Gitar Jimi Hendrix Laku Dilelang Rp3 Miliar

Oleh: Alexander Haryanto - 10 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gitar Jimi Hendrix laku dilelang sebesar £ 160.000 atau lebih dari Rp3 miliar.
tirto.id - Gitar legendaris milik Jimi Hendrix laku dijual sebesar £ 160.000 (lebih dari Rp3 miliar) dalam sebuah pelelangan yang dijalankan oleh GWS Auctions, demikian sebagaimana diwartakan NME.

Gitar listrik "sunburst Jepang" itu ia pakai di awal tahun 60-an sebelum dia terkenal, atau tepatnya setelah dia keluar dari militer pada tahun 1962 dan memainkannya selama berada di New York sebagai musikus.

Awalnya, gitar itu diperkirakan senilai 50 ribu dolar AS atau Rp 736 juta sebelum dilelang. Tetapi, mendapat tawaran yang mengagumkan dengan harga £ 160.000 atau lebih dari Rp3 miliar.

Menurut deskripsi item di situs web rumah lelang tersebut, Hendrix mulai bermain gitar setelah dia meninggalkan Fort Campbell--sebuah instalasi Angkatan Darat AS--menuju Clarksville sebuah kota di Tennessee.

Di sana, dia bermain di Sirkuit Chitlin dengan beberapa musikus seperti Wilson Pickett, Slim Harpo, Sam Cooke, Ike & Tina Turner dan Jackie Wilson sebelum pindah ke Harlem, New York pada awal 1964.

Gitar itu kemudian dia tinggalkan ke temannya Mike Quashie ketika dia pindah ke London pada tahun 1966 dan Quashie memberikan surat asal yang ditandatangani dan disahkan sebelum dia meninggal pada tahun 2019.

Gitar itu dikatakan "dalam kondisi sangat bagus" tetapi tidak memiliki senar karena rumah lelang ingin "menyimpannya dalam keadaan aslinya".


Sebelumnya, gitar akustik yang dipakai eks vokalis Nirvana, Kurt Cobain di acara "MTV Unplugged" pada tahun 1993 laku dilelang seharga 6 juta dolar AS atau lebih dari Rp85 miliar pada Sabtu (20/6) di Los Angeles, Amerika Serikat, demikian seperti diberitakan Antara.

Atas hal itu, maka gitar Martin seri D-18E 1959 memecahkan rekor sebagai gitar termahal yang pernah dilelang bahkan dijual. Gitar termahal sebelumnya adalah tipe Stratocaster milik David Gilmour dari Pink Floyd, yakni seharga 3,95 juta dolar AS (atau lebih dari Rp56 miliar) tahun lalu.

Martin D-18E 1959 milik Cobain ini menghasilkan 6,01 juta dolar AS dan memecahkan rekor untuk gitar termahal yang pernah dijual. Rekor sebelumnya oleh Stratocaster hitam milik David Gilmour dari Pink Floyd, yang dijual seharga 3,95 juta dolar AS (lebih dari Rp56 miliar) tahun lalu.

Gitar akustik dengan seri Martin D-18E 1959 dengan desain klasik itu dipakai oleh Cobain dalam "MTV Unplugged" yang berlangsung lima bulan sebelum kematiannya.

Siaran acara "MTV Unplugged" yang menampilkan Nirvana menjadi salah satu pertunjukan live terbesar sepanjang sejarah. Beberapa lagu terkenal milik Nirvana dimainkan termasuk “About a Girl”, “Come As You Are”, dan The Man Who Sold the World” ciptaan David Bowie.


Baca juga artikel terkait JIMI HENDRIX atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight