Menuju konten utama

Kumpulan Soal Literasi Membaca AKMI MTs 2024 dan Jawabannya

AKMI 2024 digelar untuk menguji kualitas pendidikan madrasah di Indonesia. Simak kumpulan soal literasi membaca AKMI MTs 2024 dan jawabannya.

Kumpulan Soal Literasi Membaca AKMI MTs 2024 dan Jawabannya
Ilustrasi Ujian Tertulis. (ANTARA FOTO/M Rusman)

tirto.id - Kemampuan literasi membaca menjadi salah satu kompetensi yang akan diuji dalam Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2024. Siswa madrasah perlu memahami contoh soal literasi membaca agar dapat mempersiapkan diri dengan baik.

AKMI merupakan evaluasi yang diadakan Kementerian Agama dengan tujuan memetakan kualitas pendidikan madrasah di Indonesia. Asesmen dirancang untuk mengukur berbagai kompetensi siswa, termasuk literasi membaca.

Hasil AKMI nantinya akan dijadikan sebagai acuan akademik guna memperbaiki proses pembelajaran di madrasah. Selain itu, hasilnya juga dapat digunakan pemerintah sebagai dasar menetapkan kebijakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kisi-Kisi Materi Soal Literasi Membaca AKMI 2024

Asesmen AKMI disajikan dalam format soal objektif, yang meliputi pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, serta isian singkat.

Materi yang akan diujikan dalam AKMI 2024 untuk literasi membaca mencakup beberapa aspek, yaitu:

Konten:

  • Teks Sastra
  • Teks Informasi
Proses Kognitif:

  • Menemukan Informasi
  • Interpretasi dan Integrasi
  • Evaluasi dan Refleksi
Konteks:

  • Personal
  • Saintifik
  • Sosial Budaya
  • Religius
UNBK GUNAKAN LAPTOP PINJAMAN
Sejumlah siswa menggunakan komputer jinjing (laptop) saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Madrasah Aliyah (MA) 1 Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (11/4). Siswa menggunakan laptop pinjaman untuk mengikuti UNBK karena pihak sekolah kekurangan fasilitas komputer. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aww/17.

Kumpulan Soal Literasi Membaca AKMI MTs Kelas 8 2024 dan Jawabannya

Kumpulan soal literasi membaca AKMI MTs Kelas 8 2024 dan jawabannya berikut ini bisa dipelajari siswa sebelum menjalani ujian asesmen:

Bacaan untuk soal nomor 1-2.

Jangan Keluar Rumah dengan Rambut Basah!

Perawatan rambut paling mudah adalah berkeramas secara rutin. Adapun saat berkeramas itu menggunakan sampo rambut yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Berkeramas secara rutin membantu untuk mengurangi kerusakan rambut.

Berkeramas secara rutin bukan berarti kita harus melakukannya setiap hari atau setiap kali mandi. Terlalu sering berkeramas justru bisa membuat rambut kering. Minyak alami di kulit kepala menjadi cepat hilang, padahal minyak itu yang melembabkan rambut.

Selain membuat rambut lebih kering, keramas setiap hari bisa membuat rambut lebih mudah berminyak. Hal itu karena kulit kepala menjadi sangat kering, lalu akan mengeluarkan lebih banyak minyak untuk melembapkan kulit kepala. Sebaiknya, berkeramas dilakukan sebanyak satu atau dua kali saja setiap minggunya.

Hal yang paling penting dilakukan adalah setelah berkeramas, sebaiknya kita langsung mengeringkannya dengan handuk. Kalau tidak segera dikeringkan, rambut bisa lembap dan malah menjadi sarang kotoran.

Sayangnya, banyak orang yang keramas di pagi atau siang hari, lalu langsung pergi keluar rumah untuk keperluan tertentu. Hal seperti itu sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut.

Pergi keluar dengan rambut basah perlu dihindari, apalagi saat cuaca dan udara dingin. Ternyata, cuaca dingin bisa merusak rambut yang masih basah. Cuaca dingin bisa membuat rambut yang basah mudah rontok dan helaiannya gampang putus. Fakta ilmiahnya adalah saat rambut masih basah, air akan menembus batang rambut.

Jika rambut yang basah itu terkena udara dingin, volume rambut bertambah. Hal ini akan memaksa rambut untuk mengembang, mengangkat kutikula atau lapisan paling luar pada permukaan kulit dan membiarkan rambut terpapar kerusakan.

Akibatnya, helai rambut akan menjadi keras. Selanjutnya, rambut lebih mudah patah, tidak rata, mudah bercabang di ujung rambut. Akhirnya, rambut terpaksa harus dipotong agar tidak menjadi lebih rusak.

Kalau ada rencana untuk pergi keluar rumah, usahakan keramas pada malam sebelumnya. Atau bersiap-siap lebih awal agar rambut benar-benar kering lebih dulu.

1. Pasangkan pertanyaan dengan jawaban yang tepat berikut ini!

Pertanyaan
Kapan kita tidak diperbolehkan keluar rumah dengan rambut basah?1
Berapa kali idealnya berkeramas dalam seminggu?2
Mengapa setelah berkeramas harus segera dikeringkan?3
Mengapa berkeramas setiap hari berdampak buruk pada kesehatan rambut?4
Jawaban
Karena dapat membuat rambut menjadi kering.a
Saat cuaca dingin.b
Karena rambut lembap dan menjadi sarang kotoran.c
Karena rambut mudah rontok dan helaiannya gampang putus.d
Berkeramas dilakukan satu atau dua kali setiap minggunya.e

jawaban: 1b, 2e, 3c, 4d

2. Jika kamu ingin menelusuri informasi tentang berkeramas, kata kunci apakah yang akan kamu gunakan untuk mencari informasi tersebut?

Pilihlah jawaban dengan mencentang jawaban (jawaban dapat lebih dari 1):

a. Air

b. Rambut

c. Sampo

d. Handuk

Jawaban: B dan C

Bacaan untuk soal nomor 3-4.

Ini Namanya Gendang

Alat musik ini merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dalam gamelan. Alat ini dalam musik gamelan adalah "pamurba irama" yang berfungsi sebagai pengatur irama dan tempo gendhing yang dimainkan. Oleh karena peranannya, alat musik ini menjadikan pemainnya selalu ditempatkan sebagai pimpinan karawitan pengiring.

Alat musik ini dapat mudah dikenali dari bentuknya. Bentuknya seperti tabung dan terbuat dari kayu. Kedua ujungnya ditutup dengan bahan tipis yang biasanya terbuat dari kulit kambing atau sapi.

Cara memainkannya dengan menabuh atau memukul menggunakan tangan pada permukaan gendang yang ditutupi kulit hewan. Perlu keahlian khusus untuk memainkan alat musik ini. Berbeda tempat yang dipukul, berbeda pula bunyi yang terdengar.

Alat musik ini menjadi bagian dari kesenian tradisional di Pulau Jawa, terutama dalam budaya Jawa dan Sunda. Alat musik ini jarang dimainkan sendiri. Biasanya selalu bersama dengan alat musik lainnya, dalam sebuah kelompok gamelan. Semakin cepat kendang ditabuh, maka cepat pula irama yang dimainkan.

Adakah yang tahu nama alat musik ini? Ya, nama alat musik ini adalah gendang atau kendhang.

Gendang berguna sebagai pengatur irama lagu. Dalam sebuah kelompok gamelan, seorang pemain gendang memainkan satu set gendang yang terdiri atas 3 macam. Jenis gendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendhang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama rony gedhe, biasa disebut kendhang kalih.

Ketiga macam gendang ini menghasilkan bunyi yang berbeda. Seorang pemain gendang menggunakan tangan dan kakinya untuk memainkan alat musik ini. Alat musik tradisional ini telah menjadi bagian dari ciri khas budaya di Indonesia.

Gendang masuk ke Indonesia pada tahun pertengahan abad ke-9 Masehi. Kendang masuk di Indonesia melalui Pulau Jawa. Awalnya kendang punya sebutan berbeda-beda. Mulai dari murdala, muraja, padahi, pataha, murawa atau muraba.

Penamaan alat musik ini mempunyai alasan tersendiri pada setiap daerah di Pulau Jawa. Hingga akhirnya nama kendhang atau gendanglah yang sampai kini dikenal oleh masyarakat luas.

3. Mengapa gendang menjadikan pemainnya selalu ditempatkan sebagai pimpinan karawitan pengiring?

Centanglah 2 jawaban yang tepat!

a. Sebab dimainkan bersama alat musik lainnya dalam gamelan.

b. Karena peranannya sebagai "pamurba irama".

c. Karena menjadi bagian dari ciri khas budaya di Indonesia.

d. Sebab berfungsi sebagai pengatur irama dan tempo gendhing.

Jawaban: b dan d

4. Tiga macam gendang yang dimainkan dalam sebuah kelompok gamelan adalah ....

Centanglah 2 jawaban yang tepat!

a. Murdala, pataha, ketipung

b. Ketipung, kebar, rony gedhe

c. Ketipung, ciblon, kendhang kalih

d. Kendhang kalih, padahi, ciblon

Jawaban: b dan c

Bacaan untuk soal nomor 5.

Wayang dikenal sebagai salah satu kebudayaan khas Indonesia yang telah eksis sejak beberapa abad lalu. Setiap daerah bahkan memiliki jenis wayang yang berbeda-beda, seperti wayang kulit dari Yogyakarta, wayang golek dari Jawa Barat, hingga wayang orang dari Jawa Tengah.

Namun, dari beberapa jenis wayang di Indonesia, muncul satu wayang kontemporer baru yang cukup unik dari Bali yaitu wayang ental. Bisa dibilang wayang ental merupakan inovasi terbaru dalam dunia pewayangan. Dari segi pembuatan, wayang ental berbeda dari wayang pada umumnya, yakni terbuat dari daun lontar. Sedangkan dari segi bentuk, wayang ental memiliki bentuk tiga dimensi dan memiliki jenis pagelaran tersendiri.

Wayang ental didesain khusus menampilkan badan wayang secara utuh, mulai tangan, kaki, hingga kepala yang semuanya dapat digerakkan. Sangat berbeda dengan wayang pada umumnya yang hanya menampilkan bayangan.

Selain bentuknya tiga dimensi, wayang ental juga dibuat berukuran jauh lebih tinggi dibandingkan wayang pada umumnya. Biasanya wayang ental memiliki tinggi 1 meter dengan lebar 30 cm. Salah satu keunikan dari wayang ental terdapat pada ekspresi wajah dari setiap tokoh pewayangan.

Wayang ental lahir dari pemikiran kreatif I Gusti Made Dharma Putra pada 2016. Wayang ental pertama kali dibuat dalam rangka tugas akhir kelulusannya di Institut Seni Indonesia Bali. Awal pembuatannya, wayang ental tidak langsung berbentuk tiga dimensi, namun dua dimensi.

Barulah pada 2018 wayang ental berubah bentuk menjadi tiga dimensi. I Gusti Made Dharma Putra mengaku bahwa pembuatan wayang ental terinspirasi dari teknik permainan bunraku (sandiwara boneka tradisional) dari Jepang.

Kemudian teknik tersebut dikombinasikan dengan gaya wayang tradisional Bali, tetikesan (bagaimana seorang dalang dapat menggerakkan wayang, agar sesuai dengan karakter masing-masing tokoh wayang).

Secara desain, wayang ental dibuat dengan menyerupai manusia, yang menggabungkan teknik ulatan sumpe (ulatan yang dirajut sambung menyambung digunakan sebagai dasar) dan ulatan Jepang dalam pembuatannya. Ulatan adalah ekspresi wajah yang digunakan dalam membentuk wayang.

Selain itu, perbedaan antara bunraku dan wayang ental terletak pada bahan bakunya. Jika bunraku menggunakan tiga helai daun lontar, wayang ental hanya menggunakan dua helai saja. Keunikan dari wayang ental terdapat pada ekspresi wajah dari setiap tokoh pewayangan.

5.. Apa yang menginspirasi I Gusti Made Dharma Putra membuat wayang ental?

A. Teknik ulatan sumpe dan ulatan Jepang.

B. Bunraku dari tiga helai daun lontar.

C. Teknik permainan bunraku dari Jepang.

D. Keunikan pada ekspresi wajah tokoh pewayangan.

Jawaban: C

Baca juga artikel terkait AKMI atau tulisan lainnya dari Ruhma Syifwatul Jinan

tirto.id - Edusains
Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Beni Jo & Yulaika Ramadhani