Indonesia Resmi Punya PB Esports, Kepala Intelijen Ketuanya

Reporter: - 18 Januari 2020
PB Esports resmi berdiri. Ketuanya Budi Gunawan, Kepala BIN.
tirto.id - Indonesia resmi memiliki Pengurus Besar (PB) Esports. Para pengurusnya dilantik Sabtu (18/1/2020).

Organisasi yang ada di bawah asuhan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) ini akan jadi wadah bagi asosiasi serta atlet dalam rangka meningkatkan prestasi Indonesia di kancah internasional.

Dilaporkan Antara, yang ditunjuk sebagai Ketua Umum PB Esports adalah Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan. Budi Gunawan saat ini menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sebelumnya dia memegang beberapa jabatan penting di Polri seperti Kepala Lembaga Pendidikan Polri (2012-2015) hingga Wakil Kapolri (April 2015-September 2016).

Ia juga pernah menjabat Kapolda Jambi (2008-2009) dan Kapolda Bali (2012).

Dalam sambutan, Budi mengatakan "pelantikan ini merupakan momentum untuk membangun esports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu membawa kemajuan bangsa."

Budi bilang dalam waktu dekat ia akan membuat regulasi yang mengatur esports agar lebih jelas dan terarah. Dengan ini dia berharap prestasi di leval internasional bisa mengikuti.

"Dan kita punya PR yang harus diselesaikan, salah satunya pembangunan esports training center yang berstandar internasional," tambahnya.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, ketika esports untuk kali pertama dipertandingkan, kontingen Indonesia sukses menyumbangkan dua medali perak. Budi berharap prestasi itu dapat terus ditingkatkan pada kejuaraan lain, terutama Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024.

Hadir juga dalam pelantikan tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Dewan Pembina PB Esports Sandiaga Uno, serta perwakilan dari 23 tim esports Indonesia.


Baca juga artikel terkait ESPORTS atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: Antara
Editor: Rio Apinino
DarkLight