Lowongan PT KAI 2021: Tahapan Seleksi, Call Center & Ketentuan Lain

Oleh: Abdul Hadi - 24 September 2021
Dibaca Normal 3 menit
Berikut adalah syarat, ketentuan, formasi, dan kriteria pelamar PT KAI 2021. Lowongan ditutup hari ini.
tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka lowongan kerja untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan S1. Lowongan kerja terbaru PT KAI ini dibuka sejak 18 dan berakhir hari ini, Jumat 24 September 2021.

PT KAI sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa angkutan perkeretaapian dan bisnis usaha penunjang lainnya.

Lowongan kerja PT KAI ini terbuka untuk beberapa posisi sebagai berikut:

  1. Masinis (SMA/SMK/D3)
  2. Kondektur (SMA/SMK)
  3. Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) (SMA/SMK/D3/S1)
  4. Pengawas Stasiun (SMA/SMK/D3/S1)
  5. Petugas Langsir (PLR)/Petugas Rumah Sinyal (PRS) (SMA/SMK)
  6. Petugas Negatif Cek Listrik Aliran Atas (PNC LAA) (D3)
  7. Petugas Negatif Cek Sintelis (PNC Sintelis)
  8. Operator KPJR (D3)
  9. Teknisi Workshop Depo Mekanik JJ (SMA/SMK/D3)
  10. Satker Teknisi Jalan Rel dan Jembatan (SMA/SMK/D3/S1)
  11. Teknisi Pemeliharaan Sarana (SMA/SMK/D3)
  12. Staff Administrasi (D3/S1)
  13. Operator KPJR (SMA/SMK)
  14. Staff Pelayanan (SMA/SMK/D3/S1)
Setiap posisi PT KAI di atas mensyaratkan ketentuan dan dokumen administratif tertentu. Detailnya dapat dilihat di sini.

Tahapan seleksi PT KAI ini terdiri dari lima tahap, mulai dari seleksi administrasi, seleksi kesehatan awal, seleksi psikologi, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir.

Jika pelamar diterima maka ia harus bersedia untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan ditempatkan di cabang PT KAI mana saja di seluruh Indonesia. Selain itu, pemilihan lokasi seleksi tidak menentukan penempatan calon pekerja.

Apabila pelamar sudah bekerja sebelumnya, ia harus bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lain.

Kriteria Pelamar PT KAI 2021

1. Warga Negara Indonesia (WNI);
2. Jenis Kelamin Pria/Wanita;
3. Sehat jasmani/rohani;
4. Memiliki :
  • Ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol);
  • Khusus untuk SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) yang lulus pada tahun 2020 dan 2021, menggunakan nilai pada ijazah dengan nilai rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol) atau 70 (tujuh puluh);
  • Ijazah D3 dengan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "B" dari BAN-PT;
  • Ijazah D4/S1 dengan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan "A" dari BAN-PT.
5. Usia pelamar per 01 September 2021 :
  • Tingkat SLTA serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun;
  • Tingkat D3 serendah-rendahnya 20 (dua puluh) tahun dan setinggi-tingginya 27 (dua puluh tujuh) tahun;
  • Tingkat D4/S1 serendah-rendahnya 21 (dua puluh satu) tahun dan setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun.
6. Memiliki tinggi badan :
  • Pria minimal 160 cm dengan berat badan ideal;
  • Wanita minimal 155 cm dengan berat badan ideal;
  • Khusus Pria Formasi Masinis, Kondektur, PPKA, Pengawas Stasiun dan Petugas Langsir (PLR)/Petugas Rumah Sinyal (PRS) minimal 165 cm dengan berat badan ideal;
  • Khusus Wanita Formasi Masinis, PPKA dan Pengawas Stasiun minimal 160 cm dengan berat badan ideal.
7. Berpenampilan menarik;
8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku;
9. Tidak bertato dan tidak bertindik (pria);
10. Tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang (BNN/Kepolisian);
11. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
12. Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat;
13. Tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan;
14. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan;
15. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia recruitment PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2021.

Persyaratan Pelamar PT KAI 2021
  • Pas foto terbaru background berwarna biru, menggunakan kemeja putih;
  • Ijazah SLTA/D3/D4/S1 asli atau fotocopy legalisir;
  • Transkrip D3/D4/S1 atau Nilai Ujian Nasional asli (SKHUN) atau fotocopy legalisir;
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan yang masih berlaku;
  • Akreditasi jurusan program studi D3/D4/S1 pada saat tanggal kelulusan;
  • Sertifikat TOEFL ITP/TOEFL PBT/iBT/IELTS/TOEIC dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi yang masih berlaku, untuk tingkat pendidikan D3/D4/S1 dan khusus untuk formasi SLTA - Kondektur.
Prosedur Registrasi dan Pelamaran PT KAI 2021
  • Pelamar wajib memiliki akun PT KAI di situs web https://recruitment.kai.id/. Calon pelamar yang belum memiliki akun, terlebih dahulu melakukan registrasi dan mengunggah dokumen sesuai persyaratan lamaran.
  • Calon pelamar wajib memastikan bahwa email yang digunakan saat registrasi adalah email aktif dan data yang diinput harus sesuai identitas diri seperti KTP, Ijazah, dan sebagainya, serta tidak melakukan perubahan data/dokumen setelah melakukan pelamaran sampai proses rekrutmen selesai.
  • Calon pelamar yang sudah memiliki akun di situs web https://recruitment.kai.id/ harus memastikan bahwa dokumen persyaratan lamaran sudah diunggah di akun pelamar yang ada di situs web.
  • Khusus bagi calon pelamar yang akan memilih formasi D3-Masinis selain harus mengupload persyaratan ijazah, transkrip nilai dan akreditasi jenjang pendidikan D3, wajib mengunggah ijazah SMA/MA jurusan IPA atau SMK/MAK jurusan listrik/mesin/otomotif yang dimiliki pada menu unggah dokumen. Selain ijazah SLTA yang dipersyaratkan maka dianggap tidak memenuhi syarat.
  • Bagi calon pelamar yang berminat mengikuti rekrutmen sesuai formasi yang ditawarkan, wajib melakukan proses apply pada akun masing-masing mulai tanggal 18 September 2021 s.d 24 September 2021 dan hanya bisa mengikuti 1 (satu) event rekrutmen saja.
  • Bagi calon pelamar yang sudah melakukan unggah dan melengkapi data, tetapi tidak melakukan proses apply di akunnya pada tanggal 18 September 2021 s.d 24 September 2021, dianggap tidak mengikuti kegiatan rekrutmen ini.
  • Lokasi seleksi berdasarkan pemilihan lokasi daerah (Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 8 Surabaya, Divre I Sumatera Utara, Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang) oleh pelamar pada saat melakukan apply (pendaftaran) dan/atau kebijakan panitia rekrutmen.
  • Pelamar yang lulus seleksi tahap I (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap II (Seleksi Kesehatan Awal) yang rencananya akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober 2021 melalui situs web https://recruitment.kai.id/.
  • Seluruh informasi mengenai rekrutmen hanya dapat dilihat melalui website resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan alamat: https://recruitment.kai.id/.
  • Rekrutmen PT Kereta Api Indonesia tidak dipungut biaya apa pun dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen dan dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan pelamar.
  • Seleksi penerimaan pekerja menggunakan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
Untuk mengetahui tata cara dan prosedur lamaran lowongan PT KAI 2021, unduh Buku Panduan Pendaftaran PT KAI di tautan di sini. Pertanyaan lebih lanjut mengenai rekrutmen terbaru PT KAI dapat menghubungi Call Center KAI di 121/021 121.


Baca juga artikel terkait PT KAI atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight