Serie A 2021/2022

Jadwal Liga Italia Malam Ini, Prediksi Roma vs Spezia, H2H, Live TV

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 13 Des 2021 14:40 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal Liga Italia 2021/2022 malam ini AS Roma vs Spezia, live streaming beIN, prediksi laga berdasarkan rekor head to head (H2H).
tirto.id - Jadwal Liga Italia 2021/2022 malam ini atau Selasa (14/12/2021) dini hari antara AS Roma vs Spezia digelar di Stadion Olimpico. Jalannya pertandingan Serie A 2021 ini bisa disaksikan melalui live streaming beIN Sports mulai pukul 02.45 WIB. Prediksi laga berdasarkan rekor head to head (H2H) mengarah kepada keunggulan AS Roma selaku tuan rumah.

AS Roma berambisi menyudahi tren negatif yang dituai dalam sejumlah laga terakhir mereka di Liga Italia 2021/2022. Skuad arahan Jose Mourinho tercatat selalu kalah dalam 2 laga beruntun. Parahnya lagi, Tammy Abraham dan kawan-kawan gagal membukukan satu pun gol di sejumlah laga tersebut.

Rentetan hasil minor itu membuat Giallorossi kini tertahan di urutan 8 klasemen sementara dengan 25 poin, selisih 1 angka dari Empoli yang duduk di atasnya. Namun, kemenangan 2-3 atas CSKA Sofia di UEFA Conference League (UECL) 2021 bisa jadi motivasi tersendiri bagi para pemain.

Sama halnya dengan AS Roma, Spezia juga sedang mengalami turbulensi performa. Pasukan besutan Thiago Motta tidak pernah memetik kemenangan dalam 4 laga terakhir (3 kali kalah, 1 kali imbang).

Jika kembali gagal meraih kemenangan, Spezia berpotensi terjun ke jurang zona degradasi. Dengan mengantongi 12 poin, saat ini mereka duduk di urutan 17, hanya berjarak 2 angka dari Genoa yang berada di tangga ke-18.

Prediksi AS Roma vs Spezia: Jadwal Liga Italia 2021 Malam Ini Live TV

Jose Mourinho punya banyak masalah di barisan pertahanan AS Roma. Gawang Giallorossi telah jebol 6 kali hanya dalam 3 laga terakhir yang dilakoni di semua ajang. Hal ini tentu jadi pukulan berat bagi pelatih berjuluk The Special One tersebut.

Saat menerapkan formasi 3-5-2, Mourinho kerap kali tertekan dan membuatnya menaruh 5 bek sekaligus--2 bek sayap yang dipasang agak tinggi dibiarkan turun jauh membantu pertahanan. Pola ini bisa dilihat ketika Giallorossi berjumpa Inter Milan dalam laga Serie A terbaru mereka.

Namun, strategi tersebut nyatanya juga kurang efektif. AS Roma tetap terkungkung oleh intensitas serangan Nerazzurri. Alhasil, gawang mereka jebol 3 kali tanpa sekalipun bisa membalas. Menurut Mourinho, hal itu disebabkan karena banyak pemainnya yang absen.

“Dengan pemain yang tepat, saya tidak punya masalah bermain dengan tiga bek. Kami berada di liga di mana banyak tim bagus bermain dengan tiga [bek] di belakang dan beberapa yang lebih lemah bermain dengan lima di belakang," kata Mou, dilansir laman resmi klub.

"Namun, yang tidak saya sukai adalah ketika keadaan darurat atau masalah tiba. Hal itu berarti bahwa, alih-alih membangun stabilitas dan konsistensi, kami harus mengubah keadaan setiap minggu untuk bereaksi terhadap masalah baru yang kami miliki," tambahnya.


Di tengah masalah cedera yang menimpa AS Roma, tim tamu Spezia justru sedang dalam kondisi fit. Hampir semua pemain siap berjuang demi mencuri poin di Olimpico.

"Para pemain berkembang, kami akan melihat mana yang siap menghadapi tim kuat seperti Roma, meskipun mereka tidak dalam kondisi terbaik, mereka adalah tim yang bermain di level Eropa dan itu akan menjadi ujian penting bagi kami," ungkap Thiago Motta, pelatih Spezia.

Namun jika melihat catatan statistik, performa Spezia sejatinya tidak bisa dibilang bagus. Mereka hanya mampu menorehkan 17 gol dari 16 laga yang dilakoni. Catatan tersebut menjadi yang terburuk ketiga di Serie A, hanya unggul dari Venezia (16 gol) dan Salernitana (11 gol).

Barisan pertahanan Spezia juga cukup lemah. Gawang yang dijaga Ivan Provedel telah jebol 36 kali sejauh ini. Artinya, mereka selalu kebobolan minimal 2 gol di setiap pertandingan.

Perkiraan Susunan Pemain AS Roma vs Spezia

Sejumlah pilar AS Roma diragukan bisa tampil di laga nanti. Sebagian karena cedera, sementara sisanya terkena skorsing kartu merah, seperti Lorenzo Pellegrini, Stephan El Shaarawy, Gianluca Mancini, dan Nicolo Zaniolo.

Di sisi seberang, Spezia bakal tampil dengan skuad terbaik. Thiago Motta kemungkinan akan menerapkan pola 3-5-2 dengan menempatkan M'Bala Nzola dan Rey Manaj sebagai penyerang. Nama terakhir disebut sedang dalam kondisi on fire usai sukses membukukan 1 gol ke gawang Sassuolo di laga terakhir.

AS Roma (3-5-2): Rui Patricio; Ibanez, Chris Smalling, Marash Kumbulla; Rick Karsdorp, Henrikh Mkhitaryan, Bryan Cristante, Jordan Veretout, Matias Vina; Eldor Shomurodov, Tammy Abraham | Pelatih: Jose Mourinho

Spezia (3-5-2): Ivan Provedel; Kelvin Amian, Martin Erlic, Petko Hristov; Emmanuel Gyasi, Viktor Kovalenko, Jacopo Sala, Giulio Maggiore, Simone Bastoni; Rey Manaj, M'Bala Nzola | Pelatih: Thiago Motta.


Skor Head to Head AS Roma vs Spezia

Kedua kesebelasan baru berjumpa 4 kali sepanjang sejarah. Spezia sedikit lebih diunggulkan dengan catatan 2 kemenangan dan baru kalah 1 kali. Sementara 1 laga lainnya berakhir dengan skor imbang.

Namun, AS Roma tercatat tidak pernah kalah dalam 2 pertemuan terakhir melawan Spezia (1 menang, 1 imbang). Terakhir kali mereka tunduk di tangan Spezia pada 20 Januari lalu. Saat itu, Giallorossi dihajar 3 gol tanpa balas di kandang sendiri oleh Spezia.

Berikut rincian hasil 4 pertemuan terakhir terakhir kedua tim:

24/05/21, Spezia 2 - 2 Roma
23/01/21, Roma 4 - 3 Spezia
20/01/21, Roma 0 - 3 Spezia
16/12/15, Roma 0 - 0 Spezia (Pen. 2-4)

Hasil 5 Laga Terakhir AS Roma
26/11/21, Roma 4 - 0 Zorya
29/11/21, Roma 1 - 0 Torino
02/12/21, Bologna 1 - 0 Roma
05/12/21, Roma 0 - 3 Internazionale
10/12/21, CSKA Sofia 2 - 3 Roma

Hasil 5 Laga Terakhir Spezia
06/11/21, Spezia 1 - 0 Torino
20/11/21, Atalanta 5 - 2 Spezia
28/11/21, Spezia 0 - 1 Bologna
02/12/21, Internazionale 2 - 0 Spezia
05/12/21, Spezia 2 - 2 Sassuolo

Live Streaming AS Roma vs Spezia di beIN Sports

Pertandingan antara AS Roma vs Spezia dalam gelaran Liga Italia 2021/2022 dapat disaksikan via live streaming beIN Sports.

beIN menyediakan sejumlah paket langganan untuk Anda. Paket satu minggu dapat diakses dengan Rp20.000, sedangkan paket satu bulan berada di kisaran harga Rp45.000.

Dengan berlangganan paket tersebut pelanggan dapat menyaksikan konten olahraga beIN Sports, seperti: Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Prancis, FA Cup termasuk Liga Australia.

Link Live Streaming Roma vs Spezia - beIN Sports

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight