Keunggulan Asus Zenfone 7: Harga dan Spek Flagship yang Baru Rilis

Oleh: Maria Nanda Ayu Saputri - 27 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Asus ZenFone 7 hadir dalam versi reguler dan pro. Dua flagship ini serupa tapi tak sama, terkait harga dan spesifikasi yang diusung.
tirto.id - Smartphone flagship Asus ZenFone 7 dan ZenFone 7 Pro resmi diluncurkan dengan usung kapasitas baterai besar dan kamera flip.

Sebenarnya desain kamera flip atau putar sudah setahun yang lalu pada ponsel pendahulunya yakni ZenFone 6.

Mengenal Kamera Flip

Kamera flip berfungsi sebagai kamera belakang sekaligus kamera depan. Artinya, kamera belakang yang bisa berputar ke arah depan sehingga sekaligus berfungsi untuk kamera selfie.

Selain itu, kamera flip akan memudahkan pengguna jika ingin mengambil foto panorama. Pasalnya, pengguna tidak perlu memindahkan ponsel atau mengambil foto dan video dari segala macam sudut.

Dengan adanya fitur kamera flip, tampilan layar ZenFone 7 sebesar 6,67 inci tidak memiliki layar notch atau poni.

Kamera seri Zenfone 7 kini lebih kuat dan diklaim Asus bisa tahan diputar hingga 200.000 kali. Ini berarti dua kali lebih banyak dibanding dengan modul putar pada Zenfone 6.

Spesifikasi Kamera

Zenfone 7 dan Zenfone 7 Pro dibekali dengan 3 kamera yang terdiri dari kamera utama (wide) 64 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (113 derajat, f/2.2), dan kamera telephoto 8 MP (3x optical zoom).

Namun, Zenfone 7 Pro didukung fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang dibenamkan di kamera utama dan kamera telephoto.

Flagship ini juga mengemas beberapa teknologi video mutakhir dengan lensa utama dapat merekam video hingga 8K pada 30fps, sedangkan ultrawide dapat merekam video hingga 4K pada 60fps.

Mode foto yang memanfaatkan kamera lipat, seperti mode pelacakan gerakan mengikuti subjek dan panorama panning otomatis, juga kembali.

Baterai Besar

Asus tetap mempertahankan ciri khas baterai besar. Terbukti seri ini memiliki kapasitas 5.000mAh didukung pengisian daya cepat 30W.

Meski ponsel akan menjadi sedikit hangat setelah pengisian cepat, pengguna dapat menetapkan batasan seberapa cepat mengisi daya, serta menetapkan batas atas seberapa tinggi pengisian daya.

Duet ZenFone 7 memiliki layar yang sama, dengan panel AMOLED berdiagonal 6,67 inci (2.400 x 1.080 piksel, aspect ratio 20:9), refresh rate 90 Hz, rasio layar terhadap bodi mencapai 92 persen, dan lapisan kaca anti-gores Corning Gorilla Glass 6.

Perbedaan antara Zenfone 7 dengan Zenfone 7 Pro terletak pada konfigurasi hardware. Zenfone 7 ditenagai chip Snapdragon 865 dengan RAM 6GB dan 8GB dan media penyimpanan 128 GB.

Sementara, Zenfone 7 Pro mengandalkan Snapdragon 865 Plus dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 256 GB.

Di Taiwan, Zenfone 7 sudah dipasarkan dengan harga 749 dolar dan Zenfone 7 Pro dibanderol seharga 935 dolar.

Rencanya, Asus akan memasarkan seri Zefone terbaru di beberapa negara Eropa. Hanya saja mereka belum mengumumkan harganya.



Baca juga artikel terkait ASUS ZENFONE 7 atau tulisan menarik lainnya Maria Nanda Ayu Saputri
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Maria Nanda Ayu Saputri
Penulis: Maria Nanda Ayu Saputri
Editor: Ibnu Azis
DarkLight