Pandemi COVID-19

Kemenkeu Kaji Bantuan yang Tepat Demi Lancarkan Anak Sekolah Online

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 11 Agustus 2020
Sri Mulyani berkata pemerintah mengkaji bantuan yang tepat bagi anak-anak agar bisa belajar online selama pandemi.
tirto.id - Pemerintah pusat tengah mematangkan formula insentif baru yang akan diberikan kepada pelajar yang kesulitan mendapatkan akses pendidikan karena keterbatasan fasilitas berupa pulsa paket data sampai handphone.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan rencana tersebut baru akan diterbitkan mengingat banyak keluhan dari pelajar yang tidak bisa dan kesulitan mengikuti sekolah online di masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) akibat pandemi COVID-19.

“Mereka tidak bisa sekolah, tidak bisa mengakses melalui pembelajaran secara digital, entah karena masalah teknologi, tidak memiliki handphone, atau mereka tidak bisa bayar pulsa. Ini menjadi satu tantangan baru yang harus dipecahkan,” kata dia dalam webinar Gotong-royong Jaga UMKM Indonesia, Selasa (11/8/2020).

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah tengah memformulasikan sebuah kebijakan untuk pelajar agar anak-anak bisa lancar mendapatkan pendidikan di era pembelajaran digital.

"Kami sedang bahas dengan kementerian dan lembaga terkait bagaimana kami bisa bantu keluarga di dalam suasana COVID-19, di mana mereka tidak mungkin hadir secara fisik," kata dia.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight