UCL 2020/2021

Kapan Final Liga Champion 2021 Manchester City vs Chelsea di Mana?

Oleh: Hendi Abdurahman - 6 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Chelsea ke final Liga Champions 2020/2021 untuk menghadapi Manchester City usai menyingkirkan Real Madrid.
tirto.id - Hasil Chelsea vs Real Madrid dalam semifinal Liga Champions 2020/2021 leg 2 yang dihelat di Stadion Stamford Bridge, Kamis (6/5/2021) dini hari tadi berakhir dengan skor 2-0. Dengan demikian, The Blues melaju ke partai puncak untuk menghadapi Manchester City. Lalu, kapan dan di mana Final UCL musim ini digelar?

Final Liga Champions musim ini dihelat di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki pada Sabtu (29/5/2021). Bentrok dua tim Inggris di final kompetisi tertinggi Eropa ini merupakan kali kedua dalam 3 tahun terakhir. Sebelumnya, all English final terjadi pada musim 2018/2019 yang mempertemukan Liverpool vs Tottenham.

Kepastian Chelsea lolos ke final UCL 2020/2021 ditentukan oleh gol Timo Werner pada menit 28 dan Mason Mount lima menit jelang berakhirnya laga. Secara keseluruhan, Chelsea unggul agregat 3-1 atas Real Madrid.

Dalam pertandingan semifinal leg 2 tersebut, Chelsea memang kalah dari segi penguasaan bola dari Los Blancos (32%:68%). Akan tetapi, anak asuh Thomas Tuchel unggul dari jumlah tembakan (15:7), tekel (19:10), dan duel udara (14:11).

“Kami semestinya bisa mencetak sekitar 5 gol. [...] Ini adalah performa luar biasa dalam laga yang berlangsung sulit. Kami tahu seperti apa mereka [Real Madrid], mereka datang dan memberikan segalanya,” ucap Mason Mount usai pertandingan seperti dikutip laman resmi UEFA.

Selain itu, melansir Opta, lini pertahanan Chelsea merupakan salah satu faktor penting di balik keberhasilan Thiago Silva dan kawan-kawan. Dari 11 pertandingan di UCL musim ini, The Blues hanya kebobolan 4 gol.

Lebih spesifik, kiper Chelsea, Edouard Mendy, menorehkan rekor sebagai kiper yang melakukan 8 kali clean sheets dari 11 penampilan. Catatan nirbobol tersebut adalah yang terbanyak dibikin oleh penjaga gawang asal tim Inggris di kompetisi Liga Champions.


Perjalanan Chelsea di Liga Champions 2020/2021

Dari segi hasil, perjalanan Chelsea mulai babak fase grup hingga melaju ke final UCL musim ini terbilang apik. Sebanyak 12 laga yang dilakoni, The Blues hanya sekali menderita kekalahan yakni kala bersua Porto (0-1) di babak perempat final leg 2. Selebihnya, Timo Werner dan kawan-kawan meraih 8 kali menang dan 3 kali imbang.

Mengawali pertandingan UCL musim ini di bawah arahan pelatih Frank Lampard, Chelsea bermain imbang melawan Sevilla (0-0). Kemudian, 4 kemenangan beruntun dilalui masing-masing atas Krasnodar (0-4), Rennes (3-0) dan (1-2), serta Sevilla (0-4). Pada laga terakhir di babak penyisihan, Chelsea imbang melawan Krasnodar (1-1) di kandang sendiri.

Serangkaian hasil tersebut membawa Chelsea keluar sebagai juara Grup E lewat koleksi 14 poin. Kendati terbilang konsisten di UCL, performa buruk di ajang Liga Inggris membuat Frank Lampard dipecat dan digantikan Thomas Tuchel.

Alih-alih limbung, penampilan Chelsea kian solid di bawah asuhan eks PSG tersebut. Bertemu Atletico Madrid di babak 16 besar, Tuchel sukses membawa tim barunya ini ke babak 8 besar usai menyingkirkan wakil Spanyol dengan agregat 3-0.

Di babak perempat final, giliran wakil Portugal, Porto yang sukses dilangkahi. Pada leg pertama kala tampil sebagai tamu, dua gol Mason Mount dan Ben Chilwell membuat Chelsea meraih kemenangan 0-2. Selanjutnya di laga kandang, Chelsea kalah 0-1. Namun, The Blues tetap lolos ke semifinal lantaran unggul agregat 2-1.

Rintangan berat pun menanti kala UCL menyisakan 4 tim terbaik. Chelsea bertemu raksasa Spanyol lainnya, Real Madrid. Akan tetapi, gemilangnya taktik dan strategi Thomas Tuchel membikin Chelsea lolos ke final UCL untuk pertama kalinya sejak 2012 usai unggul agregat 3-1.

Di partai final, Chelsea bertemu sesama wakil Inggris, Manchester City. Sebelum kedua tim bertemu di final UCL musim ini, Tuchel vs Pep Guardiola akan saling berhadapan di ajang Liga Inggris pekan 35, Sabtu (8/5) mendatang.

Jadwal Final Liga Champions 2020/2021

Sabtu, 29 Mei 2021
Manchester City vs Chelsea, Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight