Khasiat Kecantikan yang Dikandung Buah Ceri

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 9 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Setiap pohon ceri biasanya bisa menghasilkan sekitar 7000 buah setiap musim panen. Ceri memiliki beragam khasiat baik bagi kecantikan maupun kesehatan seperti mencerahkan kulit dan anti-penuaan.
tirto.id - Ceri buah yang memiliki musim tanam singkat ini membutuhkan iklim sedang agar dapat tumbuh ternyata memiliki beragam khasiat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Setiap pohon ceri biasanya bisa menghasilkan sekitar 7000 buah setiap musim panen. Ceri tersedia dalam berbagai warna mulai dari kuning ke hitam tetapi yang paling banyak dikonsumsi adalah warna merah.

Ceri biasanya akan kita temukan pada kue tar, namun ceri juga bisa dikonsumsi dengan beragam bentuk seperti dijus atau dikonsumsi secara langsung, dan berikut beberapa khasiat ceri,

Khasiat ceri bagi kecantikan
  • Kaya vitamin
Buah Ceri mengandung antioksidan tinggi, kaya vitamin yang bisa pengencang kulit, dan bisa menghidrasi kulit. Seperti dilansir laman Stylecraze ceri adalah sumber vitamin A, B, C dan E, multivitamin itu dibutuhkan tubuh agar kulit tetap bersinar dan sehat.
  • Mencerahkan kulit
Ceri dipercaya dapat membersihkan bintik-bintik hitam dan membantu mencerahkan kulit. Para peneliti percaya bahwa penggunaannya yang lama dapat meregenerasi dan meremajakan kulit.
  • Anti-oksidan
Ceri adalah salah satu buah sumber anti-oksidan yang dikenal sebagai Anthocyanin, yang terbukti bisa melawan sel kanker. Ini membantu untuk memeriksa sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh dan menghentikan pertumbuhannya yang tidak terkendali.
  • Sifat anti-penuaan
Anti-oksidan tertinggi yang terkandung dalam ceri juga membantu memperlambat proses penuaan dengan melawan radikal bebas dalam tubuh yang membuat kulit terlihat lebih tua.

Khasiat ceri bagi kesehatan

Ceri juga sangat lezat dan menyegarkan jika dibuat jus. Dengan sekitar 120 kalori per porsi satu cangkir jus ceri kaya akan nutrisi seperti kalium dan zat besi.

Dilansir dari laman Healthline ada berbagai jenis ceri yang digunakan untuk menghasilkan jus. Jus ceri yang asam rasanya biasanya mengandung anthocyanin yang lebih tinggi dibandingkan jus ceri hitam, yang rasanya lebih manis dan memiliki lebih sedikit anthocyanin.

Antosianin meningkatkan proses anti-inflamasi dalam tubuh. Keduanya merupakan pilihan yang bagus dan bergizi, berikut beberapa khasiat jus ceri bagi kesehatan,
  • Membantu pemulihan pasca-latihan
Jus ceri dapat membantu pemulihan setelah berolahraga. Secara alami tinggi kalium, yang melakukan impuls listrik ke seluruh tubuh.

Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, hidrasi, pemulihan otot, impuls saraf, pencernaan, detak jantung, dan keseimbangan pH. Ceri mengandung sekitar 330 miligram (mg) kalium per cangkir, yang hampir 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.
  • Mengatasi peradangan dan nyeri radang sendi
Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam jus tart cherry dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat osteoarthritis (OA).

Sebuah studi 2012 menunjukkan bahwa minum jus ceri dua kali sehari selama 21 hari mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh orang-orang dengan OA. Tes darah juga menunjukkan bahwa mereka mengalami lebih sedikit peradangan.
  • Mengurangi pembengkakan
Ketika orang mengalami rasa sakit akibat pembengkakan, mereka sering beralih ke obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Namun, efek dari obat-obatan ini dapat berbahaya, terutama jika Anda terlalu sering menggunakannya atau memiliki alergi.

Sebuah studi tahun 2004 menemukan bahwa suplemen jus ceri dapat mengurangi peradangan, perilaku yang berhubungan dengan rasa sakit, dan pembengkakan.
  • Meningkatkan kekebalan
Seperti semua buah-buahan dan sayuran, ceri mengemas antioksidan dan antivirus yang kuat. Flavonoid, sejenis antioksidan dalam jus ceri, dibuat oleh tanaman untuk melawan infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia ini dapat berdampak signifikan pada fungsi sistem kekebalan tubuh.


Baca juga artikel terkait TIPS KECANTIKAN atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight