KPK Berharap Presiden Hadir di Peringatan Hari Anti Korupsi 2019

Oleh: Alfian Putra Abdi - 6 Desember 2019
Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan sudah melayangkan surat undangan untuk Presiden Jokowi agar hadir pada peringatan Hakordia 2019.
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Presiden Joko Widodo berkenan menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia atau Hakordia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan sudah melayangkan surat undangan untuk Presiden Jokowi untuk hadir pada peringatan tersebut.

"Kami mengundang beliau [Jokowi]. Kalau tidak salah kabarnya akan kami terima dan masih menunggu. Kehadiran beliau salah satu yang kami harapkan," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019).

Selain itu Agus juga mengisyaratkan kehadiran Ketua KPK terpilih periode 2019-2023 Firli Bahuri untuk menghadiri kegiatan yang dilangsungkan di lingkungan gedung KPK.

KPK juga akan menghadirkan seluruh pemangku kepentingan baik kalangan pemerintahan, aktivis LSM, dan media massa untuk menyerap aspirasi mereka terhadap kinerja institusi anti rasuah ke depannya.


"Mudah-mudahan narasumber bisa hadir semua. Ini supaya kita bisa melihat apa yang dilakukan banyak pihak terhadap KPK. Kami pun juga sudah mengundang pimpiman baru yang nanti akan menjabat di KPK, kita undang," ujarnya.

Rangkaian Hakordia 2019 sudah dimulai sejak 6 Desember 2019 dengan agenda pagelaran musik dan seni yang berlangsung di depan Gedung Merah Putih.

Turut memeriahkan beberapa band semacam Efek Rumah Kaca, Polkawars, Tashoora, dan beberapa lainnya. Agenda Harkodia akan berakhir sampai dengan 13 Desember 2019.

"Nanti pas acara puncak, ada acara KPK mendengar. Semacam memberi ruang untuk mendengar, apa sih yang diharapkan banyak pihak dari KPK," ujarnya.



Baca juga artikel terkait HARI ANTI KORUPSI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight