Kaylen Ward Galang Donasi Pakai Foto Vulgar, Akunnya Dibekukan IG

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 7 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kaylen Ward mengumpulkan donasi untuk bencana kebakaran di Australia dengan cara tidak lazim, yakni mengirim foto vulgarnya ke para penyumbang.
tirto.id - Instagram menutup akun milik Kaylen Ward (20), seorang model yang mengumpulkan donasi untuk penanganan bencana kebakaran hutan yang melanda Australia. Pasalnya, Ward memberikan imbalan berupa foto telanjang bagi mereka yang memberikan sumbangan.

Ward melakukan aksi kampanye pengumpulan donasi itu melalui media sosial setelah dia membaca unggahan dari ribuan orang tentang bencana besar di Australia tersebut.

Karena khawatir tidak banyak media dunia meliput bencana tersebut dan hanya sedikit orang memberikan donasi, Ward kemudian melakukan kampanye tersebut, demikian dilansir BuzzFeed News.

Kampanye pengumpulan donasi tersebut dimulai Ward pada 4 Januari 2020. Ia mengunggah postingan melalui akun twitter dan instagramnya terkait upaya pengumpulan donasi yang ia lakukan.

Dalam unggahannya di media sosial, Ward berjanji bakal mengirim satu foto telanjangnya kepada setiap orang yang bersedia memberikan donasi senilai 10 dolar AS untuk penanganan bencana kebakaran besar di Australia. The Naked Philanthropist, begitu Ward untuk menjuluki dirinya.

Namun, aksi Ward membuat Instagram membekukan akunnya di platform ini. “Akun ini dinonaktifkan karena melanggar kebijakan kami. Menawarkan gambar telanjang tidak diperbolehkan di Instagram,” ucap Juru Bicara Facebook dikutip dari BuzzFeed News.

Menanggapi apa yang dilakukan Instagram, Ward menyangkal bahwa ia melanggar aturan di media sosial berbasis photo sharing tersebut. Ward masih terus berupaya untuk memulihkan akunnya, tetapi belum ada konfirmasi dari manajemen Instagram.

Sementara itu, melalui postingannya di Twitter, Ward mengklaim bahwa duit donasi telah terkumpul sejumlah 1 juta dolar AS hingga Selasa (7/1/2020).


Kebakaran hutan yang melanda Australia sejak September 2019 telah menyebabkan kerugian besar dan musnahnya hewan-hewan liar di sana. Antara melansir pemberitaan CBS News yang melaporkan sekitar 12,35 juta hektar lahan telah terbakar. Tidak hanya itu, kebakaran tersebut juga telah menghancurkan lebih dari 1400 rumah dan memakan 23 korban jiwa.

Kaylen Ward bukan satu-satunya pesohor yang menggalang donasi bagi korban terdampak bencana tersebut. Chris Hemsworth, aktor berkebangsaan Australia, juga melakukan penggalangan dana 1 juta dolar untuk musibah yang melanda tanah kelahirannya.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, pemeran Thor tersebut mengajak para penggemar dan pengikutnya untuk berdonasi. Sebagaimana dilansir Antara, Hemsworth menyatakan setiap sen yang disumbangkan bakal membantu petugas pemadam kebakaran garda terdepan, serta masyarakat dan hewan-hewan yang terdampak.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN AUSTRALIA atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight