Link Daftar Vaksinasi Merdeka di Jakarta, Jadwal 1-17 Agustus 2021

Oleh: Addi M Idhom - 28 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Vaksinasi Merdeka di DKI Jakarta akan berlangsung pada 1-17 Agustus 2021. Lokasi vaksinasi berada di ratusan titik.
tirto.id - Program vaksinasi merdeka akan digelar di DKI Jakarta pada 1-17 Agustus 2021. Vaksinasi Covid-19 dalam program ini akan dilaksanakan di 900 RW seluruh Jakarta.

Inisiator program ini, Polda Metro Jaya mengajak masyarakat Jakarta untuk terlibat dalam program Vaksinasi Merdeka, baik sebagai peserta yang menerima vaksin maupun relawan tenaga kesehatan (nakes) dan non-nakes yang membantu pelaksanaan kegiatan tersebut di 900 RW.

Vaksinasi Merdeka digelar oleh Polda Metro Jaya bekerja sama dengan platform layanan kesehatan digital, Alodokter dan sejumlah pihak lainnya.

"Pemberian vaksin ini sangat penting bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari virus COVID-19, tapi juga memulihkan kondisi sosial-ekonomi negara dan masyarakat yang terkena dampak pandemi," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, dikutip dari laporan Antara pada 27 Juli 2021

Pelaksanaan vaksinasi massal di 900 RW DKI Jakarta tersebut akan melibatkan relawan medis dari kalangan tenaga kesehatan, yang terdiri atas dokter umum, dokter gigi, perawat dan bidan, serta non-nakes. Para relawan medis bakal menjalani pelatihan dan rapat teknis pada tanggal 28-31 Juli 2021 sebelum bertugas dalam pelaksanaan Vaksinasi Merdeka.

Co-founder dan Director Alodokter Suci Arumsari mengajak masyarakat terlibat program ini untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di tanah air.

"Kami berterima kasih pada seluruh relawan medis yang membantu berjalannya program ini. Masih banyak masyarakat yang butuh vaksin untuk meminimalisir risiko terpapar COVID-19," ujar Suci.

Link Daftar Vaksinasi Merdeka di Jakarta

Pendaftaran menjadi peserta Vaksinasi Merdeka di Jakarta pada 1-17 Agustus 2021 bisa dilakukan melalui situs resmi yang diinisiasi Polda Metro Jaya bersama sejumlah pihak lainnya.

Link situs itu adalah: vaksinasimerdeka.id.

Berdasarkan data di situs vaksinasimerdeka.id, sebanyak 1.431 tenaga kesehatan telah bergabung sebagai relawan Vaksinasi Merdeka. Sementara relawan non-nakes yang telah terbagung mencapai 2.694 orang. Pendaftaran relawan telah ditutup sejak 26 Juli 2021.

Situs tersebut memuat 3 tombol menu utama, yakni Daftar Vaksin, Cek Lokasi, dan Jadi Relawan. Menu Daftar Vaksin berguna untuk melayani pendaftaran peserta vaksinasi. Namun, sampai 28 Juli 2021, menu tersebut sementara belum bisa diakses.

Laman yang sama juga menginformasikan bahwa peserta vaksinasi bisa mendaftar dengan datang secara langsung ke titik-titik lokasi penyelenggaraan Vaksinasi Merdeka.

Terdapat ratusan lokasi vaksinasi yang tersebar di 900 RW ibu kota. Sementara jadwal vaksinasi di 900 RW tersebut pada tanggal 1-17 Agustus 2021, selama pukul 08.00-15.00 WIB.

Syarat untuk menjadi peserta vaksinasi adalah: Berusia Minimal 12 tahun (tidak ada maksimal); Membawa KTP (KTP luar DKI Jakarta juga boleh); dan Membawa fotokopi KK, untuk usia di bawah 17 tahun. Artinya, masyarakat di Jakarta yang memiliki KTP setempat maupun luar ibu kota bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 di lokasi program Vaksinasi Merdeka.




Baca juga artikel terkait VAKSINASI MERDEKA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Addi M Idhom
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight