Lirik Lagu Garuda Pancasila: Makna, Arti, & Pencipta Mars Pancasila

Penulis: Yulaika Ramadhani, tirto.id - 23 Sep 2022 12:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu "Garuda Pancasila" yang diciptakan oleh Sudharnoto, mempunyai makna penting tentang perjuangan & Pancasila sebagai dasar negara.
tirto.id - Lirik lagu "Garuda Pancasila" diciptakan oleh Sudharnoto mempunyai makna penting yang menjelaskan tentang perjuangan dan pengorbanan rakyat Indonesia, serta tentang Pancasila sebagai dasar negara.

Garuda Pancasila merupakan lambang negara sebagai salah satu identitas bangsa Indonesia untuk merayakan perbedaan dan keberagaman. Oleh para pendahulu bangsa, lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia ini divisualisasikan sebagai Garuda Pancasila dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika" sebagai bentuk sintesis dari persatuan.

Disarikan dari dari jurnal Proses Penetapan Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia Tahun 1949-1951 (2014), kisah mitologi burung Garuda yang menyelamatkan ibunya dari perbudakan menjadi salah satu alasan mengapa garuda dijadikan sebagai lambang negara Indonesia.

Indonesia dirasa memiliki kesamaan nasib dengan Garuda untuk membebaskan rakyatnya dari penjajahan dan penindasan.

Selain itu, Sultan Hamid II menjadikan Garuda sebagai inspirasi karena kebesaran dan kegagahan burung mitologi tersebut. Sultan Hamid II berharap Indonesia yang baru terbentuk itu dapat menjadi negara yang besar dan kuat sebagaimana burung Garuda.



Lirik lagu Garuda Pancasila


Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju, maju
Ayo maju, maju
Ayo maju, maju!



Makna Lagu Garuda Pancasila

Lagu Garuda Pancasila diciptakan oleh Sudharnoto. Selain menggubah “Mars Pancasila” yang kini dikenal sebagai lagu “Garuda Pancasila”, Sudharnoto juga telah banyak menciptakan lagu di antaranya “Asia-Afrika Bersatu”, “Dunia Milik Kita” dan “Bunga Sakura".

Lirik lagu ini berisi tentang semangat perjuangan dan kesetiaan rakyat Indonesia kepada Pancasila sebagai ideologi dan falsafah negara. Sudharnoto adalah seniman Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra).

Makna lirik lagu Garuda Pancasila “Akulah Pendukungmu” memiliki arti bangsa Indonesia perlu menjunjung tinggi Pancasila sebagai bukti kedaulatan bangsa dan negara.

Lirik Garuda Pancasila “Patriot Proklamasi, Sedia berkorban untukmu” mempunyai arti pejuang kemerdekaan dan seluruh warga Indonesia akan selalu siap berkorban untuk Indonesia.

Sementara itu, lirik “Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa” jelas menyatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara akan membawa keadilan, kemakmuran, dan kedamaian sentosa akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Lirik Garuda Pancasila “Pribadi bangsaku, ayo maju maju, ayo maju maju, ayo maju maju” bermakna mendorong bangsa Indonesia untuk selalu pantang menyerah dan selalu maju pantang mundur dalam membangun negeri.



Baca juga artikel terkait LIRIK LAGU atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight