Malam Tahun Baru 2022

Info Penutupan Jalan Hari Ini di Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta

Penulis: Addi M Idhom, tirto.id - 31 Des 2021 14:25 WIB
Dibaca Normal 4 menit
Berikut info penutupan jalan saat malam Tahun Baru 2022 di Surabaya, Malang, Solo, dan Yogyakarta. Di 4 kota itu, tidak banyak jalan ditutup hari ini.
tirto.id - Penutupan jalan tertentu saat malam Tahun Baru 2022 akan dilakukan oleh kepolisian di berbagai kota, termasuk Malang, Surabaya, Solo (Surakarta), dan Yogyakarta. Langkah itu untuk mencegah kerumunan dan membatasi mobilitas warga saat malam tahun baru yang masih berada pada masa pandemi Covid-19.

Melalui Instruksi Kemendagri Nomor 66 Tahun 2021 [PDF], pemerintah melarang kegiatan pawai dalam perayaan Tahun Baru 2022. Acara Old and New Year untuk perayaan Tahun Baru 2022, baik terbuka maupun tertutup, yang berpotensi memicu banyak orang berkerumun, juga dilarang. Sejumlah kegiatan lain yang bisa memicu kerumunan orang pun dibatasi.

Hari ini merupakan momentum pergantian tahun kedua yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Langkah pembatasan kegiatan masyarakat dalam perayaan tahun baru dilakukan pemerintah untuk mencegah risiko lonjakan kasus Covid-19 yang kerap terjadi usai periode libur panjang dan hari-hari besar. Pemerintah juga mengimbau masyarakat merayakan Tahun Baru 2022 bersama keluarga, serta menghindari kerumunan dan aktivitas perjalanan.


Terkait dengan kebijakan penutupan jalan tertentu di Malang, Surabaya, Solo (Surakarta), dan Yogyakarta, berikut informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber resmi.

1. Info Penutupan Jalan di Surabaya saat Malam Tahun Baru 2022

Jalur penghubung Kota Surabaya dengan Pulau Madura, yakni Jembatan Suramadu akan ditutup oleh kepolisian saat malam Tahun Baru 2022. Akun Instagram Ditlantas Polda Jatim mengumumkan, Jembatan Suramadu ditutup mulai pukul 22.00 WIB Jumat, 31 Desember 2021 sampai dengan pukul 05.00 WIB, 1 Januari 2022.

Satlantas Polrestabes Surabaya juga berencana melaksanakan rekayasa lalu lintas saat malam Tahun Baru 2022. Akun Instagram Satlantas Polrestabes Surabaya menginformasikan, rekayasa arus lalu lintas mulai pukul 22.00 WIB, Jumat (31/12/2021) sampai pukul 05.00 WIB, Senin (1/1/2022), dilaksanakan di jalan-jalan berikut:

  • Jalan Darmo
  • Jalan Tunjungan
  • Jalan Gubernur Suryo
  • Jalan Pemuda
  • Jalan Mayjen Sungkono
  • Jalan Kertajaya.

Pembatasan mobilitas masuk Kota Surabaya juga bakal dilakukan melalui tiga ring pada malam Tahun Baru 2022, mulai pukul 17.00 WIB, 31 Desember 2021. Info ini sebagaimana penjelasan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan yang dilansir laman resmi Polrestabes Surabaya.

Adapun titik Ring 3 berada tiga perbatasan antarkota, yang mencakup:

  • Batas Surabaya-Sidoarjo (Bundaran Waru, Berbek Industri, Pondok Candra, Jembatan Karangpilang, MERR Gunung Anyar)
  • Batas Surabaya-Gresik (Terminal Oso Wilangon, Lakarsantri, Menganti, Terminal Benowo)
  • Batas Surabaya-Tanjung Perak (Jalan Indrapura, Jalan Rajawali, Dupak, Demak, Kedung Cowek, JMP).

Titik Ring 2 di jalur protokol yang meliputi: Jalan Bubutan, Fly Over Pasar Kembang, Lenmarch, PTC, Jalan Mastrip Wiyung, Jalan Pahlawan, Pandegiling, Depan KBS, Jembatan Baru Wonokromo, Fly Over Mayangkara, Taman Pelangi, dan Masjid Agung.

Titik Ring 1 berada di batas tengah Kota Surabaya, yakni: depan BG Junction, depan Tunjungan Plaza, Hotel Bumi, dan Simpang Gubeng Pojok.

Maksud pembatasan akses masuk Kota Surabaya tersebut adalah filterisasi kendaraan. Menurut Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto, filterisasi kendaraan dilakukan oleh kepolisian dan petugas dari Pemkot Surabaya di titik perbatasan atau pintu masuk Kota Surabaya.

"Mulai sekitar pukul 17.00 WIB, sudah dilakukan filterisasi, tapi bukan ditutup. Sehingga orang dari luar kota yang mau kerja shift malam di Surabaya tetap boleh masuk. Tetapi kalau orang itu tujuannya ingin mencari hiburan ke Surabaya, kita pulangkan," kata Eddy dalam siaran resmi Pemkot Surabaya.

Eddy juga mengatakan, untuk mencegah kerumunan saat malam tahun baru, peraturan physical distancing akan diterapkan di beberapa kawasan di Surabaya mulai pukul 21.00 – 06.00 WIB (31 Desember 2021-1 Januari 2022). Kawasan-kawasan itu berada di sekitar Jalan Tunjungan, Jalan Darmo, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Kertajaya, dan Jalan Mayjend Sungkono.

Satpol PP Kota Surabaya pun mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang menginstruksikan seluruh SPBU di Surabaya agar mengakhiri aktivitas (tutup) pukul 21.00 WIB, Jumat malam (31/12/2021). SPBU bisa buka kembali pukul 04.00 WIB, Sabtu (1/2/2022).

2. Info Penutupan Jalan di Malang saat Malam Tahun Baru 2022

Akun Instagram Polresta Malang Kota menginformasikan bahwa rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan pada malam tahun baru 2022, yakni selama pukul 16.00-03.00 WIB (31 Desember 2021 - 1 Januari 2022). Rekayasa lalu lintas itu menyasar jalan-jalan di sekitar alun-alun Kota Malang.

Detail rencana rekayasa lalu lintas di Kota Malang, yang mencakup penutupan sejumlah ruas jalan itu, adalah sebagai berikut.

Pertama, penutupan jalan dilakukan di titik-titik berikut:

  • Jalan Basuki Rahmat (Simpang Rajabali)
  • Jalan Majapahit (Simpang 3 Tumapel-Majapahit)
  • Jalan AR Hakim (Simpang 3 Talun ES)
  • Jalan Soegiyo Pranoto (Simpang 3 Hotel Olino)
  • Jalan Agus Salim.

Jenis kendaraan yang diperkenankan melintas (di jalan yang ditutup): ambulans, damkar, mobil dinas pemerintah, kendaraan yang sedang melaksanakan tugas.

Kedua, pengguna jalan akan diarahkan melawati jalur alternatif berikut:

a. Dari jalan JA Suprapto ke Selatan (batas kota-kabupaten Malang) diarahkan ke Jalan Basuki Rahmad - Jalan Kahuripan -Jalan Tugu - Jalan Kertanegara - Jalan Trunojoyo - Jalan Gatot Subroto - Jalan Martadinata - Jalan Kolonel Sugiyono.

b. Dari Jalan Arif Margono ke Utara (Batas Kota Adi Putro/Exit Tol Karanglo) diarahkan ke Jl Hasyim Ashari - Jl Kawi-Jl Ijen - Jl Semeru - Jl Basuki Rahmad - Jl JA Suprapto.

c. Atau, diarahkan ke JL Kawi - JL Ijen - JL Bandung - JL BS Riadi - JL JA Suprapto.

d. Selain itu, bisa lewat jalur Timur, dengan melintasi Jl Ade Irma Suryani - Jl Pasar Besar - JL Gatot Subroto.

Mengutip pemberitaan dari Antara, Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kerumunan warga saat malam Tahun Baru 2022 nanti sudah disiapkan. "Taman-taman kami tutup semua hingga 2 Januari 2022," kata Sutiaji pada Selasa (28/12/2021).

Kata Sutiaji, Pemkot Malang bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga akan melaksanakan patroli di wilayah tersebut. Patroli itu untuk mencegah kerumunan warga di jalan-jalan utama yang tidak ditutup.

"[seperti] Jalan Ijen tidak bisa dilakukan penutupan. Kami akan keliling patroli, jangan sampai ada kerumunan," ujarnya.

3. Info Penutupan Jalan di Solo saat Malam Tahun Baru 2022

Polresta Surakarta melalui akun instagram resminya mengumumkan bahwa Jalan Slamet Riyadi akan ditutup pada malam tahun baru 2022. Namun, penutupan itu baru dilakukan setelah pergantian tahun, yakni pada pukul 00.30 - 05.00 WIB, Sabtu, 1 Januari 2022.

Selama penutupan Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, kendaraan yang boleh melintas adalah:

  • Damkar
  • Ambulans
  • Iring-iringan pengantas jenazah
  • Kendaraan TNI-Polri
  • Kendaraan Satgas Covid-19
  • Kendaraan Nakes Covid-19
  • Satgas PPKM
  • Kendaraan berkepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas kepolisian.

Kepala Satlantas Polresta Surakarta Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan penutupan Jalan Slamet Riyadi Solo pada malam Tahun Baru 2022 untuk membatasi mobilitas masyarakat dan mencegah kerumunan.

"Kami bakal menutup Jalan Slamet Riyadi Solo mulai dari Simpang Empat Gendengan hingga Bundaran Gladag Solo atau jaraknya sekitar 2,5 kilometer pada Sabtu (1/1), mulai pukul 00.30 WIB hingga pukul 05.00 WIB," kata Adhytiawarman, seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan sebenarnya rencana awal penutupan arus Jalan Slamet Riyadi dimulai, Jumat (31/12), sekitar pukul 22.00 WIB. Karena SE terakhir, bagi pedagang makanan yang baru mulai berjualan pada pukul 18.00 WIB diperbolehkan buka hingga pukul 00.30 WIB, penutupan arus dilakukan menyesuaikan regulasi tersebut.

Meskipun hanya menutup sementara ruas Jalan Slamet Riyadi Solo, Polresta Surakarta tetap melakukan antisipasi jika terjadi kerumunan di ruas jalan lain pada malam malam Tahun Baru 2022.

Adhytiawarman mengatakan, Polresta Surakarta akan meningkatkan pengamanan untuk menghalau iring-iringan kendaraan bermotor yang melalui pintu masuk Solo, dengan menjaga 4 titik, yakni:

  • Pospam Faroka
  • Tugu Mahkota
  • Jurug
  • Ring Road Mojosongo.


4. Info Penutupan Jalan di Yogyakarta saat Malam Tahun Baru 2022

Penutupan titik paling potensial menjadi lokasi kerumunan warga di Kota Yogyakarta saat malam tahun baru 2022 akan dilakukan. Sasaran penutupan adalah Kawasan pedestrian Titik Nol Kilometer (KM) Yogyakarta.

"Kawasan pedestrian di Titik Nol Kilometer akan kembali dipagari supaya tidak ada kerumunan, baik di sisi timur maupun barat," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Kamis (30/12/2021) dikutip dari Antara.

Pemkot juga menyiapkan petugas untuk melakukan patroli di sekitar Alun-Alun Kota Yogyakarta, baik di alun-alun Utara maupun alun-alun Selatan yang kerap digunakan sebagai tempat berkumpul warga.

Adapun pengaturan lalu lintas Jalan Malioboro saat malam Tahun Baru 2022, kata Heroe, akan dilakukan dengan metode buka-tutup secara dinamis, sesuai kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut.

Arus masuk kendaraan menuju Jalan Malioboro pun akan dibatasi hanya dari Jalan Mataram saja agar lebih lancar karena tidak ada pertemuan arus kendaraan dari jalan lain.

"Malioboro tetap dibuka untuk kendaraan tetapi dimungkinkan ditutup jika lalu lintas sudah padat dan akan dibuka lagi jika lalu lintas sudah lancar," kata Heroe.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan, strategi manajemen lalu lintas yang akan diambil adalah memastikan lalu lintas di Jalan Malioboro tetap berjalan meskipun pelan.

"Jika Malioboro ditutup untuk kendaraan, dikhawatirkan justru muncul kerumunan masyarakat di Malioboro saat malam tahun baru. Ini yang dihindari," ujar Agus.

Ia pun memastikan tidak melakukan penyekatan di sejumlah ruas jalan secara permanen saat libur akhir tahun maupun saat malam pergantian tahun.

"Yang ada adalah buka tutup jalan menyesuaikan ‘load’ kendaraan yang masuk. Kami kendalikan arusnya supaya tidak terjadi kemacetan," katanya.

Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2022 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight