Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Usai Indonesia vs Vietnam

Oleh: Wan Faizal - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia semakin terpuruk di dasar klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (15/10) usai kalah 1-3 dari Vietnam.
tirto.id - Timnas Indonesia masih harus terpuruk di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia usai kalah dari Vietnam, Selasa (15/10/2019). Tanpa satu pun poin dari empat laga yang telah dijalani adalah pertanda tidak bagus bagi kiprah anak asuh Simon McMenemy ke depannya.

Indonesia sebenarnya bermain dengan percaya diri yang cukup saat menjamu Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Tiga kekalahan sebelumnya coba dilupakan dan kenangan atas lawan yang sama di semifinal Piala AFF 2016 lalu coba dijadikan suntikan motivasi.

Namun di lapangan, hasrat menggebu yang diutarakan skuad Garuda sama sekali tak tampak. Vietnam sedari awal laga sudah sanggup menguasai jalannya pertandingan dengan permainan ball possession yang mereka lakukan. Gol dari Do Duy Manh pun membawa tim tamu unggul di babak pertama.

Asa untuk bangkit di babak kedua harus mendapat pukulan telak ketika dalam 16 menit pertama babak kedua Vietnam mampu mencetak dua gol. Pertama lewat eksekusi penalti Que Ngoc Hai di menit 54 dan disusul gol Nguyen Tien Linh tujuh menit kemudian. Indonesia sendiri pada akhirnya hanya bisa memperkecil skor melalui gol Irfan Bachdim di menit 84.

Atas kemenangan tersebut, pasukan Park Hang Seo kini sudah mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan. Tentu ini menjadi modal bagus bagi mereka dalam meneruskan usahanya untuk lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi ini.

Thailand Pimpin Klasemen

Hasil luar biasa diraih oleh Thailand ketika menjamu Uni Emirat Arab di Stadion Thammasat, Selasa (15/10/2019). Berhadapan dengan unggulan utama sama sekali tak memberikan rasa takut pada tuan rumah.

Teerasil Dangda membawa Thailand unggul terlebih dahulu di menit 26 sebelu, Ali Mabkhout menyamakan skor jelang akhir babak pertama. Namun, di awal babak kedua ada gol Ekanit Panya yang memberikan keunggulan pada Tim Gajah Putih dan skor tersebut bertahan sampai akhir laga.

Tambahan tiga poin tersebut membawa Thailand memuncaki klasemen Grup G dengan tujuh angka setelah menjalani tiga pertandingan. Sama dengan koleksi poin Vietnam, The War Elephants masih lebih unggul dalam selisih gol sehingga bisa menduduki peringkat teratas.

Menyusul kemudian di peringkat tiga ada UEA dengan jumlah enam angka. Kekalahan atas Thailand merupakan kekalahan perdana anak asuh Bert van Marwijk. Sebelumnya mereka sukses meraih kemenangan atas Malaysia dan Indonesia.

Di urutan keempat bertengger Malaysia dengan tiga poin. Sudah menjalani tiga pertandingan, dua kekalahan mereka dapat saat menjamu UEA dan ketika bertandang ke Vietnam. Satu kemenangan mereka dapatkan dari markas Indonesia pada laga pembuka grup September lalu.

Bagi Indonesia sendiri situasi ini memang tidak bagus. Berada di posisi terbawah, Indonesia menjadi tim dengan jumlah pertandingan paling banyak saat ini dibanding kontestan lainnya di Grup G. Selain itu jumlah kebobolan 14 gol dalam empat pertandingan juga menjadi yang terburuk dibanding rival lainnya.

Jadwal pertandingan Grup G berikutnya:

14 November 2019: Malaysia vs Thailand, Vietnam vs UEA

Klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Negara Mn Mg SG Poin
Thailand 3 2 5 - 1 7
Vietnam 3 2 4 - 1 7
Uni Emirat Arab 3 2 8 - 3 6
Malaysia 3 1 4 - 5 3
Indonesia 3 0 3 - 14 0

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight