Hasil & Klasemen 8 Besar Liga 2 2019: Dua Tim Sumatera ke Semifinal

Oleh: Wan Faizal - 16 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Persiraja dan Sriwijaya lolos ke babak semifinal alias 4 besar Liga 2 2019 usai bermain imbang 2-2 dalam laga pemungkas, Sabtu (16/11).
tirto.id - Persiraja Banda Aceh dan Sriwijaya FC lolos ke semifinal Liga 2 2019 setelah menduduki posisi dua teratas di klasemen babak 8 besar Grup A. Sementara itu Persewar Waropen dan Mitra Kukar harus mengubur hasrat mereka untuk masuk ke empat besar dan mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Laga terakhir di Grup A babak 8 besar dihelat serentak pada Sabtu (16/11). Meski Persiraja dan Sriwijaya memegang kendali untuk mengamankan tiket lolos, namun Persewar dan Mitra Kukar juga bertekad untuk membuat kejutan.

Bermain di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Persiraja dan Sriwijaya sama-sama berusaha menghindari kekalahan. Pasalny, hasil imbang saja sudah cukup untuk membawa keduanya mendapatkan tiket ke babak 4 besar.

Hendri Susilo maupun Kas Hartadi sama-sama menurunkan skuad terbaiknya di pertandingan sore tadi. Persiraja masih mengandalkan Andri Abubakar di lini depan. Nama Andri menjadi ancaman tersendiri bagi kubu Sriwijaya karena sudah mengemas dua gol selama babak 8 besar ini.

Sementara Laskar Wong Kito memasang Ahmad Ihwan dan Yongki Aribowo di sektor depan dengan dukungan dari Siswanto dan Risky Dwi Ramadhana. "Mencari aman" membuat pertandingan berjalan dengan tempo yang lambat sehingga kedua tim sulit mencetak gol. Atas hasil imbang ini keduanya pun berhak melaju ke semifinal dan tinggal menunggu lawan dari Grup B.


Sementara itu di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Mitra Kukar dan Persewar bermain sengit sepanjang 90 menit pertandingan. Kemenangan masih memungkinkan mereka untuk lolos sehingga permainan menarik langsung tersaji sejak awal. Baru berjalan dua menit, Naga Mekes unggul melalui gol dari Muhammad Rafli Mursalim.

Perlahan tapi pasti, Persewar bisa mengubah jalannya pertandingan dan menyamakan skor di menit 28 lewat gol Samuel Gideon Balinsa. Bahkan sembilan menit kemudian Persewar bisa membalikkan skor setelah Toumahuw Yacob Ronald menjebol gawang Geri Mandagi.

Tertinggal satu gol membuat pasukan Rafael Berges Marin meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Hasilnya, empat menit babak kedua berjalan mereka sukses menyamakan skor. Umpan silang Atep dari sisi kanan salah diantisipasi oleh kiper Singgih Duwi Gusela sehingga bola berbelok arah dan masuk ke gawangnya.

Sejumlah peluang sebenarnya bisa diciptakan oleh kedua tim. Namun, sampai laga usai skor 2-2 tetap tak berubah dan kedua tim harus puas berbagi angka.

Berikut hasil dan klasemen Grup A babak 8 besar Liga 2 2019:

    • Persiraja vs Sriwijaya 0-0
    • Mitra Kukar vs Persewar 2-2 (M. Rafli Mursalim 2’, Atep 49’ / Samuel Gideon 28’, Toumahuw Yacob 37’)
Klasemen Grup A

No. Tim Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
1 Persiraja Banda Aceh 3 1 2 0 4 - 2 5
2 Sriwijaya FC 3 1 2 0 2 - 1 5
3 Persewar Waropen 3 0 2 1 4 - 5 2
4 Mitra Kukar FC 3 0 2 1 3 - 5 2


Baca juga artikel terkait LIGA 2 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight