Hasil Piala Presiden 2018: PSMS vs Sriwijaya FC Skor Akhir 0-4

Oleh: Ibnu Azis - 17 Februari 2018
Dibaca Normal 2 menit
Laskar Wong Kito tampil sebagai peringkat ketiga di Piala Presiden 2018 setelah mengalah Ayam Kinantan empat gol tanpa balas.
tirto.id - Sriwijaya FC keluar sebagai juara ketiga turnamen Piala Presiden 2018 setelah di laga Sabtu (17/2/2018) sore mencukur gundul 0-4 PSMS Medan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Tiga gol tambahan Laskar Wong Kito di babak kedua dicetak oleh Hamka Hamzah, Manuchekhr Dzhalilov, dan Esteban Vizcarra.

Laga ini adalah pertandingan pembuka sebelum final Piala Presiden 2018 antara Persija vs Bali United digelar. Rencananya laga puncak itu akan dilangsungkan malam ini mulai pukul 19:30 WIB. Bagi yang tidak bisa ke stadion, bisa menikmati laga tersebut melalui siaran langsung di stasiun televisi Indosiar.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Kedua tim bermain cepat di awal babak pertama. Cuma butuh tiga menit bagi Fret Butuan untuk membuat lini pertahanan Sriwijaya FC ketar-ketir. Dari luar kotak penalti, pemain asal Ternate itu melepas tendangan spekulasi. Sayang sepakannya bisa diamankan Teja Paku Alam.

PSMS mendapat peluang pada menit ke-15. Berawal dari operan gelandang Ayam Kinantan, Sadney Urikhob menyambut umpan itu dan lakukan aksi solo run sebelum menendang keras ke gawang. Teja Paku Alam tak bekerja keras mengamankan gawangnya. Sepakan Urikhob melebar ke sisi kiri gawang Sriwijaya FC.

Laskar Wong Kito mencoba bangkit di menit ke-21. Zalnando yang menggiring bola dari sisi kiri berhasil lakukan umpan lambung ke dalam kota penalti. Syahrian Abimayu coming from behind lakukan jumping heading dengan sempurna, namun bola mengarah ke atas gawang Abdul rohim.

Fret Butuan menampilkan skill menawan dalam pertandingan sore ini. Aksi gocekan mautnya di menit ke-26 mampu melewati dua pemain Sriwijaya FC dan berhasil masuk ke kotak penalti. Sayang aksi apiknya itu diakhiri dengan tendangan melenceng ke sisi kanan jauh gawang Teja Paku Alam.

Mahamadou N'diaye memecah kebuntuan pada penghujung babak pertama. Berawal dari sepak pojok Konate, aksi jumping heading N'diaye tak bisa dihentikan pemain belakang PSMS. Sundulan N'diaye meluncur keras ke dalam gawang Abdul Rohiman. Sriwijaya FC unggul 1-0 atas PSMS Medan.

Hingga wasit meniup peluit panjang berakhirnya babak pertama, skor tidak berubah. Hasil PSMS vs Sriwijaya FC skor babak pertama 0-1.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Sriwijaya tak mengendurkan serangan di awal babak kedua. Laskar Wong Kito terus menekan dan mendapat peluang dari bola mati di menit ke-53.

Tampil sebagai penendang, Makan Konate sukses mengirim umpan yang diteruskan sempurna lewat sundulan Hamka Hamzah. Abdul Rohiman harus memungut bola lagi dari dalam gawangnya. PSMS tertinggal 0-2 atas Sriwijaya FC.

Laskar Wong Kito masih mendominasi hingga menit ke-60. PSMS Medan sesekali melakukan serangan namun selalu kandas sebelum mendekati kotak penalti.

Tim Ayam Kinantan mendapat peluang dari tendangan bebas di menit ke-65. Sang kapten Legimin Raharjo tampil sebagai eksekutor dan menendang keras bola langsung ke arah gawang. Sayang sepakannya tepat di pelukan Teja Paku Alam.

Pada menit ke-68 Fret Butuan ditarik digantikan Antoni Nugroho. Dua menit kemudian PSMS kembali mendapat peluang dari bola mati yang kali ini diambil oleh Wilfreid Yessoh, namun tendangannya melenceng jauh di atas mistar.

Manuchekhr Dzhalilov memperbesar skor menjadi 0-3 untuk Sriwijaya FC pada menit ke-76. Berawal dari permainan open play di lapangan tengah, Patrich Wanggai yang menusuk ke kotak penalti memberikan umpan chip yang disambut sempurna oleh Dzhalilov lewat kakinya sambil menjatuhkan diri. PSMS tertinggal tiga gol atas Sriwijaya.

PSMS mencoba membalas di menit ke-85. Wilfreid Yessoh yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Sriwijaya FC memberikan umpan tarik ke dalam kotak penalti. Sayang operannya jatuh di pelukan Teja Paku Alam.

Esteban Vizcarra memperbesar selisih skor setelah mencetak gol di menit ke-87. Menerima umpan mendatar dari Manuchekhr Dzhalilov, sambil menjatuhkan diri, Vizcarra mencocor bola di depan gawang. Sriwijaya FC unggul 0-4 atas PSMS Medan.

Erwin Ramdani mendapat peluang emas di penghujung babak kedua. Menerima umpan matang dari gelandang tengah, Ramdani mencoba masuk ke dalam kotak penalti dan sukses mengelabui pemain belakang Laskar Wong Kito. Aksi apiknya itu diakhiri dengan tendangan keras ke gawang Teja Paku Alam. Sayang tendanganya masih bisa diamankan.

Hingga wasit meniup peluit panjang berakhirnya babak kedua, skor tidak berubah. Hasil PSMS vs Sriwijaya FC skor akhir 0-4 sekaligus menasbihkan Laskar Wong Kito sebagai peringkat ketiga dalam turnamen Piala Presiden 2018.


Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis