Hasil Thailand vs Indonesia

Hasil Final AFF 2021 Leg 2 Thailand vs Timnas Indonesia 0-1 Babak 1

Penulis: Fitra Firdaus - 1 Jan 2022 20:18 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Final AFF 2021 Leg 2 Thailand vs Timnas Indonesia babak pertama skor 0-1 via gol Ricky Kambuaya, blunder Siwarak Tedsungnoen. Agregat sementara 4-1.
tirto.id - Hasil final Piala AFF 2021 leg 2 antara Thailand vs Timnas Indonesia di babak pertama berakhir dengan skor 0-1. Gol Ricky Kambuaya pada menit 7 di Stadion Nasional Singapura pada Sabtu (1/1/2022) membuat Garuda mempertipis defisit agregat jadi 1-4. Masih ada 45 menit kedua.

Di leg pertama final Piala AFF 2021 yang digelar pada Rabu (29/12/2021), Garuda kalah telak 4-0 dari Thailand. Oleh karenanya, yang dibutuhkan dalam leg kedua ini adalah kemenangan 5 gol, atau kemenangan 4 gol yang akan membawa Timnas Indonesia masuk babak perpanjangan waktu.

Timnas Indonesia turun dengan formasi 4-2-3-1. Perubahan terletak di sisi kiri pertahanan dengan masuknya Pratama Arhan. Sementara itu, Witan Sulaeman digeser sebagai gelandang tengah. Posisinya di sayap kanan ditempati oleh Egy Maulana Vikri. Penyerang tunggal jadi milik Dedik Setiawan.

Sementara itu, Thailand memakai formasi khas mereka 4-3-3. Di lini depan, untuk menemani Chanathip Songkrasin dan Teerasil Dangda, Bordin Phala dimasukkan oleh pelatih Alexandre Polking. Sementara itu, menggantikan Elias Dollah yang cedera di leg pertama, ada Kritsada Kaman.

Thailand sebenarnya memulai laga dengan lebih baik, menghasilkan peluang dari kaki kiri Bordin Phala dan Theerathon Bunmathan. Namun, Indonesia yang mendapatkan momentum. Menit ketujuh, Ricky Kambuaya mengirim tembakan percobaan.

Bola sebenarnya bisa diantisipasi oleh Siwarak Tedsungnoen. Namun, bola tersebut lepas dari tangan sang kiper berusia 37 tahun lantas masuk gawang Thailand. Skor 0-1, Garuda membutuhkan 3 gol lagi untuk memaksakan laga hingga babak perpanjangan waktu.

Thailand merespons gol ini dengan unggul dalam penguasaan bola. Mereka mencari peluang, namun kesempatan Supachok Sarachart (12') dan Thanawat Suengchitthawon (20') tak menemui sasaran.

Berbeda dengan leg pertama, kali ini Indonesia tidak banyak memberikan kesempatan Thailand untuk menguasai bola lebih lama. Agresivitas Garuda juga membuat Thailand dalam beberapa momen terdesak. Namun, gol kedua tidak kunjung datang.

Sebaiknya, ada momen penting ketika Teerasil Dangda sang top skor Piala AFF sepanjang masa mendapatkan umpan matang pada akhir babak pertama. Namun, tembakan kaki kanannya masih terbang tak menemui sasaran. Skor sementara 0-1, Garuda masih punya peluang dalam 45 menit terakhir.

Berdasarkan statistik AFF, sepanjang babak pertama Thailand menguasai 51,6 persen bola, sedangkan Indonesia kalah tipis 48,4 persen. Thailand melepaskan total 5 tembakan, dengan 2 di antaranya tepat sasaran. Namun, Garuda yang hanya bisa melepaskan 1 shot on target, bisa mencetak gol dari satu-satunya momen itu.

Pencetak Gol: Ricky Kambuaya 7'

Thailand (4-3-3): Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman, Pawee Tanthatemee, Theerathon Bunmathan; Sarach Yooyen, Supachok Sarachat, Thanawat Suengchitthawon; Bordin Phala, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda.

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek; Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Dedik Setiawan.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight