World Cup 2018

Ini Wahbi Khazri, Andalan Timnas Tunisia di Piala Dunia 2018

Oleh: Iswara N Raditya - 14 Juni 2018
Wahbi Khazri menjadi pemain yang bakal diandalkan Timnas Tunisia di Rusia.
tirto.id - Tidak banyak yang mengenal para pemain Timnas Tunisia di Piala Dunia 2018 nanti, tidak terkecuali sosok bernama Wahbi Khazri. Bagi Nabil Maaloul selaku pelatih Tunisia, Khazri terbilang pemain spesial dan kehadirannya amat dibutuhkan agar skuadnya bisa bersaing Rusia nanti.

Khazri otomatis menjadi tumpuan utama Tunisia setelah dua pemain bintangnya, Youssef Mskani dan Taha Yessine Khenissi, mengalami cedera. Lantas, siapa sebenarnya Khazri dan apa istimewanya?

Pemain kelahiran 8 Februari 1991 ini punya keunggulan dalam hal kecepatan. Mengawali karier di klub Perancis, Bastia, yang dilaluinya selama 6 musim sejak 2008/2009, Khazri kemudian direkrut Bordeaux.


Musim 2015/2016, Khazri hijrah ke Inggris bersama Sunderland. Musim lalu, ia kembali ke Perancis untuk bergabung dengan Rennes dan langsung menjadi pemain andalan pelatih Sabri Lamouchi.

Khazri mencetak 9 gol di Rennes selama musim 2017/2018 lalu. Namun, kehadirannya tidak sekadar sebagai salah satu pemain depan yang diandalkan. Khazri juga berperan besar mengangkat motivasi rekan-rekannya di Rennes, begitupula bagi Timnas Tunisia.


Selama kariernya di kancah sepakbola profesional, Khazri telah mengoleksi 58 gol. Sementara di Timnas Tunisia, ia mengemas 36 caps dengan 12 gol. Jika mampu menunjukkan penampilan memukau di Rusia, bukan mustahil Khazri akan berlabuh ke klub yang lebih mapan musim depan.

Tunisia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia sebagai salah satu wakil dari Afrika dan tergabung di Grup G. Namun, perjuangan Khazri dan kawan-kawan di babak penyisihan grup tidak bisa dibilang ringan lantaran Tunisia berada satu grup dengan dua tim kuat Eropa yakni Belgia dan Inggris, serta wakil dari Zona Concacaf, Panama.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Iswara N Raditya