Menuju konten utama

Link Rekrutmen PATT BPJS 2025 Disabilitas, Syarat, dan Jadwal

BPJS Kesehatan membuka lowongan Pegawai Administrasi Tidak Tetap (PATT) penyandang disabilitas. Cek link rekrutmen PATT BPJS 2025, syarat, dan jadwalnya.

Link Rekrutmen PATT BPJS 2025 Disabilitas, Syarat, dan Jadwal
Ilustrasi Rekrutmen. foto/istockphoto

tirto.id - BPJS Kesehatan membuka lowongan kerja Pegawai Administrasi Tidak Tetap (PATT) khusus penyandang disabilitas. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Juni 2025. Calon pendaftar dapat mengakses link rekrutmen PATT BPJS 2025 khusus penyandang disabilitas beserta syarat dan jadwalnya.

Rekrutmen Pegawai Administrasi Tidak Tetap (PATT) memberi kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam layanan kesehatan yang lebih inklusif dan bermakna. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman resmi BPJS Kesehatan dan bersifat gratis.

Pendaftar yang dinyatakan lolos akan ditempatkan di Kantor Pusat Jakarta. BPJS Kesehatan merupakan Lembaga negara yang mengemban tugas dalam menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional yang termasuk dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Syarat Rekrutmen PATT BPJS Kesehatan

Secara umum, profesi PATT BPJS 2025 bertanggung jawab atas kegiatan administrasi dan kegiatan pendukung lainnya sesuai dengan program kerja. Selain itu, PATT BPJS Kesehatan bekerja sesuai dengan pedoman kerja yang telah ditetapkan organisasi.

Pendaftar PATT BPJS Kesehatan perlu memiliki kompetensi tertentu dengan syarat minimal pendidikan D3 semua jurusan. Selain itu, pendaftar juga merupakan tunadaksa dan diwajibkan belum menikah.

Melansir unggahan Instagram @bpjskesehatan_ri, berikut syarat lengkap PATT BPJS 2025 disabilitas:

  • Warga Negara Indonesia;
  • Pendidikan minimal D3 segala jurusan;
  • IPK minimal 2.75 dari skala 4.0;
  • Belum berusia 26 tahun per 31 Desember 2025;
  • Akreditasi Perguruan Tinggi minimal B atau Baik Sekali;
  • Belum menikah;
  • Tidak memiliki Riwayat atau sedang menderita penyakit degeneratif yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah atau instansi yag berwenang;
  • Merupakan penyandang disabilitas tunadaksa, dibuktikan dengan surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah atau instansi yang berwenang yang menerangkan jenis dan derajat disabilitasnya.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan aplikasi perkantoran dasar (Microsoft Office);
  • Bersedia bekerja penuh waktu (full time) dengan status kontrak;
  • Bersedia ditempatkan di Kantor Pusat BPJS Kesehatan;
  • Tidak memiliki catatan perbuatan melanggar hukum.

Link Pendaftaran PATT BPJS Kesehatan

Melalui unggahan resmi, BPJS Kesehatan menegaskan seluruh proses rekrutmen tersebut gratis alias tidak dipungut biaya. Selain itu, BPJS Kesehatan memiliki hak penuh dalam memutuskan dan menyeleksi kandidat terbaik sesuai kebutuhan pada setiap tahapan dan keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat.

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar memiliki sejumlah dokumen yang dipersyaratkan. Dokumen tersebut meliputi kartu identitas, curriculum vitae, ijazah dan bukti akredutasi kampus, tarnskrip nilai, video pendek minimal 3 menit yang menunjukkan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, pendaftar juga perlu menyiapkan dokumen surat keterangan sehat, surat keterangan disabilitas dari pihak berwenang dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan pendaftaran serta kualifikasi di atas, akan dihubungi melalui email dengan domain @bpjs-kesehatan.go.id dan/atau @talentics.id.

Bagi calon pendaftar yang tertarik lowongan tersebut dapat dapat mengunjungi link di bawah ini untuk mengetahui detil persyaratan dan tata cara pengajuan lamaran:

Link Pendaftaran PATT BPJS Kesehatan

Baca juga artikel terkait LOWONGAN KERJA atau tulisan lainnya dari Sarah Rahma Agustin

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Beni Jo