber vitamin C, yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, yang dapat membantu memperkuat helai rambut Anda. Ini juga merupakan antioksidan kuat, yang dapat melindungi rambut dari stres oksidatif atau sering disebut beruban.

Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas membanjiri sistem pertahanan antioksidan tubuh. Ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut dan rambut yang mulai memutih.

10. Tiram

Tiram adalah salah satu sumber makanan seng terbaik yang membantu mendukung siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi kandungan seng juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Itulah sebabnya mendapatkan seng dari makanan seperti tiram mungkin lebih baik daripada mengonsumsi suplemen, karena makanan menyediakan seng dalam dosis kecil tetapi sehat

11. Udang

Udang adalah kerang populer yang kaya akan banyak nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut. Udang adalah sumber protein, vitamin B, seng, zat besi dan vitamin D. 3,5 ons (100 gram) porsi udang menyediakan 38% dari kebutuhan vitamin D harian.

Meskipun sangat rendah lemak, udang juga menyediakan sejumlah kecil asam lemak omega-3. Diet yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

12. Kacang polong

Kacang adalah sumber protein nabati yang penting untuk pertumbuhan rambut. Seperti tiram, kacang-kacangan adalah sumber seng yang baik, yang membantu pertumbuhan dan perbaikan siklus rambut. Satu porsi 3,5 gram (100 gram) kacang hitam menyediakan 7% dari kebutuhan seng harian.

Kacang juga menyediakan banyak nutrisi sehat rambut lainnya, termasuk zat besi, biotin dan folat, Di atas semua manfaat ini, kacang sangat fleksibel dan murah, yang membuatnya menjadi tambahan yang mudah untuk diet.

13. Kedelai

Kedelai dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena terdapat senyawa spermidine. Sebuah penelitian menunjukkan 100 orang sehat menemukan bahwa suplemen nutrisi berbasis spermidine memperpanjang fase pertumbuhan rambut aktif yang disebut fase anagen. Semakin lama folikel rambut berada dalam fase anagen, semakin lama akan tumbuh. Studi tabung juga menunjukkan bahwa spermidine meningkatkan pertumbuhan rambut manusia.

14. Daging

Daging merupakan makanan pokok bagi banyak orang dan kaya akan nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Protein dalam daging membantu pertumbuhan dan memperkuat folikel rambut. Satu porsi steak sirloin matang 3,5 ons (100 gram) menghasilkan protein sebanyak 29 gram (45).

Daging merah, khususnya, kaya akan jenis zat besi yang mudah diserap. Mineral ini membantu sel darah merah mengirimkan oksigen ke semua sel dalam tubuh, termasuk folikel rambut



Baca juga artikel terkait RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Febri Eka Pambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febri Eka Pambudi
Penulis: Febri Eka Pambudi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight