Menuju konten utama

Kisi-Kisi Wawancara Guru Penggerak Angkatan 12 dan Mekanismenya

Kisi-kisi wawancara Guru Penggerak Angkatan 12 Tahun 2024 bisa dipelajari peserta. Cek mekanisme, ketentuan umum, jadwal, dan tahapan.

Kisi-Kisi Wawancara Guru Penggerak Angkatan 12 dan Mekanismenya
Pelajar menunjukkan wadah makanan dan minuman yang dibawa dari rumah di SDN Sukamaju 2, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (1/10/2024).ANTARA FOTO/Abdan Syakura/agr/rwa.

tirto.id - Pengumuman Tahap I calon Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 12 telah dirilis pada hari Rabu, 16 Oktober 2024. Tahap selanjutnya adalah simulasi mengajar dan wawancara yang dijadwalkan berlangsung 18-28 Oktober 2024. Kisi-kisi wawancara dan mekanismenya bisa dipelajari untuk Guru Penggerak Angkatan 12.

Pendaftaran calon Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 12 sudah dibuka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak 2-16 September 2024.

Tujuan program adalah menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan wilayahnya. Serta menumbuhkan kepemimpinan murid dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Rekrutmen PGP Angkatan 12 diprioritaskan bagi kabupaten atau kota yang lulusan guru penggeraknya masih sangat kurang. Sebanyak 85 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota di Indonesia menjadi sasaran rekrutmen PGP Angkatan 12.

Kisi-Kisi Materi Ujian Wawancara Guru Penggerak Angkatan 12

Seluruh calon PGP Angkatan 12 yang lolos pada tahap pertama berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yakni simulasi mengajar dan wawancara.

Tahap kedua dijadwalkan berlangsung pada tanggal 18-28 Oktober 2024. Peserta yang lolos tahap kedua menjalani Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 12.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis Kemendikbudristek nomor 2543/B3/GT.03.00/2024, kisi-kisi materi ujian wawancara PGP Angkatan 12 mencakup delapan poin. Berikut daftarnya:

1. Tujuan/Misi

Menjalani panggilan hidup sebagai pengajar yang memberi dampak positif secara luas bagi anak didik maupun lingkungan sekitar.

Sehingga terjadi proses transformasi yang menunjukkan kemajuan positif bagi dirinya sendiri maupun anak didik dan lingkungan sekitar.

2. Pemimpin Perubahan

Kemampuan dalam mengumpulkan informasi, mengidentifikasi isu utama, dan menjalankan tindakan untuk mencapai tujuan jangka panjang atau visi sekolah. Hal ini berdasarkan asumsi logis, fakta, sumber daya yang tersedia, serta aturan yang ada.

Selanjutnya secara terus menerus mencari dan mendorong orang lain melakukan pendekatan inovatif dalam mengatasi masalah serta peluang yang dihadapi sekolah/komunitas pendidikan.

3. Inisiatif Mengambil Tindakan

Sebagai pengajar yang bertindak segera untuk mencapai tujuan, melakukan tindakan untuk meraih sasaran yang melampaui persyaratan minimum, bersikap proaktif, ditambah mandiri.

4. Membangun Hubungan Kemitraan

Menggunakan gaya interpersonal dan metode komunikasi yang sesuai untuk bekerja secara efektif dengan mitra kerja (misalnya guru/rekan sejawat, pimpinan sekolah, lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, dan lingkungan masyarakat).

Tujuannya mencapai titik saling menguntungkan dan membangun jejaring untuk memperoleh kerjasama yang memenuhi kebutuhan berbagai pihak.

5. Pengembangan dan Pendampingan

Melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee (peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orangtua, atau orang lain).

Selain itu, memastikan munculnya sikap positif dari coachee (peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orangtua, atau orang lain) yang nantinya membantu dan menunjang saat ini hingga masa depan.

6. Pembelajaran Berkelanjutan

Sadar akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki sebagai pengajar. Aktif menemukan cara-cara efektif mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus-menerus.

7. Daya Juang/Resiliensi

Sebagai pengajar yang terus berupaya, fokus, dan positif mencapai tujuan serta bangkit kembali saat menghadapi kegagalan.

8. Kematangan Beretika

Kapasitas diri sebagai pengajar yang menunjukkan kematangan emosi berkarya melalui keterbukaan dan kejujuran, berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang.

Kemudian selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral, spiritual, nilai, etika profesi, serta kebijakan yang ada.

Ilustrasi Guru Penggerak

Proses belajar mengajar di SD di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. ANTARA/HO-DOK.

Ketentuan Umum Seleksi Tahap 2 CGP Guru Penggerak Angkatan 12

Seluruh Calon Pendidik Guru Penggerak (PGP) Angkatan 12 yang telah lolos seleksi tahap pertama dapat mengikuti tahap berikutnya, yakni simulasi mengajar dan wawancara.

Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 12 harus mematuhi ketentuan umum seleksi Tahap 2. Berikut ini ketentuan umum seleksi tahap 2 Calon Guru Penggerak PGP Angkatan 12:

1. Pelaksanaan seleksi tahap 2 dilakukan secara daring/online. Peserta disarankan menggunakan browser Chrome.

2. Peserta seleksi mempersiapkan diri dengan baik untuk melakukan simulasi mengajar dan wawancara.

3. Waktu seleksi simulasi mengajar adalah maksimal 15 menit. Terdiri dari 10 menit simulasi mengajar dan 5 menit tanya jawab.

4. Peserta menerima jadwal wawancara pada hari lain dengan durasi wawancara sekitar 60 menit.

5. Terdapat dua asesor yang memberikan nilai pada masing-masing seleksi.

6. Peserta diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi dengan mempersiapkan ruangan yang kondusif, koneksi internet yang memadai, alat, dan bahan mengajar.

7. Seluruh peserta akan mendapatkan informasi jadwal pelaksanaan seleksi melalui aplikasi seleksi SIMPKB.

8. Jika saat simulasi mengajar peserta mengalami gangguan teknis, peserta dapat menghubungi tim pemantau melalui tautan aplikasi whatsapp yang tersedia pada aplikasi.

Mekanisme Tes Wawancara CGP Guru Penggerak Angkatan 12

Setelah menyelesaikan seleksi simulasi pengajar, peserta Calon Guru Penggerak PGP Angkatan 12 mendapatkan jadwal seleksi wawancara. Seluruh peserta akan diwawancarai dua orang asesor selama 60 menit sesuai jadwal yang ditentukan.

Berikut merupakan tata cara pelaksanaan atau mekanisme tes wawancara CGP Guru Penggerak Angkatan 12:

1. Peserta mengikuti seleksi sesuai jadwal wawancara yang diberikan.

2. Peserta menggunakan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap suara dan gambar peserta dengan baik.

3. Wawancara berlangsung sekitar 60 menit. Kandidat menjalani tes wawancara bersama dua orang tim asesor pada saat bersamaan.

4. Selama wawancara, peserta diharapkan memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan.

Jadwal dan Tahapan Seleksi Guru Penggerak Angkatan 12

Pendaftaran Calon Guru Penggerak telah berlangsung pada 2-16 September 2024. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman http://kspstendik.kemdikbud.go.id pada menu Program Guru Penggerak.

Proses rekrutmen PGP Angkatan 12 terdiri dari dua tahap. Tahap pertama meliputi registrasi, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai. Tahap kedua mencakup penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

Berikut adalah jadwal dan tahapan seleksi Guru Penggerak Angkatan 12 Tahun 2024:

  • 30 Agustus - 1 September 2024: Informasi Rekrutmen Calon Guru Penggerak
  • 2 - 16 September 2024: Registrasi/Pendaftaran (Unggah Berkas, Pengisian Esai)
  • 18 - 24 September 2024: Verifikasi, validasi, dan Penilaian Berkas
  • 26 September - 7 Oktober 2024: Penilaian Esai
  • 16 Oktober 2024: Pengumuman Tahap I
  • 18 - 28 Oktober 2024: Simulasi Mengajar dan Wawancara
  • 16 November 2024: Pengumuman Tahap 2
  • Awal Tahun 2025: Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 12

Baca juga artikel terkait GURU PENGGERAK 2024 atau tulisan lainnya dari Robiatul Kamelia

tirto.id - Edusains
Kontributor: Robiatul Kamelia
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Beni Jo & Yulaika Ramadhani