Liga Italia

Hasil Napoli vs Bologna, Kemenangan Dramatis Partenopei

Oleh: Gilang Ramadhan - 30 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 3-2 menjadi hasil Napoli vs Bologna dalam laga lanjutan Liga Italia Serie A 2018/2019 pekan 19 pada Minggu (30/12/2018).
tirto.id - Hasil pertandingan Napoli vs Bologna dalam jadwal lanjutan pekan 19 Liga Italia Serie A 2018/2019 berkesudahan dengan skor akhir 3-2. Bertanding di Stadion San Paolo pada Minggu (30/12/2018), kemenangan dramatis Partenopei ditentukan oleh gol yang dicetak Dries Mertens pada menit 88.

Carlo Ancelotti kembali mempercayakan gawang kepada Alex Meret alih-alih menurunkan David Ospina. Kevin Malcuit kali ini turun menggantikan Elseid Hysaj di bek kanan. Sementara absennya Marek Hamsik, Lorenzo Insigne dan Kalidou Koulibaly mampu ditambal oleh Nikola Maksimovic, Simone Verdi dan Dries Mertens.

Di kubu lawan, Filippo Inzaghi kembali menurunkan skema 3 bek dengan formasi dasar 3-5-2. Federico Santader dipercaya menemani penyerang gaek, Rodrigo Palacio di lini serang. Sebastian De Maio, Danilo dan Filip Helander kembali menjadi trio lini pertahanan yang diharapkan mampu meredam gempuran tuan rumah.

Napoli yang bertindak sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang pada awal babak pertama. Laga berjalan 15 menit, Arkadiusz Milik membawa Napoli unggul terlebih dahulu. Berawal dari umpan tarik Kevin Malcuit ke area kotak penalti yang sukses di sambut Dries Mertens dengan tendangan, namun bola sepakan penyerang asal Belgia itu masih dapat diblok bek. Bola liar di muka gawang mampu dimanfaatkan menjadi gol oleh Arkadiusz Milik.

Akan tetapi keunggulan Napoli mampu dibalas Bologna pada menit 37. Bermula dari tendangan bebas Erick Pulgar yang diarahkan ke area kotak penalti tuan rumah, Rodrigo Palacio dengan cerdik melakukan sundulan flick yang mampu disambut oleh Federico Santander menjadi gol. Tandukan Santander melaju deras ke pojok kiri atas gawang Alex Meret.

Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. Napoli menguasai bola sebanyak 64% serta menciptakan 11 peluang yang hanya 3 di antaranya tepat ke arah gawang. Sedang Bologna melakukan 2tendangan on target dari hanya 5 percobaan.



Memasuki babak kedua, intensitas serangan tuan rumah tak mengendur. Baru lima menit babak kedua bergulir, Arkadiusz Milik kembali membuat Napoli unggul. Gol sundulannya dari jarak dekat memanfaatkan umpan dari Kevin Malcuit kembali tak mampu diantisipasi oleh Lukasz Skorupski yang hanya berdiri terpana.

10 menit jelang waktu normal berakhir, Bologna arahan Filippo Inzaghi sukses mencetak gol penyeimbang. Kembali dari situasi tendangan bebas, Erick Pulgar yang menjadi eksekutor mengirim umpan terukur ke tengah kotak penalti Napoli. Danilo dengan baik meneruskan umpan tersebut dengan kepalanya dan berhasil menjadi gol. Bola yang terlalu kencang tak mampu diantisipasi oleh Alex Meret.

Tuan rumah tidak menyerah begitu saja, delapan menit berselang, Dries Mertens mencetak gol penentu kemenangan Napoli. Menerima sodoran bola dari Fabian Ruiz di sisi kanan pertahanan Bologna, penyerang asal Belgia tersebut membawa bola mendekat ke depan kotak penalti. Alih-alih memberikan umpan, Mertens justru melepaskan sepakan keras mendatar ke tiang dekat yang tak mampu dibendung oleh Skorupski.

Skor 3-2 untuk keunggulan Napoli bertahan hingga laga usai. Hasil tersebut membuat Napoli tetap menjaga jarak dengan Juventus dengan 9 poin dan Inter Milan di bawahnya tetap 5 poin. Sementara Bologna harus terus berjuang demi keluar dari zona degradasi.

Susunan Pemain

Napoli (4-4-2): Alex Meret; Kevin Malcuit, Raul Albiol, Nikola Maksimovic, Foauzi Ghoulam; Jose Callejon, Piotr Zielinski, Allan, Simone Verdi; Dries Mertens, Arkadiusz Milik

Bologna (3-5-2): Lukasz Skorupski; Sebastien De Maio, Danilo, Filip Helander; Federico Mattiello, Andrea Poli, Erick Pulgar, Mattias Svenberg, Mitchel Dijks; Federico Santander, Rodrigo Palacio.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan