Hari Anak Nasional 2019 Turut Dirayakan Google Doodle

Oleh: Wisnu Amri Hidayat - 23 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hari Anak Nasional 2019 turut dirayakan Google Indonesia melalui hadirnya Doodle anak-anak.
tirto.id - Google Doodle Indonesia turut merayakan Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli. Perayaan Hari Anak Nasional di Indonesia sedikit berbeda dengan Hari Anak Internasional yang jatuh pada bulan lalu, tepatnya pada tanggal 1 Juni.

Jika Anda membuka halaman pencarian Google, anda akan melihat tulisan Google akan berganti menjadi sebuah gambar doodle, yang menggambarkan 6 huruf penyusun Google masing-masing sebagai seorang anak yang tengah melakukan aktivitasnya masing-masing.

Hari Anak Nasional merupakan gagasan dari Presiden Soeharto, yang melihat bahwa anak-anak merupakan aset berharga bagi negara di kemudian hari.

Oleh karena itu, Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984, sebagai tanda bahwa pemerintah seharusnya melindungi dan mengayomi anak-anak Indonesia.

Google Doodle sering muncul ketika terdapat sebuah perayaan khusus baik dalam skala nasional maupun internasional.

Namun, 23 Juli tidak hanya dirayakan oleh Google Doodle sebagai Hari Anak Indonesia saja. Jika anda melihat www.google.com/doodles Anda akan melihat banyak Google Doodle dari seluruh dunia tergantung pada peristiwa apa yang menjadi dasarnya.


Hari ini, jika Anda mengubah domain Google Anda menjadi Rusia, Anda akan melihat doodle yang menandakan perayaan 60 tahun penerbitan novel The Land Of Crimson Clouds.

Novel itu ditulis oleh Boris dan Arkady Strugatsky dan diterbitkan pada 1959. Boris dan Arkady merupakan salah satu pasangan yang paling berpengaruh dalam sejarah penulisan fiksi di Rusia.

Selain itu, Anda bisa melihat beberapa doodle yang muncul pada 23 Juli di beberapa tahun yang lalu di beberapa belahan dunia.

Tepat setahun yang lalu, Anda akan melihat doodle untuk Ludwig Sutterlin, yang berulang tahun ke-153 tahun, seorang seniman grafis yang hidup di Berlin, Jerman yang terkenal karena mendesain dan membuat Sütterlinschrift.

Sementara Google Doodle pada 23 Juli 2011 merayakan untuk ulang tahun ke-91 Amalia Rodrigues. Ia merupakan seorang penyanyi dan aktris dari Portugal, yang mendapat julukan “Ratu Fado”.

Selama kariernya, Amalia Rodrigues memperkenalkan jenis musik fado, sebuah jenis musik dari Portugal, ke seluruh dunia. Amalia Rodrigues menjadi salah satu figur penting dalam perkembangan musik fado di abad ke-20.

Baca juga artikel terkait HARI ANAK NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Wisnu Amri Hidayat
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Wisnu Amri Hidayat
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Yantina Debora
DarkLight